OPINI :: JIKA PRODUSEN OTOMOTIF LEBIH PERDULI INFRASTRUKTUR


AWe — Hello bro n sist… baca berita detikoto bahwa penjulan sepeda motor Indonesia mencapai 1.261.555 unit periode januari – februari 😯 luar biasa banyak..belum lagi mobil..apakah harus bangga atau prihatin..? kalau AWe pribadi justru prihatin, karena apa? banyaknya penjualan yang secara langsung akan berdampak pada banyaknya kendaraan yang turun memenuhi jalan. Efeknya sudah tentu macet dimana-mana 😦

Produsen otomotif paling gembira dengan hal itu, karena mereka bisa menangguk untung yang luar biasa besarnya. Tetapi disisi lain pertumbuhan infrastruktur jalan dan angkutan umum sangat kecil, bahkan cendrung stuck alias jalan ditempat. Ketidak seimbangan ini lah yang membuat AWe prihatin, produsen otomotif yang dari luar negri itu memboyong keuntungan penjualan kenegara asal mereka untuk kemajuan negaranya sebagai devisa. AWe jarang sekali menemui berita atau yang sejenisnya mengabarkan bahwa produsen otomotif melakukan kegiatan pengaspalan jalan atau membuat halte..!! CMIIW (Correct Me If I’m Wrong)….

Jika produsen otomotif itu lebih perduli dengan infrastruktur Indonesia mereka bisa ikut membantu pemerintah untuk mengaspal jalan membangun angkutan umum. Jika hanya mengandalkan pemerintah, dijamin maka akan lama terealisasinya. Bukankah jika suatu negara maju itu semua ikut bahu-membahu, tolong menolong memajukan dan membangun negara..? Nah jika produsen otomotif ikut membantu dengan menyisihkan sedikit keuntungan penjualan dan membantu 2 sektor yang berkaitan erat dengan ladang uang mereka yaitu jalan raya dan transportasi umum maka tidak akan kita temui lagi jalan rusak dan angkutan umum yang tidak layak jalan.

Maksud AWe gini, setiap 1 unit motor yang dijual disisihkan 100 ribu dan untuk mobil bisa 200 ribu rupiah, dikalikan jumlah total penjulan perbulan otomotif nasional. Contohnya penjulan motor bulan Jan – Feb 1.261.555 unit x 100 ribu = 126.155.500.000 rupiah itu baru motor dalam 2 bulan penjulan belum lagi mobil dan truck..!!! berapa banyak jalan yang bisa diperbaiki dan dibangun…berapa banyak angkutan umum yang aman,nyaman, dan murah yang tersedia…!!! banyaaak..!! itu baru hitungan bulan, bagaimana dengan tahunan? bisa berpuluh-puluh triliun..dan gak ada itu jalan rusak jika mereka mau dan lebih perduli terhadap infrastruktur yang merupakan landasan ladang uang produsen otomotif..!!!

Laaah..klo ndak ada jalan raya, mau dipake dimana tuh motor n mobil..? apa dilaut dan udara..? seharusnya produsen otomotif itu ikut bertanggung jawab terhadap sarana jalan raya… #aaa sudah lah..demikianlah uneg-uneg Awe.. silahkan komentarnya…

14 responses

    1. opo sing jauh..?

      Suka

    1. Yoi..tau cuma jualan n untung besar….

      Suka

  1. Am I allowed to discuss this on twitter?

    Suka

    1. yes..sure…

      Suka

  2. pekanbaru saja dari hari ke hari kian padat

    Suka

    1. Yoi bro…dah mulai macet…

      Suka

  3. pemerintah kita sendiri saja gak becus gimana kita mau berharap sama penjajah

    Suka

    1. ya..stidaknya..saling berkerja sama, tolong menolong… gak cuma ngeruk duit rakyat thoq…

      Suka

  4. Yang penting untung, jualan jalan terus…

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: