PROFIL :: EDDY SUPRIYANTO, PENEMU GAS BERBAHAN BAKU 80% AIR


AWe — Hello bro n sist… Artikel weekend ini akan membahas sosok profil Pak Eddy Supriyanto, seorang penemu bahan bakar alternatif gas. Gas yang dihasilkan dari alat penemuan pak Eddy ini menggunakan bahan baku berupa air..!! lho kok bisa? 😯

Melalui blog pribadinya energi-alt.blogspot.com mencoba memberitahu ada energi alternatif yang ramah lingkungan, yaitu berupa gas yang terbuat dari air. Tak banyak info yang bisa awe gali dari blog tersebut, tapi awe akan sedikit coba jelaskan cara kerjanya.

Tahun 2008 sepertinya menjadi awal percobaan bapak yang tinggal di Mampang ini, dengan membuat kompor dengan bahan bakar air. Setelah melakukan ujicoba sebanyak 12 kali gagal akhirnya pak Eddy berhasil.

Cara kerja alat ini yakni didalam kompor terdapat dua tabung yang telah diisi air. Air itu dicampur bahan kimia (tidak diketahui bahan kimianya apa), air tersebut dikeluarkan melalui selang dan menjadi gas. Ujung selang diberi sumbu terbuat dari besi, sehingga memancarkan gas dan menyala lah api. Api yang dihasilkan berwarna hijau tidak lah biru seperti kompor gas biasa.

Untuk 1 liter air bisa membuat kompor ini menyala selama 31 jam dengan harga Rp 9300/liter. Karena kompornya berupa prototype, biaya yang dikeluarkan pak Eddy untuk kompor ini 600 ribu rupiah.

Tahun 2009 bapak yang pernah mengenyam pendidikan Universitas Pancasila jurusan arsitek ini terus menyempurnakan penemuannya. Kompornya kali ini menggunakan potongan aluminium sebagai pembangkit katalisatornya. Aluminium itu dimasukkan kedalam katalisator, lalu dari situ keluarlah gas. Gas tersebut dinetralisir oleh air sehingga terpisahlan gas dan air.

Gas tersebut dialirkan kekompor dan keluarlah api berwarna hijau. Menurutnya api hijau ini lebih panas dari api biru.

Seandainya meledak pun, tidak sebahaya seperti gas LPG. Karena hasil gas kompor saya, gasnya langsung merembet keatas. Sedangkan gas LPG mengambang diudara.” kata pak Eddy.

Setelah menghabiskan dana lebih dari 10 juta rupiah untuk terus menyempurnakan kompor buatannya. Pak Eddy yang tinggal di komplek Zeni AD, jalan zeni III/5 Mampang Prapatan Jakarta Selatan ini membutuhkan investor untuk memproduksi massal alat ciptaannya.

Bahkan pak Eddy pun ingin membuat alat serupa sebagai energi alternatif untuk bahan bakar motor. Ada yang berminat jadi Investor pak Eddy? Silahkan kontak beliau di blognya… Dan semoga informatif… 😉

Iklan

7 responses

  1. Wih mantab nih kalo pemerintah turun tangan…

    Suka

    1. jangan terlalu berharap pemerintah mau turun tangan…

      Suka

    2. Hehe…betoel…
      Tapi sayangnya swastapun jarang ada yang mau turun tangan 😦

      Suka

  2. Inilah fakta dan juga keadaan di negeri ini mas bro.Saat penemuan warga justru sulit diterapkan., Sprti dlu RT net, dll. YA semoga bisa diaplikasikan dan massal..

    Suka

  3. Semoga bukan pencari sensasi seperti blue energi dulu

    Suka

  4. coba tag ke pak dahlan iskan

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: