KESALAHAN FATAL GENERASI SHOGUN AXELO


AWe — Bro n Sist sekalian…long time ago Suzuki Shogun 125 sempat menjadi Hits motor bebek 125 cc…ditambah lagi dengan munculnya varian Shogun SP FD 125 XRM  (Sport Production)…menjadi incaran anak-anak muda…bagaimana tidak dengan kubikasi 125 cc kopling manual bertenaga 10 Ps..pelek palang 10 dengan cakram ektra lebar didepan dan ada cakram belakang ala satria Fu..menjadikannya motor 125 cc terkencang saat itu.. 😎

suzuki-shogunSP-125

Bahkan ada testimoni yang Awe dengar..Shogun SP gen awal ini lebih irit BBM dari Supra X 125… apa gak mantep tuh… dan sampe sekarang pemilik Shogun 125 SP masih betah melihara nih motor.. bahkan mokasnya masih banyak diburu speed lover di daerah AWe… udah kencang..irit pula… :mrgreen:

Shogun SP

Bahkan generasi sesudahnya yaitu Shogun 125 FL..masih mempertahankan keunggulan gen sebelumnya ditambah bodi yang bersudut-sudut tajam..membuat tampilannya begitu sporty… AWe pun sempat ingin memboyong shogun FL kerumah..tapi begitu dana terkumpul dan mendengar kabar bahwa motor itu sudah stop produksi dan diganti dengan Axelo..maka niatan itupun AWe batalkan… 😦

Shogun SP 2 gen

Kembali kejudul…jadi apa saja kesalahan Suzuki pada generasi Axelo ini…? Yuklah kita runut satu persatu….

1.  Ditinggalkannya desain pelek dan cakram lebar didepan plus kaliper 2 piston ala satria FU, diganti dengan pelek warisan Shogun injeksi gen awal yang cuma pakai cakram kecil plus kaliper rem 1 piston…jelas-jelas ini adalah downgrade alias specdown..!!! Saran :: Kembalikan seperti gen sebelumnya…

2. Shockbreaker belakang sekelas dengan Smash titan padahal gen sebelumnya shock belakang cukup mewah dengan warna ulir per merah..apalagi gen awal yang punya warna krom denga ulir per merah, jelas berkualitas…lagi-lagi specdown..!!! belum lagi knalpot..secara visual alias tampilan emang mirip… tapi suaranya beda…!!! knalpot Shogun FD 125 XRM lebih ngebass dari Axelo… !!! Saran :: Kembalikan seperti gen sebelumnya…

3. Penggunaan bodi 3D…Bodi 3D itu ribet dan nambah berat motor secara keseluruhan..secara visual memang bagus..tapi secara fungsional bodi 3D itu minim…!!! ingat bodi 3D itu gak bisa nyantelin barang bawaan.. tahu sendirikan bahwa orang Indonesia itu suka nyentelin belanjaan di kap samping motor..? apa karna penggunaan bodi 3D ini lantas poin 1 & 2 di specdown?? ditambahlagi Axelo masih karburator, jadi menyulitkan ketika service..menyusahkan mekanik dan membuat waktu service jadi lebih lamaa…Saran :: minimalkan penggunaan bodi 3D..contoh Shogun FL 125 RCMD..

3d boy

4. Desain Lampu belakang yang tidak harmoni dengan bodi…lihat aja lampu belakang yang melebar kesamping…dan bodi pun ibarat dipaksa melebar karena lampu belakang… seharusnya berdesain sporty berdesain lancip..seperti gen Shogun sebelumnya… Saran :: Ubah tail light.. bisa desain ulang pakai Shogun sbelumnya atau pakai punya Shooter..

Stoplamp

5. Nama Shogun yang mengecil…. halo Suzuki..nama Shogun itu sudah melegenda lhoo…koq ya mau ditenggelamkan? konsumen malah menilai Suzuki tidak percaya diri dengan produknya sendiri…. lha produsennya aja gak pe de..gimana konsumen bisa percaya? mohon dipertimbangkan lagi….  Saran :: besarkan lagi ukuran nama Shogun di bodi..Axelo yang dikecilin…

6. Hilangnya varian SP (Sport Production) diganti dengan varian R yang jelas-jelas pada gen sebelumnya R adalah varian kelas dua.. 😦 Saran :: munculkan kembali varian SP..

Jadi….dengan poin-poin diatas..sudah pada tahu kan..kenapa penjualan Shogun Axelo semakin lama..semakin turun..? bahkan penjualan di bulan November 2013 hanya 877 unit (minjem data P2R)…. Ayo Suzuki jika ingin Shogun kembali berjaya..silahkan perbaiki poin-poin yang Awe sebutkan diatas…

Apalagi dengan semangat 2014 ini Suzuki punya tagline “Reborn Suzuki”..semoga keunggulan gen Shogun sebelum Axelo di reborn pada gen Shogun berikutnya… amiiin.. 🙄

Demikianlah pandangan dan pendapat subjektif dari AWe.. punya pendapat lain bro n sist?..silahkan corat-coret di komentar… 🙂

Foto :: segawonracingteam.wordpress.com dan google images

55 responses

  1. iya gan, mlh lebih suka model sp versi pertama. Daerah ane juga harganya stabil tuh yang SP

    Suka

  2. ane juga langsung ambil New Shogun 125 RR begitu Axelo launching
    gak sreg aja ama Axelo 😀

    Suka

    1. Bener gan….jadi ilfil lihat kaki-kaki axelo…

      Suka

    2. tp emang dah dari sejak naik shogun kebo udah naksir ama new shogun 125
      lampu LEDnya itu lo, kagak nahan klo liat dr belakang 😀

      Suka

    3. Keren dan melampaui kompetitornya gan… Bahkan sampai saat ini.. 😀

      Suka

    4. yap, dan sayangnya justru itu dihilangkan 😦
      pdhl lampu LED ini awet lo, ane dah liat new shogun 125 keluaran 2007, sampe sekarang masih awet
      beda dgn lampu rem dr bohlam, motor2 keluaran baru skrg banyak yg lampunya cepet mati
      yg punya ngebiarin pula… 😡

      Suka

    5. Bener gan..menurut ane axelo itu adalah specdown dari gen shogun sebelumnya… 😦

      Yoi.. Motor ane aja kmaren baru berumur 1 tahun..dah putus bohlam lampu blakangnya…. 👿

      Suka

  3. Shogun axelo desainnya agak gmana gitu,dilihat dari belakang malah aneh.

    Suka

    1. bener bro…dari belakang malah telihat maksa desainnya..

      Suka

  4. Kesalahannya yang terbesar adalah desain, sporty? tidak, elegan seperti supra? juga tidak. lalu? bingung

    Suka

    1. Paling kentara ya desain dari tengah sampai belakang… Yang lebaaar…

      Suka

  5. halo, saya rider motor ini, poin 1,2,3 saya setuju sekali, iri bahkan liat shogun sebelumnya, tapi..
    poin 4 itu selera aja dan pembiasaan melihat kok, awal2 juga aneh tapi akhirnya oke juga :p,,
    poin 5 well itu emang strategi Suzuki buat citra baru khususnya di leasing (baca2 sih gitu), tapi emang eman2 tulisan Shogunnya kecil
    poin 6 anda salah bro, saya pake yg tipe R (kopling) tipe R ini sama kayak SP cuma tulisannya aja ganti R, dan tipe RR ga ada di axelo tapi diganti S
    nah sekian aja, rasanya masih sama kayak FL cuma beda bentuk doang haha

    Suka

    1. Oke deh bro…makasih dah berbagi…ntar yang salah awe koreksi… Skali lagi trima kasih…. 😀

      Suka

    2. sama2 bro, oh iya tagline axelo bukan “tunjukkin aksi lo” lagi pas saya beli udah ganti “pantang menyerah”, wkwk ga laku ganti tagline 😀

      Suka

    3. bener broooo…… pantang nyerah walaupun terus turun..ckckckck….

      Suka

  6. Kalo suzuki mah biasa punya produk bagus terus dispecdown gak R2 gak R4 sama aja….jadi kalau mau beli malah yg 1st gen lebih bagus. Contoh lain bisa diliat antara spec dan kualitas-nya part Skywave sama Hayate, Thunder 250 vs Thunder 125, Shogun 110 vs Smash 110….soalnya terpaksa karena suzuki gak mungkin jualan motor bagus dengan parts bagus terus kalah lawan praktek pabrikan lain yg partsnya dari vendor kelewat murah….

    Suka

    1. bener bro..padahal kualitas Suzuki diatas kompetitornya..kalau menurut Awe harganya lebih murah 100 ribu atau sama dengan kompetitor tidak masalah..toh denagn begitu konsumen tidak ragu dengan kualitasnya…

      Suka

  7. saya pengguna axelo R menurut saya lebih bagus axelo drpd shogun2 sebelumnya yg pasti axelo adalah upgrade dr versi sebelumnya, larinya juga lebih fast di banding sebelumnya, bodynya yg 3D lebih stabil dan lebih fururistis
    cuma karna marketing suzuki indonesia jelek strategi penjualannya jadi semua lini produk suzuki di indonesia turun semua penjualannya jd ngk laku di pasaran termasuk axelo

    Suka

  8. Saya jg pengguna axelo, sblmnya pake karisma dan supra-x-125. Tentu saja upgrade… hehehe. Axelo emang gahar kalo dibanding supra-x, entah kalo dibanding shogun sebelumnya. Axelo R tentunya sama dg shogun SP yg mana tenaganya lbh besar dari tipe axelo biasa, pake kopling manual lagi.

