YUK KENALI BATERAI GADGET MU, SI LI-ION DAN LI-PO


AWe — Hello bro n sist… Baterai adalah nyawa dari gadget dan benda-benda elektronik portable, tanpa baterai barang elektronik portable itu tak lebih seperti batu karna tidak berfungsi. Saat sekarang ini baterai yang banyak beredar dan digunakan adalah jenis baterai Lithium Ion (Li-ion) dan Lithium Polymer (Li-Po). Mari disimak memperlakukan kedua baterai ini :

Lithium Ion (Li-ion)

Inilah baterai yang paling banyak digunakan, baterai tipe ini memiliki bobot ringan. Baterai ini bisa diisi ulang tanpa harus menunggu sampai dayanya habis total, jika anda sering mengisi ulang baterai ini dalam keadaan habis total malah memperpendek usianya dengan kata lain baterai cepat rusak.

Overcharging juga bisa merusak baterai ini, misalkan baterai ini bisa penuh dalam waktu pengisian 4 jam tapi anda melakukannya hingga 6 jam atau bahkan semalaman. Tipe baterai ini juga sensitif terhadap panas, jika suhu baterai ini cukup tinggi batrai akan cepat habis dalam waktu singkat bahkan paling berbahaya adalah meledak.!! 😯

Umur baterai ini bisa bertahan 2 – 3 tahun.

Lithium Polymer (Li-Po)

Baterai tipe ini adalah generasi baru dari baterai li-ion. Keunggulannya sama seperti li-ion yang ringan tanpa harus menunggu habis dayanya untuk diisi ulang, tapi baterai ini punya keunggulain lain dari generasi sebelumnya yaitu tahan atau kebal terhadap proses overcharging. Karena baterai Li-Po memiliki pembatas arus tegangan listrik.

Baterai Li-Po ini sebaiknya diisi apabila kapasitas baterai tersisa 25%, karena apabila dibawah itu akan merusak baterai. Mengisi ulang baterai ini dalam keadaan benar-benar kosong juga sebaiknya juga dihindari karena baterai akan sulit aktif karna membutuhkan proses pemulihan yang lama.

So..sudah tahukan kelebihan, kekurangan serta bagaimana merawat baterai ini bro n sist… 🙂 Semoga Informatif… 😉

Diolah dari sutekno.com, wikipedia.org, dan sains.me

Iklan

5 responses

  1. nggak mudeng dari dl yg penting make, bateri rusak buang

    Suka

    1. Ya..setidaknya bisa tahu cara merawat baterai agar tidak cepat rusak…

      Suka

  2. sip ajib infonya 😀

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: