Duolingo… Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Asing


Pekanbaru, agoey — Hello bro n sis… Merasa kesulitan belajar bahasa asing atau bahasa inggris..? Sobat bisa coba aplikasi Duolingo. Aplikasi ini adalah aplikasi gratis untuk membantu sobat yang ingin mengasah kemampuan berbahasa inggris atau bahasa lainnya.

Aplikasi burung hantu hijau ini cukup mudah, ringan dan simpel, karena user interface-nya umumnya tersusun dari huruf dan kata hanya sedikit yang bergambar, jadi tidak membebani sistem ponsel saat digunakan.

Aplikasi ini meminta ruang sekitar 15 megabyte ketika terpasang di Asus Zenfone 4 saya, dan bisa dipindahkan ke external memori microSD. Dan pastikan paket internet anda aktif saat menggunakan aplikasi belajar sambil bermain ini. :mrgreen: Berikut review nya.. :

Duolingo Home     Duolingo Learning Menu      Duolingo Sub Learning

Saat pertama kali masuk ke aplikasi ini, kita akan melihat halaman homenya dan diminta log in ke akun facebook atau google plus untuk menggunakannya (tanpa log in juga bisa). Lalu pilihlah bahasa yang ingin sobat pelajari, disini saya memilih Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris. Lalu pasanglah target kemampuan bahasa sobat perharinya, kalau target saya cukup 20 XP saja. 😆

Setelah masuk kita akan ditampilkan 37 bab pembelajaran, untuk tahap awal yang baru dibuka adalah bab Dasar 1, Dasar 2, dan Frasa. Kita harus menyelesaikan ketiga bab awal ini untuk membuka bab selanjutnya. Saat ini saya sudah sampai dibab makanan.. :mrgreen:

Duolingo Penyesuaian Kata dengan Gambar     Duolingo translate tes      Duolingo Wrong Answer

Masuk kedalam bab pelajarannya ditahap awal kita akan disuguhkan tes yang mudah, seperti mencocokkan kata dengan gambar dan mengartikan kata. Dites ini kita belajar menulis mengetik, mengartikan, mendengar, dan mengucapkan.

Jika jawaban yang sobat masukkan salah, sobat akan kehilangan satu hati. Jika semua hati sobat hilang, sobat harus mengulang tes ini dari awal lagi.

Duolingo speaking test      Duolingo Listening test      Duolingo Match Test

Soal tesnya untuk level tiga masih bisa terbilang mudah, namun ada beberapa kata yang tidak pas untuk digunakan untuk anak-anak yang sedang belajar dan tergolong bad word menurut saya. Contohnya : Beer, Wine, dan Pork. Padahal masih ada banyak kata makanan dan minuman lainnya yang bisa dimasukkan selain ketiga kata tersebut. 😦 👿

Duolingo prize 1      Duolingo Prize 2      Duolingo Store Items

Jika sobat berhasil menyelesaikan test tersebut tanpa kehiangan satu hati pun, sobat akan mendapatkan hadiah satu lingot. Hadiah dua lingot jika berhasil menyelesaikan satu bab pelajaran. Lingot adalah mata uang Duolingo yang bisa dibelanjakan untuk mengisi hati yang hilang atau memakaikan si burung hantu hijau baju seragam. 😀

Your Strength Test      Your Result Test      Duolingo My Level XP

Gambar diatas adalah hasil dari tes yang sudah sobat lalui. Dan berikut adalah plus minus aplikasi ini menurut saya :

Plus ( + ) :

  • Ukuran file aplikasi kecil
  • Aplikasi bisa dipindahkan ke kartu microSD
  • Aplikasi ringan tidak membebani sistem
  • Antarmuka simpel dan menarik tidak bikin sakit mata
  • Soal mudah dipahami

Minus ( – ) :

  • Beberapa kata tidak cocok, apalagi untuk anak-anak
  • Jumlah hati terlalu sedikit
  • Harus terhubung dengan internet

Semoga informatif… 😉

5 responses

    1. Mantaaap……download ah
      Thanks infonya 😉

      Suka

  1. josss.. tak melu download ahh..

    Suka

  2. Jasa Perbaikan Listrik Bandung

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d