APAKAH SUZUKI SATRIA FU BOROS BBM…?


Satria FU Biru Putih (3)

Pekanbaru — Hello bro n sist… pertanyaan seperti judul artikel diatas sering awe dapatkan dikolom pencarian. Wajar saja karna masih banyak orang yang penasaran dengan konsumsi bbm si hyperunderbone 6 speed DOHC 150cc 4 klep ini. Melalui artikel ini semoga bro n sist yang penasaran bisa menyimpulkannya, awe akan menjelaskan berdasarakan pengalaman awe menggunakan satria selama 33 bulan ini.. 😆

Satria FU Biru Putih (2)

Satria Fu awe jahitan tahun 2011, saat masa-masa inreyen si_fu pernah awe test konsumsi bbm untuk pertama kalinya dengan jalur dalam kota Pekanbaru dengan pertamax 95 dan kecepatan rata-rata 50 km/jam plus mode eco dapatnya 37 km/liter. Lebih lengkap baca disini ::

Lalu awe lanjutkan dengan tes ke-2 ketika sudah melewati masa inreyen, dites ke-2 ini awe mencampur pertamax 95 dengan premium plus mode eco dengan gaya berkendara dan jalur yang sama dengan diatas malah dapat 45 km/liter. Lebih lengkap baca disini ::

Satria FU Biru Putih (5)

Tak cukup tes didalam kota, awe melakukan tes ke-3 dengan menggunakan jalur lintas kota Pekanbaru Bangkinang. BBM yang digunakan full pertamax 95 dengan kecepatan maksimal bisa 100 km/jam dan tanpa mode sdms, hasilnya bisa dapat 33,89 km/liter. Lebih lengkap baca disini ::

Lalu masih ada tes ke-4, tes ini atas permintaan pengunjung warung bagaimana konsumsi bbm satria fu menggunakan premium dengan jalur lintas kota lagi sama dengan diatas. Malah lebih irit lagi dapet 34,74 km/liter dengan full premium. Lebih lengkap baca disini ::

DSC_0004

Lalu tes ke-5 :mrgreen: ini karna keinginan awe sendiri pengen nyoba mode ECO dengan trek jalur lintas antarkota pekanbaru bangkinang dengan bbm full premium dapatnya 35,19 km/liter. Lebih lengkap baca disini ::

Tes ke-6 dan masih penasaran pengen mencoba PWR mode yang masih dijalan lintas antarkota dan awe pun ngebut semaunya (jangan ditiru) dengan bbm full premium dapatnya 26,09 km/liter. Lebih lengkap baca disini ::

Nah dari pengujian-pengujian konsumsi bbm diatas, bisa disimpulkan bahwa konsumsi bahan bakar minyak Suzuki Satria Fu rata-rata adalah 35 km/liter. Untuk konsumsi bbm dengan kapasitas mesin 150cc memang berada diangka segitu, konsumsi bbm vixion dan cbsf yang punya kapasitas mesin 150cc juga tidak jauh dari angka 34 -36 km/liter dalam penggunaan harian.

wpid-wp-1399706140101.jpeg

Tabel Komparasi Dari Motor Plus

Lalu kenapa ada anggapan Satria Fu lebih boros..? awe pikir itu hanya mindset dan kapasitas tangki saja. Begini penjelasannya ::

  1. Mindset : Mindset yang tertanam dibenak kita bahwa “Satria Fu itu bebek dan bebek seharusnya irit..!!” tanpa melihat kapasitas mesinnya..nah ini dia letak klerunya, memang benar satria itu bebek tapi kapasitas mesinnya setara motor sport yaitu 150cc belum lagi teknologi mesin DOHC 4 klep 6 speed yang diusungnya. Beda dengan bebek lainnya yang murni bebek.. yah satria Fu itu hasil kawin silang platform underbone dengan sport alias motor crossover.
  2. Kapasitas Tangki Minyak : Untuk ukuran motor dengan kapasitas mesin 150cc tangki Satria Fu itu kecil, hanya 4,5 liter setara bebek biasa. Seharusnya untuk mesin 150cc itu tangki bensin minimal 6-7 liter lihat saja vixion dan cbsf yang kapasitas tangkinya 12 liter. Lagi-lagi mindset tertanam dikepala kita bahwa motor sering isi bensin = boros..!! padahal konsumsi bbmnya sama-sama 35 km/liter tapi karna ukuran tangki Satria yang 4,5 liter makanya cap boros pun melekat, padahal jika tangki satria 12 liter pasti image boros tidak melekat. Kasarnya dengan full tank Satria hanya bisa menempuh jarak 158 km sedangkan vixion dan cbsf bisa 420 km, untuk jarak 400 km Satria udah 3x isi bensin sedangkan vixion dan cbsf cuma 1x isi bensin.

Jadi..Satria Fu boros..? itu cuma midset dipikiran saja bro n sist seperti yang awe jelaskan panjang lebar diatas. Semoga Satria generasi selanjutnya punya kapasitas tangki 7 liter biar gak sering mampir ke SPBU. Dan semoga bermanfaat.. 😉

Salam Generasi Satria ::

gENERASI sATRIA

Iklan

25 responses

  1. pertamax1

    Suka

  2. apa yg ditulis sampean semuanya bener bgt mas bro…sip….

    Suka

  3. masih standar 😀 ,tpi satrianya kurang keren mas klo nggak di kecilin bannya xixixi :mrgreen:

    #######################
    Komparasi Ban TubeType vs Ban Tubeless
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/05/10/ban-dengan-ban-dalam-vs-ban-tubeless/

    Suka

  4. irit, tenaga josss
    pakai ban cacing tambah irit tambah kencang pula.. 300 km/jam dan 100 km/liter mah enteng :v

    Suka

  5. Pasang turbo om biar tmbah maknyuuusss!!!
    Jangan lupa di klik om
    http://visitmoney.net/?share=21302

    Suka

  6. kalo keluar kota bisa nembus 1:40
    mas agoey mau nanya kan saya abis standarin lagi knalpot, nah pas dipasang baut di headernya ulirnya ada yg kaya dol gitu tapi bautnya bisa dikencengin, itu kenapa ya?

    Suka

    1. kalau gantinya saat mesin masih panas, kemungkinan ulir bautnya ikut terkikis.. jadi hati-hati bro, bisa-bisa slek atau dol itu lubang baut…

      Suka

    2. wah gantinya sih pas dingin, jadi pertama saya puter pake tangan dlu ampe keras, trus pake kunci l model shock, nah pas muternya ditengah gitu kaya ngejeblok kaya ulir baut aus, tapi masih bisa kenceng sih bautnya, mungkin sama tukang yang pasang knalpotnya kali yah ga kira kira ngencenginnya,

      Suka

  7. Wis pokoke mantep lakai satria..
    Smga kluar ug versi injeksi..

    Suka

  8. Relatif kalau masalah irit 🙂 CMIIW

    Hasil Kejurnas Sentul International Circuit Seri Pertama
    —–
    http://nyobamoto.com/2014/05/12/banyak-menang-di-beberapa-race-menguntungkan-honda/

    Suka

  9. ban belakang ente ukuran berapa vroh? n merk apa??

    Suka

    1. FDR GENZI 90/80

      Suka

  10. Aku juga sudah membuktikan bahwa satria FU tidaklah boros. Waktu aku sekolah, dari rumah ke sekolah adalah sekitar 26km. Aku hnya btuh bensin skitar 1,5 litr untuk pulang prgi…

    Suka

  11. irit.kerja rute daerah pegunungan,jarak 18km motor standart pabrik cuma copot filter.naik santai kec. 60 70 an jarang betot2 gas.PP seliter cukup brow.setiap hari gitu.seliter pp.
    satria f 2009.sampai sekarang juga masih sip tarikan dari bawah atas ngisi, pernah dlu 138 km/jam di spido.blum mentok ingat pesan [ben awet ojo ngo banter2an hehe] ,kendorin gas.maklum ngredit..
    trim ..sharenya

    Suka

  12. Tambah semangat mau beli satria fu black predator, makasih atas penjelasannya, sangat masuk akal.

    Suka

  13. […] bakar Satria yang terhitung kecil untuk ukuran motor 150cc yakni 4,5 liter (penjelasannya bisa baca disini). Saya harap tangki bbm all new Satria minimal 6 – 7 liter, biar gak sering-sering mampir ke […]

    Suka

  14. Gw rasa komparasi dari motorplus gak tepat, nvl gw standard klo sering dibetot 8000-9000rpm cuma 41km/liter, sedangkan klo jalan santai (5000-6000rpm) bisa 47km/liter… Minumnya pertamax doang… Klo isi pertamax plus bisa lebih irit lagi…

    Suka

  15. Salam satu Aspal semuanya…

    By :
    Satria F 2008

    Suka

  16. Itu satria tahun berapa kang,, dan vlegnya warnai pkek apa,, apa bner klo pakai pertamax lebih irit. Thank yah broo..

    Suka

    1. satria saya tahun 2011… velgnya saya warnai pakai cat semprot… kalau dari pengujian saya selama ini pertamax plus dan pertalite lebih irit dari pada pakai premium…

      Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: