Akibat Membersihkan Rantai Motor Dengan Minyak Tanah


Jpeg

Pekanbaru, agoey — Hello bro n sist… Rantai motor Suzuki Satria Fu milik saya sepertinya mengalami kerusakan, karna bunyi rantai lebih kasar dari sebelumnya dan susah untuk menyetel kerenggangannya. Padahal rantai ini baru menempuh jarak 8.067 kilometer.

Pekanbaru, agoey — Hello bro n sis… My Suzuki Satria Fu drive chain seems to be damaged, because the sound of the chain is more rugged than before and difficult to set up. Though this chain of 8.067 kilometers distance. ย ย 

Setelah menganalisa, berpikir, dan mengingat perlakuan kepada si rantai.. akhirnya saya mendapat kesimpulan bahwa rantai ini rusak karna saya membersihkannya dengan minyak tanah sebanyak 2 kali..!!

After analyzing, thinking, and remembering the treatment of the chain.. Finally i got the conclusion that chain is broken because i clean it with kerosene as much as two times..!!

Awalnya saat membersihkan rantai dengan menggunakan sabun pencuci piring merek terkenal, kotoran yang nempel tidak mau hilang. Karena pengen cepat plus tidak sabaran, maka saya menggunakan minyak tanah untuk membersihkannya, hasilnya secara cepat semua kotoran rontok dan rantai terlihat seperti baru lagi…jadi bersih bersinar.. :mrgreen:

Initially when cleaning the chain by using the well-known brand dish washing soap, the dirt stuck not go away. Due want to fast plus impatient, so i use kerosene to clean it. The result is rapid loss of all dirt and chain look like new again… so clean and shine.. :mrgreen:

Jpeg

Karena menggunakan minyak tanah bisa membersihkan rantai dengan cepat, maka saya kembali memutuskan untuk mengulanginya saat cuci motor berikutnya. Tapi akibatnya setelah itu, beberapa minggu belakangan ini rantai motor berisik luar biasa dan getaran dari rantaipun sampai merembet kepijakan kaki, sehingga mengurangi kenyamanan berkendara. ๐Ÿ˜ฆ

Because the use kerosene could clean the chain quickly, then i decided to repeat it again while next washing the bike. But consequences after that, in recent weeks extraordinary noisy chain and vibration from the chain creep to left footstep, thereby reducing comfort while riding the bike. ๐Ÿ˜ฆ

Saya pun berkonsultasi dengan mekanik bengkel resmi Suzuki, dugaan ternyata benar rantai saya sudah rusak dan harus ganti baru. Diberi oli pelumas setiap hari pun, rantai tetap berisik dan kasar seperti rantai kering. ๐Ÿ˜ฆ

And i consulted with official Suzuki mechanical workshop, my expectation is true i broken the chain and should be change with a new chain. Even giving lubricating oil every single day, the chain still noisy like a dry chain. ๐Ÿ˜ฆ

Ya….anggap saja pengalaman saya ini sebagai pembuktian teori dari “Rantai akan rusak apabila dibersihkan dengan minyak tanah” dan teori itu benar adanya…. ๐Ÿ™‚

Yeah…. Let’s just my experience this as a proof of the theory “Chain will be damaged if cleaned with kerosene” and that theory is true…. ๐Ÿ˜‰

Semoga informatif… ๐Ÿ˜‰

Hopefully informative… ๐Ÿ˜‰

Side Effect Cleaning The Motorcycle Chain With Kerosene

Iklan

29 responses

  1. Jadi kalo mau bersihin gimana caranya mas? Apa cukup kasih lubricant aja?

    Suka

    1. pakai sabun cuci piring yang mampu angkat lemak membandel…

      Suka

    1. silahkan… ๐Ÿ™‚

      Suka

  2. Nice inpoh… ๐Ÿ˜‰

    Honda All New Vario 150 eSP, akan hadir di Surabaya bersama Raisa – http://wp.me/p5HivY-MU

    Suka

  3. kalo pake bensin gimana om..??

    Kabar gembira untuk yang punya kawasaki Ninja RR Mono dan Z250SL..kini kawasaki sudah jual Accecories single seater..berikut harga dan penampakannya di sansinno.com

    http://sansinno.com/2015/02/04/single-seater-untuk-kawasaki-ninja-rr-mono-dan-z250sl/

    Suka

    1. kurang tau saya..belum pernah nyoba… ๐Ÿ™‚

      Suka

    1. 5 bulan gan… ๐Ÿ™‚

      Suka

  4. Pake sabun colek aja mas

    Suka

  5. wih pake pencuci piring mah ampuh to . aku biasanya pake semprotan aja ..

