Uji Konsumsi BBM Pertalite Suzuki Satria FU


Satria FU Biru Putih (3)

Pekanbaru, agoey — Hello bro n sis…. Kehadiran bahan bakar minyak (bbm) baru jenis Pertalite di Pekanbaru, membuat saya penasaran ingin mencobanya pada Suzuki Satria FU jahitan 2011 milik saya. Selain ingin merasakan performanya dimesin, saya juga penasaran seberapa jauh bbm hijau ini bisa menjelajah untuk setiap liternya.

Kondisi motor dan pengendara

Kondisi motor saya sehat dan masih standar pabrikan, tidak ada modifikasi yang bisa menambah berat motor ataupun mengurangi beratnya.

Pengendaranya adalah saya sendiri dengan berat badan 43 kg 😆 (berat badan ini susah banget naikinnya dari dulu segitu terus 😦 )

Jalur yang ditempuh

Trek atau jalan yang saya lewati adalah jalan Kubang raya – Kaharuddin Nasution – Soekarno Hatta – Arifin Achmad – Jendral Sudirman – beberapa jalan kecil dan gang yang saya lupa namanya. Intinya adalah jalan yang sering saya lewati dari rumah ke kantor pulang pergi. 🙂

Cara Berkendara dan kondisi lalu lintas

Cara berkendara saya menyesuaikan kondisi lalu lintas, artinya tidak terlalu pelan dan tidak terlalu kencang. Ya mentok – mentok paling tinggi 70km/jam on speedo. Kondisi lalu lintasnya ramai lancar, sesuai dengan kondisi lalu lintas kota Pekanbaru yang jarang macet, paling ketemu macet pas diperhentian traffic light alias lampu merah saja.

Konsumsi BBM

Okeh… Waktunya menghitung berapa konsumsi bbm oktan 90 ini pada Satria saya. Cekrek dulu odometer awal :

Odometer Uji Pertalite 2

Setelah jalan kesana kemari selama dua hari, waktunya isi pertalite lagi.. cekrek lagi odometer pengisian kedua :

Odometer Uji Pertalite 1

Dan jumlah pertalite yang dituangkan ke tangki adalah 3,33 liter. Yuklah kita hitung, 59.195,6 – 59.059,9 ÷ 3,33 = 40,7 km/liter.

struk pertalite

^^ Struk pengisian pertalite tapi di SPBU ini pertalite masuk kategori Pertamax.. :mrgreen:

Jadi, Satria Fu tahun 2011 milik saya mengkonsumsi satu liter pertalite untuk berjalan sejauh 40,7 kilometer. Bagaimana menurut mu bro n sis…?

Semoga informatif.. 😉

29 responses

  1. Lha itu irit… wah brrt yg ngomong satria boros bohong dong ya itu pada…

    Fino 125 Sudah Ngintip-Ngintip Mau Hadir

    Suka

    1. Mungkin mereka sering kena macet makanya boros.. 🙂

      Suka

    2. Oh… hihihi

      Suka

    1. Itu bisa jadi..

      Suka

  2. Josss irit masbro…klo premium & pertamax sdh cb ngitung?

    Suka

    1. untuk tahun ini belum pernah ngitung.. belum sempet… heheh.. 🙂

      Suka

  3. Wah di pekan dah ada pertalite ya? Di batam boro2 pertalite, pertamax aja ga ada 😀

    Suka

    1. Klo pertamax 92 Riau juga gak ada. Yang ada di Riau Premium, Biosolar, Pertamax 95, dan Pertalite.

      Suka

    2. Oalah sama juga ternyata. Cuma beda di Pertalite berarti

      Suka

  4. Walah irit bener tuh satria, Hayate kalah xixixi
    Performa mesin gimana dibanding bbm lain?

    Suka

    1. Performa mesin..lebih keluar tenaganya sama kayak pakai pertmax 95 dibanding pakai premium..

      Suka

    1. Lumayan bro.. 🙂

      Suka

  5. wah bisa irit pasti gara-gara PWR dan ga kena macet 😀

    Suka

  6. boros om, gw naik fu solo – jogja gak isi bensin sama sekali, berangkat full pulang full

    lha gw numpangg

    wkwkwkkwkw

    Suka

  7. extraordinaryperson | Balas
  8. klo bahas motor ini ora mudeng mas

    Suka

  9. […] Uji Konsumsi BBM Pertalite Suzuki Satria FU […]

    Suka

  10. Emg Irit bgt gan…
    aq prnh pkek pertalite tp ada efek nya ngelitik d mesin… aq ank surabaya… sehari” aq cba itung jarak PP krja jln nya dr rmh aq daerah kenjeran-maijen sungkono n dah aq itung jarak nya dr map google skitar sgtu juga gan… klu riding nya pling mentok 70km/jam…
    Menurut agan irit pa gk…

    Suka

    1. Khairul Imam

      emang iya gan , FU saya pakai petralite ada suara seperti ngelitik gitu di mesin .
      ada yg tau kenapa ??? haha

      Suka

  11. cukup irit bro, mirip” ama Suzuki Skywave gw dulu, malah lebih boros dari Mio karbu klasik 😀
    cuma masih iritan CBsf ane dulu yg klo mode santai bisa 1l:50km, cuma skrg dah ane jokul, karena garasi dah ga muat, 🙂

    Suka

  12. gila gan
    irit banget
    fu ane aja isi pertamax seirit iritnya cuma dapet 30 kilo, pemakaian biasa 27 kilo, seboros borosnya 24 kilo
    standar sih, tapi dikorek dikit bisa segitu borosnya

    Suka

  13. coba cek perbandingan pertamax dan pertalite, dari segi keiritannya dan seberapa jauh jarak tempuhnya gan

    Suka

  14. coba cek perbandingan pertamax dan pertalite, dari segi keiritannya dan seberapa jauh jarak tempuhnya gan

    Suka

  15. coba cek perbandingan pertamax dan pertalite, dari segi keiritannya dan seberapa jauh jarak tempuhnya gan

    Suka

  16. coba cek perbandingan pertamax dan pertalite, dari segi keiritannya dan seberapa jauh jarak tempuhnya gan

    Suka

  17. coba cek perbandingan pertamax dan pertalite, dari segi keiritannya dan seberapa jauh jarak tempuhnya gan

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d