MENGENAL SUZUKI TWIN SWIRL COMBUSTION CHAMBER (TSCC)


tscc

Pada sekitar tahun 1988 sampai dengan 2006, motor Suzuki di hebohkan dengan teknologi Twin Swirl Combustion Chamber. Teknologi Twin Swirl Combustion Chamber atau yang lebih dikenal dengan TSCC adalah tehnologi pusaran ganda yang terjadi diruang bakar.

Teknologi ini cuma Suzuki yang menggunakan karena sudah di patenkan, dengan nomor paten 771502…jadi pabrikan lain jika ingin menggunakannya, harus bayar biaya lisensi paten…

Tujuan dibentuknya pusaran ganda pada ruang bakar, agar campuran bahan bakar dan udara lebih homogen sehingga pada saat api busi memercik menghasilkan tenaga/daya yang maksimal dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. TSCC terbentuk karena lubang hisap ganda pada satu silinder, pada saat langkah hisap terjadi pusaran ganda pada ruang bakar dan pusaran itu akan lebih cepat seiring hisapan piston…

tscc3

Bentuk pusaran TSCC berbeda dengan Turbo cyclone… Jika Turbo cyclone, arah pusaran terbentuk horisontal, dan pada TSCC arah pusaran berbentuk vertikal.. yah..Turbo cyclone itu mirip teknologi 2 busi nya Bajaj Pulsar…

Teknologi TSCC di aplikasi pada motor Suzuki yang pernah beredar di Indonesia antara lain Suzuki Thunder 250, Suzuki FXR 150, dan Suzuki Raider 125….Teknologi TSCC tidak cuma di aplikasi pada motor Suzuki berkapasitas mesin kecil tetapi juga di aplikasi pada motor – motor besar SUZUKI…

Nah sekarang pada tahu kan kenapa motor-motor macam Thunder 250, FXR 150, dan Raider 125 punya tenaga dan torsi badak melampaui kompetitornya tahun tersebut dikelas yang sama….ya karna TSCC ini..

fxr1f

Walaupun kini ada turunan FXR..yaitu Satria Fu 150..tetapi satria tidak menggunakan TSCC..karena itu lah tenaga satria hanya 16 Ps on crank, bandingkan dengan FXR yang menggunaan TSCC, tenaganya bisa 20 Ps on crank..paling besar dikelas 150cc..bahkan motor baru sekarang pun cuma bisa 17 Ps on crank maksimal…

Entah kenapa teknologi ini tidak lagi diterapkan oleh Suzuki di kalangan motor sportnya.. padahal jika kembali digunakan power dan torsi bisa diatas kompetitor sekelasnya…. 😦

Sumber :: laskar-suzuki.com

Iklan

7 responses

  1. tanya kenapa… suzuki emang gak pernah jelas…

    Suka

    1. setuju bro..teknologi canggih gini koq gak dipake..gak ngerti jalan pikiran teknisi dan manajemen suzuki… 😦

      Suka

    2. lagi galau kali.. 😆
      kita tunggu aja dia bs bangkit apa enggak
      klo enggak, ya nasib kita sebagai pengguna :lol

      Suka

    3. bener bro galau…dari trendsetter jadi follower… kacau..

      Suka

  2. […] agus purwito berita, curhat, otomotif, Suzuki, Teknologi Comparizone, gixxer, inspirasi modifikasi, kredit motor, Kritikan, modif, modifikasi, modifikasi motor, Motor, NewsLetter, otomotif, satria fu, spare parts, suzuki, suzuki inazuma, Teknologi, trackback 4 Komentar […]

    Suka

  3. Om, pusarannya tidak harus di dua klep, kalau thunder kan klep masuknya cuma 1, kok bisa twin?

    Suka

    1. thunder itu 4 klep om…. walaupun SOHC…

      Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: