Untuk ukuran motor bebek, bahn bakar Jupiter MX relative boros. “Dalam kota berkisar 30 km/liter sementara luar kota paling irit 35 km/liter,” sebut Dayat, pengguna MX 2005.
Mengatasi problem tersebut, Gwan Lee, juragan gwan Motor punya solusi, “Cukup dengan melakukan setting karburator dan gir saja, konsumsi bahan bakar bisa lebih irit sampai 10km/liter,” terangnya. Dibanding konsumsi awal yang 30 km/liter, penambahan jarak hinmgga 10 km/liter sama saja dengan menghemat 33,3%.
Setting karburator dilakukan dengan menukar pilot-jet dari standarnya yang berukuran 20 menjadi 17,5. Syaratnya karburator dan knalpon masih bawaan pabrik. Pengecilan itu selain memangkas semburan bahan bakar juga mengakali kekurangan konstruksi boks filter udara MX yang punya banyak hambatan. Tuntaskan setting karburator dengan menset ulang setelan angin menjadi 1 – 1¼. Selanjutnya tukar gir belakang MX yang bermata 39 dengan yang bermata 41.
“MX punya kekurangan di gigi keempat. Perbandingannya terlalu berat. Jadi tidak efisien bila dipakai di perkotaan,” tegas Gwan. Denagn langkah di atas pasti deh MX sobat menjadi irit.* Dan gaya berkendara sobat jangan terlalu agressif, dengan kebut – kebutan dan jangan suka mengerem secara mendadak.
* R2 edisi 02/Maret 2008
selamat mencoba dan jangan lupa komentarnya ya 🙂
yessssssss
podium……….
lho kok??????
g da komen laennnnnn 🙂
sepi ya goey???????
eh ngomong2 oto plus ente yang ada pokok bhasan
shogun denmodromiknya masih ada g?????????
perlu neh buat riset
SukaSuka
tu baru kayaknya kurang minat coba lihat yang lain banyak tuh komentnya 🙂
masih ada tuh di rumah
SukaSuka
hehehehe
smpet juga ente bls comment ku goey…..
“masih ada tuh di rumah”
emang enta di mana bos???
SukaSuka
seakrang lagi di warnet oase.net di madrid (MAnDala kRIDa) unri 🙂
alamat blog ente apa?
SukaSuka
goey bleh mesan motorna satu gak,,,,,,,,
di tunggu di rumah yaaaaa,,,,,
SukaSuka
aq jga mau dunk goey motorna,,,,,,
di tunggu juga ya di rumah……
SukaSuka
aghoes……
abank mau jg dunk motorna,,,,,
abank pesan 1 yaaaaaaa……
di tungguin lho,,,,,,,,,,
SukaSuka
goey…..
motorna keren_keren jga yaaaa……
mau dunk goey……
SukaSuka
Boleh Juga ” ” “
SukaSuka
mv ya ana comment
mav niey klo ana c, gak perlu pke pilot jet yang ukurannya 17.
ana pke yang standar ukuran 20+ knalpot race.
masih bisa irit loh
motor ana MX 2005 juga…
ane paling maennya d
1. karburator stelannnya 1/2 Irit, 1/2 boros
(50:50)
2. stelan anginnya agak di keciln…
3. gear belakang ganti ukuran 36 (JUPI Z)
semuannya itu pasti irit dan kencang..
jangan lupa SAFETYNYA ya BOSSS!!!!!
selamat mencoba d…
dan jangan lupa gabung d komunitas kami d MX RIDER COMMUNITY…
atau click d http://www.mxrider.or.id/
salam dari AQSha mxrc 541….
SukaSuka
Bos, cara itu berpengaruh ke mesin apa ngga ??
SukaSuka
@ wawan
tentu saja berpengaruh, kan bensin jadi irit.
SukaSuka
Pengaruh krn membuat mesin berat dan cepat panas apalgi naik boncengan
SukaSuka
Woi yg bner yg mana mw irit jp mx na? Pke gear 36 ato yg 41.. Bikin bngung dah.. Please
SukaSuka
1 lg.. Gw kan bru beli mx neh.. Hehehe) warna nya ijo combi hitem.. Nah gw bngung.. Pgn modif na kyk mana.. Biar laen dr yg laen.. Hyuk hyuk… Gw dr Lampung.. But asli palembang..Thanks
SukaSuka
klu kayak gt larinya 9 ada dung
SukaSuka
KLO KARBULATORNYA DIKECILIN APAKAH GK BWT LARI MX SEMAKIN PELAN?????
SukaSuka
gw asli bali.,.,gw mw nnya gmna settingan karburato standar Mx agar sesuai dngan kebutuhan mesin,gw pke Cdi dualBand ,..,
tp semenjak gwa pke CDI racing Mx lumayan Irit, dihitung” dalam kota 45km/ltr.,.,.,.itu msi settingan karburator dan lainnyaSTANDART abiz,..
SukaSuka
@ Tegoeh appa > untuk settingan karburator itu beda-beda, tergantung dari kondisi mesin dan settingan mesinnya.
SukaSuka
Wah boleh nih
ijin co-pas
Salam Kenal
SukaSuka
kpan keluaar’aa d indonesia????????
SukaSuka
bro kl lmpu dpan di kasih punya jupitr lm n stang soul bgus gak
SukaSuka
saya punya mx 2008 yg super boroS, karena kalau saya hitung satu liternya hanya 20km saja padahal sudah pakai pertamax lho, saya kemudian ke bengkel langganan untuk menerapkan metode mas agoey diatas tapi ternyata kata mekanik seniornya kalau mengganti pilot jet bisa efek kerusakan sekher atau merusak mesin , apa benar begitu mas agoey saya jadi bingung? Yg kedua kalau mengganti gir belakang menjadi 41 matta maka motor menjadi kurang enak pada putaran gigi empat karena stagnan gak ada perbedaan dengan gigi tiga, apakah benar juga mas agoey? Terima kasih sebelumnya saya tunggu jawabanya
SukaSuka
saya punya mx 2008 yg super boroS, karena kalau saya hitung satu liternya hanya 20km saja padahal sudah pakai pertamax lho, saya kemudian ke bengkel langganan untuk menerapkan metode mas agoey diatas tapi ternyata kata mekanik seniornya kalau mengganti pilot jet bisa efek kerusakan sekher atau merusak mesin karena kurangnya bahan bakar di ruang bakar , apa benar begitu mas agoey saya jadi bingung? Yg kedua kalau mengganti gir belakang menjadi 41 matta maka motor menjadi kurang enak pada putaran gigi empat karena stagnan gak ada perbedaan dengan gigi tiga, apakah benar juga mas agoey? Terima kasih sebelumnya saya tunggu jawabanya
SukaSuka
gan boleh gabung , ?:JHFSWQ
SukaSuka
agoey gimana low pngent lari ny tambah cepat kasiH solusi donk
SukaSuka
Kalo di set seprti itu di bawa ke dealer resmi YAMAHA langsung apa di bengkel biasa mas ?
Dan top speednya berkurang brp km/h per gear ?
Terimakasih…
SukaSuka