Perawatan Suzuki Satria FU150 Saat Berusia 70 Ribu Kilometer


odometer-suzuki-satria-fu

Pekanbaru, agoey — Hello bro n sis.. apa kabarnya? Sudah lama saya tidak bikin artikel baru, blog ini kesannya kurang terurus.. πŸ™‚ Baiklah sebagai pembuka artikel pertama ditahun 2017 ini, saya akan berbagi perawatan motor saya si Satria FU Biru Putih saat odometernya menginjak 70 ribu kilometer.

Dari bulan oktober sampai desember Satria mengantar saya pulang pergi Pekanbaru – Perawang via lintas timur maredan melewati jalanan beton bergelombang tidak rata, area kemudi satria saya mulai bermasalah. Ketika melakukan pengereman keras motor serasa menarik kesebelah kanan dan bunyi ceklok-ceklok shock depan cukup keras terdengar saat menghajar jalan tidak rata atau rusak.

service-satria-fu

Setelah masa tugas ke Perawang selesai dan kembali menetap di Pekanbaru, saya langsung membawa si Satria kebengkel resmi Suzuki dijalan Nangka, tepatnya RJC Nangka. Ya.. sekalian servis, ganti oli, ganti filter oli, dan servis shock depan, agar performa Si_Fu kembali prima.

Yang dikerjakan selama dibengkel :

  1. Servis ringan mesin
  2. Ganti oli
  3. Ganti filter oli
  4. Ganti oli shock depan + lebih banyak 10 ml dari standar
  5. Servis shock depan

Waktu pengerjaannya kurang lebih satu setengah jam dan biaya yang saya keluarkan untuk Si_Fu adalah Rp. 131,000,- Untuk lebih jelas rincian biayanya silahkan klik faktur servis dibawah ini :

faktur-service-suzuki-satria-fu

Untuk mesin memang tidak ada masalah karena sekalian ritual servis dan ganti oli saja. Lalu bagaimana dengan area kemudi depan Si_Fu setelah diservis dan ganti oli shock? Area kemudi kembali stabil tidak ada lagi gejala narik kekanan saat melakukan pengereman keras, sementara bunyi ceklok-ceklok shock depan berkurang.. Ya berkurang karena suaranya masih ada hanya saja tidak separah sebelumnya.

Next servis, kayaknya harus diperiksa secara menyeluruh nih area kemudi depan, dari bearing leher komstir, bearing roda. Mungkin saja sudah aus karena usia motor yang tak lagi muda dan sering melewati jalanan rusak.

Nah demikian saja artikel kali ini dan semoga informatif.. πŸ™‚

Iklan

14 responses

  1. gan ane kebetulan punya fu dan tinggal dipekanbaru,brapa ya biaya servis hock depan soalnya kalo ngerem njut”an gitu

    Suka

    1. hock apaan sob?

      Suka

    2. shock depan gan πŸ˜€ trus baut filter oli satria f ane patah nih gmna cara bukanya,ane gak punya bor sama screw extractor,ke bengkell resmi takut mahal

      Suka

    3. kalau servis shock depan harganya 30 ribu.. kalau ganti oli shock tambah 10 ribu..

      kalau gak kebengkel bubut aja gan.. tapi kalau biaya ya sama aja…

      Suka

    4. kmren ane udah berhasil gan buka bautnya sendiri bongkar bak kopling,trus ane jepit sama tang buaya krnaa patahan baut nya masi nongol πŸ˜€
      ane mau curhat,gini dari beli satria f ane selalu pakai pertamax (bisa dihitung brpa x make bensin) krna menyesuaikan kompresi mesin 10:1 rajin ganti oli ddan filter,servis dirumah sendiri,yg ane mw tanya wajar gak mesin nyaa panas banget,apalagi siang gan trasa sampai kaki” kalo pake sendal ,ane tinggal dihangtuah gan salam kenal πŸ˜€

      Suka

    5. ya wajar gan…emang gitu mesin satria kalau siang hari emang terasa panasnya… lagain kalau kompresi 10 : 1 ketinggian pakai pertamax plus… yang pasnya ya pertalite atau pertamax 92.. tapi karna di pekan tak ada pertamax 92 ya mending pertalie…

      dulu 2 tahun pertama saya pakai pertamax plus.. tapi kemudia saya oplos pakai premium… sekarang ya pertalite yang pas..

      Suka

    6. hehe tnks gan udah berbagi,sebenernya ane nyesal sih ambil satria fu,coba dulu fu injeksi udah keluar pasti ane pinang tu fu fi,soalnya ane baca spek mesin nya udah disempurnain ma insinyur nya,peforma ,pendingin,dll pas ane test riding sumpah beda jauh dengan fu karbu,ya mw gmna syukuri apa yg udah dimiliki ,lagian perwatan karbu bisa dikerjain sendiri.bs cari pengalaman

      Suka

    7. siiip… πŸ‘

      Suka

  2. saitama gundul | Balas

    tanya dong gan
    motor abis nerjang genangan air yg tingginya kira kira sampe undercowl-bak mesin, kira kira ada yg harus diperiksa atau diganti ?

    Suka

    1. kalau masih sebatas undercowl paling lumasin tuas persneling, standar, dan rantai…

      Suka

  3. Selamat siang bang agoey
    Waah masih setia ya sama satria fu biru-putihnya
    Apa ga ada perasaan bosen bang?
    Ga kesengsem sama gsx-r ? πŸ˜€

    Suka

    1. Kesengsem sih… tapi si Satria masih reliable untuk dipakai harian… πŸ˜€

      Suka

  4. Iya jga bang hhe
    Udh tes ride gsx-r nya blm?

    Suka

    1. udah..tapi cuma diplataran parkir dealer doang… gak puas.. 😁

      Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: