Jakarta – Bicara performa Suzuki Smash Titan, untuk jalan harian tergolong yahud. Dari putaran bawah hingga menengah torsi terasa begitu nendang. Untuk stop n go di jalanan padat oke banget deh. Bukti nyata terbaca saat diukur pakai dynamometer.
Torsi tertinggi sudah tercatat di kisaran 4 ribu rpm, tepatnya 10,11 Nm di 4.451 rpm. Grafiknya stabil hingga sekitar 6 ribu rpm, baru setelah itu turun pelan. Mantep kan? Nah di atas itu langsung nyambung power, yang peak-nya sebesar 8,9 dk tercapaidi 7.645 rpm. Mau bikin lebih yahud? Cara paling mudah comot knalpot aftermarket biar pembuangan lebih lancar. Dan kebetulan di pasaran sudah ada beberapa produsen yang menjajakan, untuk motor berkapasitasmurni 113 cc ini.
Di antaranya kini ada AHRS F4 Hexacone,Stanlee dan SKR. Masing-masing produk tentu menjanjikan kenaikan performa. Nah biar tahu seberapa besar pengaruhnya terhadap ‘besutan Sule’ ini, redaksi menguji langsung. Pengukuran pakai dynamometer Sport Devices V3.3, milik PT Global Motorindo (GM), yang berada di Jl. Letjen Suprapto No. 60 Galur, Jakpus. Biar adil tiap merek mendapat perlakuan sama. Yaitu digeber 5 kali dan diambil hasil terbaik.
Motor yang digunakan kondisinya standar. Jarak tempuh sekitar 700 km, bahan bakar Premium. Bagaimana hasilnya?Seberapa besar kenaikan dan gimana karakter masing-masing knalpot? Simak terus!
SKR
Rancangan Misjaya yang punya gerai di Jl. Raden Patah No. 90, Pasar Lembang, Ciledug, Tangerang. Leher tersusun dalam 3 tingkat diameter pipa dari besi yang dilapispernis. Lekukan setelah cylinder head tergolong paling landai.
Silencer-nya pakai pipa aluminium dengan end muffler berbentuk kerucut mirip terompet. Kendati terisi glasswool, suara masih tergolong paling nyaring. Untuk menebusnya cukup dengan uang Rp 150 ribu.
Setelah terpasang, SKR mampu mengoreksitenaga jadi 9 dk di 7.677 rpm. Atau naik 0,1 dk. Sayang torsi malah turun jadi 10,01 Nm/4.314 rpm. Karakternya terlihat jelas baik torsi maupun tenaga baru bagus di atas 6.500 rpm. Di bawah itu malah di bawah standar. Artinya untuk harian masih lebih bagus standar. SKR cocoknya untuk yang mementingkan putaran menengah ke atas. Misal jalan keluar kota yang jarang turun gas.
AHRS F4 Hexacone
Andalan Asep Hendro, juragan AHRS yang punya workshop di Jl. Tole Iskandar No. 162, Depok, Jabar. Leher tersusun 2 tingkat yang dikrom. Sementara silencer berbentuk oval dengan end muffler belah ketupat, dicat kombinasi hitam dan warna ala titanium.
Silencer dan leher dapat dipasang atau lepas secara mudah, lantaran tersambung secara slip-on yang diperkuat 2 per. Suara yang diredam glasswool cukup nyaman di telinga. Bila tertarik siapkan dana Rp 350 ribu.
Jika sudah dipasang, tenaga meningkat jadi 9,2 dk di putaran 7.339 rpm, sementara torsi jadi 10,72 Nm/5.132 rpm. Terjadi kenaikan 0,3 dk dan 0,61 Nm. Karakter tenaga maupun torsi terlihat dari bawah sampai atas selalu di atas standar, artinya enak untuk semua kondisi jalan.
STANLEE
Kontestan terakhir hasil desain Andri, pemilik bengkel yang mangkal di Jl. Joglo Raya No. 230, Jakbar. Sesuai labelnya, bahan keseluruhan dari stainless steel. Makanya mengilap dan tahan karat. Leher tersusun dalam 3 tingkat. Silencer termasuk paling panjang dan besar berbentuk segiempat asimetris, bisa memuat glasswool banyak. Suara tergolong paling lembut. Cocok bagi yang masih sering keluar-masuk gang kecil. Harganya dipatok Rp 400 ribu.
Setelah terpasang pada motor dan diukur ulang, hasilnya menunjukkan tenaga 9,3 dk/7.643 rpm, sedang torsi 11,03 Nm/4.332 rpm. Ada peningkatan sebesar 0,4 dk dan 0,92 Nm. Karakternya unik, mengentakdi putaran bawah, sedikit menurun di tengah, lalu naik lagi 7.500 rpm.
Kesimpulan
Penggunaan knalpot aftermarket bisa meningkatkan performa Smash Titan. Menjadikan tunggangan ‘Sule Prikitiuw’ ini makin gampang ngacir. Masing-masing punya karakter berbeda yang bisa disesuaikan kebutuhan. Jika ingin performa lebih maksimal, Arry Prestiawan, mekanik GM punya saran. “Naikin saja pilot jet satu step, pasti lebih enak lagi,” papar mekanik yang di dunia balap tenar dengan nama Kuro ini.
Prikitiuw…. (motorplus.otomotifnet.com)
Data performa | ||
Merek | Tenaga | Torsi |
Standar | 8,9 dk/7.645 rpm | 10,11 Nm/4.451 rpm |
SKR | 9 dk/7.677 rpm | 10,01 Nm/4.314 rpm |
AHRS F4 | 9,2 dk/7.339 rpm | 10,72 Nm/5.132 rpm |
Stanlee | 9,3 dk/7.643 rpm | 11,03 Nm/4.332 rpm |
info yg mangtab, bisa jd pertimbangan bg konsumen. Oks lah. Lanjutkan
SukaSuka
buat pario yang bagus apa ya..
lam kenal bro..
SukaSuka
bro,,aku pake titan,,misal ganti knalpot ahrs f4 tanpa mengutak atik mesin ada efeknya gak? thx
SukaSuka
Ok thx.
Tp bali rawan tilangan.
Jd batalin aja hehe.
Titan std pbrik aja dah paling oke dikelasnya
SukaSuka
Terutan di tabanan-bali.
Kmaren aku pake spion koso wannabe kena tilang
SukaSuka
Skrg ini enakan motor standard, coz rawan tilangan … đŸ˜¦
SukaSuka
knalpot niru supra x 125 ah plagiat loe
SukaSuka
. Numpang tnya mas bro,lok knalpot titan tabungnya aja cocok gak d pke d jupi mx lama trus lherannya pke punya racing,trus hrga skitar brapa
SukaSuka
yg bwt motor suzuki smash ad ga om bwt akselerasi makin kenceng suara enak ngebas empuk alus,, tp yg model knalpotnya lobang knalpotnya 2 lobang chrom ad ga om kira”? klo ad ntar saya minat om?
SukaSuka
wagh..ane belum nemu tuh bro…. yang lubangnya 2 ada sih merk aftermarket..tapi belum tau gimana kualitasnya…
SukaSuka
gan titan ane standar, udh pernah ane coba gas full cuman nympe 115 km/h, kalo pilot jetnya di naikin 1 step, tanpa ganti knalpot bisa naek gak tuh top speednya gan ? thanks
SukaSuka
Wagh..udah kencang itu gan… Naik kmungkinan bisa paling 2 km/jam… đŸ˜€
SukaSuka
wah, dikit banget ya… đŸ˜›
kemaren ane nyoba pake 9power naik 2 strip gan…
hahaha, tapi belum di coba kalo pilot jetnya di naikin 2 step…
SukaSuka
Gan kalo mau order gimana caranya??
SukaSuka
di online shop banyak gan.. saya gak jualan…
SukaSuka
Omong2…silencer titan bisa ga dipasang d supra x 125 betmen…? Ukuran lubang n jarak baut sama ga ya?
Terima kasih
SukaSuka