Pekanbaru, agoey — Hello bro n sis… Beberapa hari yang lalu, jagat blog motor dihebohkan oleh penampakan rangka baru milik Suzuki Satria FU yang diposting oleh Laskar Suzuki. Lalu diperkuat oleh wak haji TMCblog yang sudah menerima foto blue print dari rangka dan mesin baru yang disinyalir injeksi dan liquid cooled milik Satria FU next gen. Dikarenakan market ayam jago tahun depan akan panas, karena Honda juga masuk segmen yang dikuasai Suzuki selama 10 tahun terakhir. Berikut ekspektasi saya untuk All New Satria FU.. 😀
1. Frame atau Rangka
Rangka baru ini menganut tipe mini twin spar pengembangan dari rangka milik Satria RU 120 2 tak yang lahir tahun 1997 dan ditambahkan pegangan mesin. Efeknya apa..? rangka ini akan memberikan kestabilan dan kelincahan meliuk-liuk dalam bermanufer ditikungan atau kemacetan. Rangka Satria FU yang sekarang udah stabil banget untuk meliuk-liuk ditikungan apa lagi ini ya.. wah.. bakal lebih joss lagi ini.. 😎
2. Mesin
Dari bocoran blue print diatas, mesin Satria injeksi akan total baru. Menganut mesin tuntutan zaman sekarang yakni satu silinder injeksi DOHC 4 klep dengan radiator atau liquid cooled, menggusur oil cooler atau pendingin oli yang menempel sejak zaman Suzuki FXR.
Hanya saja kubikasi mesinnya belum diketahui, apakah tetap 150 cc atau meningkat. Kalau saya sendiri, berharapnya mesin Satria akan jadi 155 cc atau 175 cc.. agar lebih powerfull dan bikin megap-megap motor yang katanya sport 150 cc.. 😆
3. Headlight dan Tail Lamp LED
Rumor bahwa Satria injeksi akan menggunakan lampu utama LED sudah berhembus sejak Juni 2014, adalah lek Iwanbanaran yang menghembuskannya..bahkan jauh sebelum pengembangan dan penampakan rumah lampu milik Sonic RS150 yang ternyata juga LED.
Kalau bisa di headlight juga pakai lampu DRL.. 😆 Nah.. untuk tail lamp atau lampu belakang, saya berharap juga LED seperti milik Suzuki Shogun robot dengan lampu stand by dan lampu rem terpisah agar lebih safety.
4. Dashboard Features
Yang termasuk dalam fitur di dashboard adalah speedometer, rumah kunci, saklar-saklar, dan spion. Kita ulas satu persatu ya.. :
– Speedometer : Intinya speedometer Satria FU sekarang sudah bagus hanya saja perlu ditambah penunjuk posisi persneling atau gear indicator.
– Kunci : Wajib menggunakan SKS alias Secure Key Shutter sperti Satria facelift sekarang, kalau bisa pasang immobilizer alarm key seperti Satria Fighter One, Black Fire, dan Black Predator.
– Saklar atau switch : Tambahkan switch pass beam dan engine cut off.
– Spion : Untuk spion saya suka desain spion milik Shogun 125 SP generasi awal yang mengotak tapi sporty.
5. Tangki Bahan Bakar
Bukan rahasia lagi kalau Satria sering mampir ke SPBU.. eits.. ini bukan karena boros ya, tetapi karena tangki bahan bakar Satria yang terhitung kecil untuk ukuran motor 150cc yakni 4,5 liter (penjelasannya bisa baca disini). Saya harap tangki bbm all new Satria minimal 6 – 7 liter, biar gak sering-sering mampir ke SPBU. Bodi sedikit melar masih bisa ditoleransi lah.. 🙂
6. Velg dan Ban
Agar kaki-kaki Satria injeksi makin padat berisi, alangkah baiknya ukuran velg dan ban dinaikkan setingkat. Yakni untuk velg depan dengan lebar 1,60 inci dengan ban ukuran 80/90 dan Velg belakang dengan lebar 2,15 inci dengan ban ukuran 100/70. Untuk desain velgnya, desain yang sekarang sudah keren bin paten cukup diperlebar saja ukurannya. 🙄
7. Desain Bodi Keseluruhan
Nah.. kalau ini saya harap garis-garis desainnya mirip dengan Satria Fu sekarang, karena menurut saya desain yang sekarang berkarakter sporty dengan garis-garis tajam dan dibuat dua versi seperti Satria FU facelift yang akan meluncur nanti.
Dan yang terpenting adalah lampu sein jangan nongol keluar bodi seperti motor sport dan kawasaki athlete pro. karena desain ayago adalah desain yang mengedepankan simple dan slim. Karena jika pakai sein yang diluar bodi dan lampu utama, desain ayago jadi ternodai dan lampu sein akan banyak dilepas oleh pemiliknya. Ingat rata-rata orang Indonesia itu lebih mengutamakan unsur gaya dari pada unsur safety dan fungsionalitas.
8. Harga Kompetitif
Nah.. ini hal yang paling menentukan apakan harga yang dipasang setimpal dengan fitur yang didapat.. Saya harap dengan segala fitur yang baru nanti (apalagi fitur yang ada diatas nempel semua) harga Satria Fu injeksi masih kompetitif dan terjangkau, ya setidaknya dipasang pada angka 19,8 juta – 22,8 juta.
Wah.. kalau segitu mepet sport 150 cc dong..? Saya pikir tidak.. masih ada gap sekitar 3 jutaan, karena harga motor sport 150cc saat ini seperti Vixion dan CB150R sudah diangka 25 jutaan.
Motor ayago adalah kasta tertinggi motor bebek dan hanya setingkat dibawah sport. Kelas ini lebih mengedepankan passion, riding experience, riding quality, dan taste of speed yang sangat berbeda dari bebek konvensional dan sport konvensional. Intinya motor ayago adalah motor hobi.. 🙂
Bagaimana menurut mu sob..? Silahkan tulis dikolom komentar.. dan semoga informatif.. 😉
se7 gan, opini and request.nya moga dikabulin Mr. Suzuki 😀
SukaSuka
amiin.. 😀
SukaSuka
nyimak dulu sampe kluar aselinya ajah saya mah
http://macantua.com/2015/06/10/mobil-bodong-motor-bodong-gapapa-asal-mewah-ga-ketahuan/
SukaSuka
Siip lah…
SukaSuka
sudah waktunya si Satria biru putih di sekolahin bro 😆
SukaSuka
Disekolahin gimana lek? 🙄
SukaSuka
di jual/ di gadaikan ganti baru wkwwkkwkwk
SukaSuka
Ooooora isooo….
SukaSuka
jozz
SukaSuka
Sepertinya gabungan sasis pipa kotak tralis? Liat rangka yg kokoh kyk gini mungkin untuk ngimbangin power fu nanti bisa saja jdi 17ps?
SukaSuka
Bisa jadi.. Secara suzuki belum akan punya Sport 150 cc yang harus dijaga pamornya dalam waktu dekat ini… Atau malah sport 150 cc Suzuki powernya hampir mendekati FXR… Jadi gak saling terkam…
SukaSuka
[…] Jika beberapa hari yang lalu kita dihebohkan dengan penampakan rangka baru Suzuki Satria injeksi (baca disini) dan sekarang Laskar Suzuki kembali memperlihatkan sebuah bak kopling yang disinyalir milik Suzuki […]
SukaSuka