    Suka

  6. gimana klo pake bensin?

    Suka

    1. kurang tau..belum pernah nyoba saya.. bro sigit mau coba..? silahkeen.. trus posting yak efek sampingnya diblog.. :mrgreen:

      Suka

    2. maunya sih dilepas dulu rantenya baru dibersihin biar enak, tp nyopotnya aja blm bisa ๐Ÿ˜€

      Suka

  7. rantai motor itu kan ada 2 jenis (setahuku), yg o-ring dan yang non o-ring, o-ring di dalamnya ada karetnya, kalo masbro nyuci versi o-ring pake minyak tanah.. bubrah.. karet ketemu minyak tanah langsung ngembang, maka biji2 rante akan jadi kaku.. rante jadi kriting, maka kenali dulu jenis rante-nya sebelum membersihkan (menggunakan minyak tanah), termasuk menggunakan pelumas rantai jgn yg mengandung aerosol alias mengandung minyak tanah..
    rantai o-ring bersihinnya pake deterjen, tp di rendam semalam.. biar rontok kotorannya.. setelah selesai baru pasang lumasi pake pelumas yg tanpa pembersih berbahan aerosol..

    Disukai oleh 1 orang

    1. aerosol itu minyak tanah??? wkwkwkwkwk

      Suka

    2. Sorry kerosen yah, salah sebut, kalo gk percaya silahkan aja lanjut nyuci rantai tipe o-ring pake minyak tanah (kerosen)

      Suka

    3. saya cuci rantai pake solar sudah 15 ribu km gak masalah, mundurin anting saja belum.

      Suka

    4. hmmm.. sekali lagi.. kenali dulu jenis rantenya, o-ring apa non o-ring.. baca ini aja deh masbro.. http://sparklingmuffler.blogspot.com/2010/04/tips-merawat-rantai-motor.html

      Suka

    5. kebetulan saya kurang yakin dengan jenis apa, tapi kalo boleh saya tau ninja 250 fi itu rantainya pake apa ya, kebetulan aplikasinya di rantai motor itu???

      ohya, monggo ditengok dulu di sini, mungkin tercerahkan

      http://www.hayabusa.org/forum/gen-ii-busa-information/134742-will-cleaning-chain-kerosene-too-often-damage.html

      http://www.hayabusa.org/forum/general-bike-related-topics/13954-cleaning-kerosene.html

      Suka

    6. kalo pengalaman ane justru sudah pasti pake o-ring, di rendam minyak tanah (ketika itu belum tahu), hasilnya byk bagian yg kaku dr rante..

      Suka

  8. Nyari minyak tanah aja udah susah. Mending alternatif murah ya pake minyak goreng yg baru sebagai pelumas sementara

    Suka

  9. yah sama ini gan sama rantau FU saya ๐Ÿ˜ฆ

    Suka

  10. itu cara merawat rantainya saja sudah salah, kalo sudah dibersihkan dengan minyak tanah ya dilap yang bersih trus dilumasih dong, mo pake minyak goreng sampe white lithium grease ya gak masalah, jangan cuman dibersihkan trus dibiarin kering,

    setelah kering trus berisik baru dilumasi ya kasep dik….. semoga rantai yang baru awet lah_

    Suka

  11. Daripada minyak tanah masih mending solar,karena solar agak mengandung seperti oli,beda dengan minyak tanah.untuk pelumas bisa pake minyak jahit ato obras,

    Suka

  12. iyaa betul sob, sama dengan kasus ane. Awalnya nyoba pakai mintak tanah tapi akhirnya berdampak kek gitu. Mau ga mau ganti deh rantainya. Ane pakai Jupiter-Z. Tapi setidaknya kita bisa tau yaa, hehehe
    thanks sharingnya

    Suka

  13. ane sering pake oli bekas..
    hhehee (ngirit)

    Suka

  14. […] agoey — Hello bro n sist… Seperti yang saya ceritakan sebelumnya disiniย bahwa rantai si_Fu rusak akibat dibersihkan dengan minyak tanah. Dan akhirnya saya putuskan untuk […]

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: