MOTOGP :: FAKTA SIRKUIT MUGELLO


AWe — Hello bro n sist… Akhir minggu ini balapan motoGP memasuki seri ke-6, Grand Premio d’Italia TIM Mugello. Berikut ini adalah fakta unik yang terjadi di Sirkuit Mugello Italia. 😉

  1. Pertama kali Mugello menyelenggarakan Grand Prix tahun 1976. GP 500 dimenangkan oleh Barry Sheene dengan jarak hanya 0.1 detik dari Phil Read, dalam lomba yang berlangsung lebih dari 62 menit. Dan ini adalah saat rider Suzuki mendominasi kelas utama, rider pertama non – Suzuki adalah Waerum Borge Nielsen di tempat kesepuluh dengan mengendarai motor Yamaha.
  2. Layout sirkuit mugello kini pada dasarnya masih sama dengan tahun 1976 dengan panjang 5.245 km.
  3. Yamaha adalah pabrikan paling sukses di mugello saat era motoGP 4 tak dimulai dengan mencatatkan 8 kemenangan, 5 kemenangan dibukukan berturut-turut mulai tahun 2004 – 2008 lalu tahun 2011 – 2013.
  4. Valentino Rossi adalah pembalap yang berhasil mengukir 9 kemenangan di Mugello. 1 kali dikelas 125cc, 1 kali dikelas 250cc, dan 7 kali dikelas motoGP.
  5. Loris Capirossi adalah pembalap Italia pertama yang memenangi balapan Mugello saat GP 500 pada tahun 2000. Capirex berduel dengan Max Biaggi dan Valentino Rossi.
  6. Tahun 2013 untuk pertama kalinya tidak ada pembalap Italia yang naik podium di Mugello.
  7. Kecepatan tertinggi motor motoGP yang pernah diukir disirkuit Mugello adalah 349 km/jam..!!! Yang dicetak oleh Dani Pedrosa saat sesi latihan bebas pada tahun 2009. Dan merupakan yang tertinggi diantara sirkuit motoGP yang lain.
  8. Pada tahun 2004 balapan kelas motoGP hanya berlangsung 6 lap, balapan dihentikan karena hujan turun dengan lebatnya.
  9. Italia, Belanda, dan Inggris adalah negara yang melangsungkan balapan grand prix setiap tahunnya sejak kejuaraan balap dunia ini dimulai tahun 1949.

Semoga bermanfaat… 😉

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: