PESAWAT R80 BUATAN ANAK BANGSA SIAP TERBANG TAHUN 2017


AWe — Hello bro n sist.. masih ingat pesawat N250 karya anak bangsa sekaligus presiden ke-3 Indonesia pak Bj. Habibe? kalau belum tau juga googling aja deh atau tonton film habibie & ainun.. :mrgreen: Generasi baru dari N250 dalam tahap pengembangan lho bro n sist..dengan model R80 dan dijadwalkan bisa mengudara tahun 2017 mendatang.. 😎

Pesawat R80 ini mengambil basis dari N250 yang akan diproduksi oleh PT Dirgantara Indonesia yang mulai bangkit pada tahun 2012 lalu, walaupun sempat tutup pada tahun 2002 saat masih bernama PT Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN).

PTDI akan saya lanjutkan dengan produksi pesawat yang lebih canggih dari N250. Saya dengan tim sedang merekayasa sebuah pesawat bernama R-80 yang dalam satu tahun lagi akan kami persiapkan supaya bisa mengudara pada 2017″ kata pak Habibie.

Pesawat R-80 ini memiliki makna R dari kata Regional dan 80 adalah jumlah penumpang pesawat tersebut. Kelebihan pesawat dengan teknologi anyar ini adalah memiliki baling-baling yang dapat menentukan antara angin yang dingin dan angin panas yang berasal dari engine atau mesin.

Gunanya adalah terjadi campuran angin dingin dan angin panas sehingga bisa mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi. Campuran angin dingin dan angin panas itu disebut bypass ratio. Semakin tinggi bypass ratio yang dimiliki, energi bahan bakar yang digunakan semakin irit.

Airbus atau Boeing punya bypass ratio 12, semakin sedikit bypass ratio, maka makin sedikit tingkat efisiensi bahan bakarnya. R-80 memiliki bypass ratio 40, sasarannya kurang lebih 30 persen konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan lebih efisien.

For Your Info.. Pesaawat R80 ini sudah dipesan oleh Nam Air sebanyak 100 unit dan akan mulai dikirim pada tahun 2018. R80 akan melayani rute-rute penerbangan untuk wilayah terpencil, karena R80 dirancang untuk terbang dengan jarak sampai dengan 600 km. mantep gak tuh… 😎

Semoga pesawat ini bisa menjangkau wilayah Indonesia yang luas dan memberikan peningkatan taraf ekonomi yang lebih baik bagi rakyat. Nah..anak bangsa Indonesia udah mampu bikin pesawat.. masa bikin motor atau mobil aja gak bisa? mari kita wujudkan INDONESIA BISA..!!!

Sumber :: kompas.com dan indonesiaproud

Iklan

6 responses

  1. gini ini harusnya, indonesia dikenal juga karena teknologinya, bukan cuma karena kabut asap…

    Suka

    1. Setuju bro…. Kadang rakyat kita ini masih mau dibodoh-bodohi oleh bangsa luar… Dan acap kali memandang remeh produk dalam negri…

      Suka

  2. kudune y gawe motor R2 & R4 yg handal dulu to ben merakyat…, mlah pesawat penumpang, mendingan buat pesawat tempur sndiri gt ben gak impor & alutsista isa tercapai dgn signifikan manfaatnya

    Suka

    1. Untuk penerbangan perintis mbah….

      Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: