Setelah 50 Ribu KM, Si Satria Masih Setia Dengan Oli SGO 4T


Satria FU Ganti Oli

Pekanbaru, agoey — Hello bro n sis… Motor kesayangan saya si Suzuki Satria Fu 150 jahitan 2011 ini sudah menempuh perjalanan sejauh 51.273,5 kilometer dan kebetulan waktunya ganti oli berkala. Awalnya sempat kepikiran pakai merek oli lain tapi setelah mengingat, menimbang, dan akhirnya saya putuskan untuk tetap memakai oli resmi dari Suzuki yakni SGO 4T 20W-50 SG MA. Ya.. bisa dibilang saya tidak suka coba-coba apa lagi yang berkaitan dengan mesin motor. Ingat.. Motor untuk cari duit bukan untuk habisin duit.. :mrgreen:

Awalnya sempat bingung, apakah pergantian oli saat ini diikuti pergantian filter oli.. tetapi setelah cek log book service ternyata belum saatnya ganti filter oli karna usianya baru lima ribu kilometer.. Alhamdulillah selamat dan bisa hemat dikit.. hehehe.. :mrgreen:

Ganti oli

Standar tengah motor, saya beri potongan batu bata agar lebih tinggi supaya oli lama didalam mesin terbuang semua. Okeh.. saatnya membuka baut pembuangan oli dibawah mesin.. dan biarkan mengalir hingga tetes terakhir. Oli yang keluar berwarna kuning kehitaman dan volumenya masih banyak, sekitar 999 ml.. Alhamdulillah itu tandanya mesin masih sehat wal’afiat.. πŸ™„ πŸ™‚

Ganti OLi2

Setelah dipastikan oli lama terbuang semua dan memasang baut pembuangan oli, saatnya buka tutup oli pakai tang untuk memasukkan oli baru SGO 4T 20W-50 berwarna biru jernih ini kedalam mesin… syuuuur.. πŸ˜€

Ganti Oli

Tuang teruuus sampe tetes oli terakhir… posisi botol saya biarkan bertumpu pada kick starter kurang lebih 10 menitan agar oli yang ada dibotol turun semua kedalam mesin… huahahah.. :mrgreen: Efek gak mau rugi setetes pun.. ckckck.. πŸ™„

Ganti oli

Tuh..tandanya oli dengan volume 999 miliΒ liter masuk kedalam mesin.. ada digaris tengah lubang intip volume oli mesin… πŸ™„

oli bekas

Tuh..penampakan oli lama si Satria yang masih bervolume sekitar 999 mili liter… untuk memastikan olinya tidak banyak berkurang.. πŸ™„

Eh ya.. harga oli SGO 4T 20W-50 SG MA 1 liter ini harganya 35 ribu rupiah saja.. Dan semoga informatif sob.. πŸ˜‰

Salam Generasi Satria.. πŸ˜‰

gENERASI sATRIA

40 responses

  1. teliti amat om 1 mili aja dihitung πŸ˜€

    Suka

    1. efek tanggal tua om.. πŸ˜†

      Suka

  2. sama nih.. salam sgo bro :mrgreen:

    Suka

    1. Salam SGO.. πŸ˜†

      Suka

  3. ganti olinya berapa rbu km gan?

    Suka

    1. sekitar 2.300 km… sebelum limit atas 2.500 km.. hehe..

      Suka

    1. sip.. πŸ™‚

      Suka

  4. Pake 20-50 pasti alus suara mesinnya, josss! Klo sy malah penasaran oli spx1 10-30… πŸ™‚

    Suka

    1. Silahkan dicoba bro..trus review yak… πŸ˜€

      Suka

    2. Hehehe insyaAlloh masbro..

      Suka

  5. SGO katanya tarikan lebih berat tapi lebih awet di mesin, perna coba lain tarikan enteng tapi cepet keruh wkwkwkkw

    Suka

    1. nah itu yang jadi pertimbangan saya.. makanya tetep pakai SGO.. πŸ˜€

      Suka

  6. keren sob..motornya terawat dg detail..bersih sampe kolong2 mesinnya..hihi

    Suka

    1. Makasih sob… perawatan adalah yg utama… πŸ™‚

      Suka

  7. yang penting gampang nyarinya…

    Suka

    1. dan terjangkau.. πŸ˜‰

      Suka

  8. itu platnya 4145 ML? wah motor s nih bro kayaknya πŸ˜€
    #ALAS_ML
    hiihihi

    Suka

    1. 4145 NL … Liat baik-baik…

      Suka

    2. mirip M sih,,
      sori tadi lupa di sensor πŸ˜€
      terlalu bersemangat soalnya,
      oh ya, sharing soal penyetelan temeng dunk..
      btw stasioner temeng masih ori atau sdah pakai model lain?

      Suka

    3. Tensioner saya masih original gan… Sampai detik ini masih aman… πŸ˜€

      Suka

  9. lebih aman pakai yg direkomendasikan pabrikan tentunya…

    Suka

    1. Yap.. Itu benar adanya… πŸ˜€

      Suka

  10. Ane blom nyoba sgo 20w, pake yg 10w terus.
    Btw, mongtornya msh kinclong ya. πŸ˜€

    Suka

  11. Generasi darah biru nih… #nice info

    Suka

  12. om dah pernah ganti shim klep ?
    mtor tmen ane kok dah dsuruh ganti shim klep yah
    km baru 24ribu

    Suka

    1. Belum pernah saya ganti shim klep… Masih aman.. πŸ™‚

      Suka

    2. mohon di jawab…..

      Suka

  13. misi mau tanya kalau pakai oli yang 10w 40 awet juga gk ya ke mesin ?

    Suka

    1. Sepertinya gak masalah.. Karna oli 10w 40 juga masih direkomendasikan… πŸ™‚

      Suka

  14. kumbang malam | Balas

    Sudah pernah ada yg pakai Mesran Super Moto 4T API SG jadi MA 20W50 …hrg nya cukup menggoda

    Suka

  15. FU yg saya dh 42 rb km bro..msh pk SGO 20w50 knapa klo dipake di suhu panas terik jadi berat ya pdahal pmakaian udah 300 km..

    Suka

  16. motor saya pakek oli union bro/////tph cepat buyi temeng pa alasan nya….

    Suka

    1. Sepertinya lebih kepada adjuster tensioner rantai timingnya atau rantai timingnya yang mudah kendor… coba bawa kebengkel resmi Suzuki untuk perbaikan lebih lanjut… πŸ™‚

      Suka

  17. bos sy pake oli shel atau oli helik itu gimana bwt mesin satria bagus ga bos..mksh

    Suka

    1. wah.. saya belum pernah pakai Shell Helix… jadi ndak tau.. kalau sesuai dengan spesifikasi oli yang direkomendasikan oleh Suzuki dan pas dengan bawa motor bro deden ya ndak masalah…

      Suka

  18. Servis penggantian oli berkala setiap brp km gan?

    Suka

  19. Sob saya pkek oli motul power selama 2thn+bahan bakar premium mesin saya msih sehat saat service baru” nich saat aq tnyakan d service resmi susuki…
    Tp lbih bgus pkek pertamax sob, suara mesin halusssss… slam sufers

    Suka

  20. Pake sgo 20/50 memang alus di mesin tp agak berat tarikannya dan sedikit lbh boros bbm

    Suka

  21. Pake sgo 20/50 memang halus di mesin tp lari agak berat dan sedikit boros bbm dibanding oli sae 10/40

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d