    Beberapa kekurangan shogun axelo dibanding pendahulunya dan kompetitor: emang benar tuh rem dan velg nya donwgrade. Rem depan kurang menggigit, apalagi kalo dipakai rem mendadak kecepatan tiggi, bahkan rem nya masih kalah pakem jka dibanding dg bebek merk sebelah versi yg murah (vega-R, blade-revo) yg sama2 pake single piston.

    kekurangan lain tuh lampu depan, walau sdh pake 2 biji, tetep aja nggak terang. Baru ok setelah ganti bohlam Phillips atau osram. Aplikasi lampu depan yg nyala terus, kayaknya nggak diperhitungkan dg kapasitas pengisian listrik. Accu jadi harus sering ganti hampir tiap tahun rusak terus.

    shockbreaker belakang walau keliatan cupu jelek habis …. hehehe, sebenernya sdh sesuai dg tekonlogi terbaru lo, spring progresive, tetap empuk di jalan halus dan mampu meredam di jalan jelek. cuma tampilan warnanya saja yg perlu di percantik.

    Knalpot Axelo adalah upgrade dr shogun sebelumnya, yg mana silencer menggunakan teknologi sepadan dg Satria FU. Soal suara ….. kalo yg punya axelo pasti tahu, makin digeber rpm tinggi, makin meraung gahar tuh knalpot. kaya pake knalpot racing aftermarket …. bener lo … hehehe 🙂

    Ane setuju dg komentar diatas, kayaknya Suzuki salah strategi tuh, baik strategi pemasaran maupun strategi teknis downgrade beberapa komponen….. mungkin mau ngejar harga murah kali yeee…. hehehe. Kalau komponen mesin, jangan kawatir …. dalemannya sdh di upgrade dibanding shogun sebelmnya, kopling, engine balancer, CDI, Scem, dll.

    Suka

    1. Sip bro..trima kasih sudah berbagi cerita… 🙂

      Suka

  9. menurut gw axelo bukanya jelek hanya maluw yang bikin
    malu in secara bokap gw yang bikin

    Suka

  10. ane pake axelo kopling manual setahun..gak ada keluhan berarti….tampilan, speed & performa ok. solusi accu/lampu lampu depan yang nyala terus..ane pasang switch di sebelah kanan 25rb beres..

    Suka

  11. Ane baru bgt dibeliin axelo tipe S katanya si itu yg paling bagusnya.. Kalau menurut ane sih axelo sudah mantap soal mesin, tarikan dan suara knalpot kalau rpm nya dihajar gan. Tapi eng sih body lebar awalnya ga enak diliat tapi banyak temen ane bilang justru bodynya aero dynamic, cocok buat hajar angin waktu ngebut jadi makin stabil.. Soal nama besar shogun itu mah ga ada tulisannya juga orang udh tau kualitasnya gan..

    Suka

  12. shogun axelo bodinya lebar jadi
    kurang bagus .lebih bagusan shogun
    125 sp yg dulu.

    Suka

  13. shogun axelo bodinya terlaltu lebar

    Suka

  14. orang indo pandai ny cuma memberikan komentar,.
    hargai lah kerasi orang

    Suka

  15. sambil Nyimak Numpang Promosi Gan Toko Aksesoris Motor Terima kasih.

    Suka

  16. Wah axelo klo blm nyoba y gitu. Saling menghujat. Tp klo dah nyoba wussshhhh serasa mini sport

    Suka

  17. Sy pemakai suzuki.yg penting mesin brooo…

    Suka

    1. Apalagi axelo kopling..speed-akselerasi-riding posision-mesin super alus gak ada getar sedikitpun meski ngebut..apalagi kalo macet terasa enteng buat selip sana selip sini..pokoknya axelo mantap.nunggu next generasi shogun axelo..

      Suka

  18. “Ada apa dengan sepeda motor Suzuki”????????

    Suka

  19. Kalau yang gak punya axelo ya pasti menghujat.
    Tapi kalau udah nyobain jadi bilang sebaliknya tuh heheheheh.
    Soal body belakang yg melebar malah bagus kok kalau dilihat dari samping.
    Performa pun mantab walaupun ane pake yang non kopling.
    Soal suara ini lebih mantab klo digeber gk ada yang nandingin hhehehehehehehehe.
    Satu lagi kalo bawanya di putaran bawah serasa bawa banteng spanyol itu yang performa nya gaharr abies

    Suka

  20. klo saya merasakan shogun axelo kekuranganya adalah tenaga sangat loyo .cdi kurang baik, mbrebet diputaran tertentu. tenago loyo tapi bensin boros ini yang aneh.rem cakram depan kurang pakem, apalagi cakram belakangnya.saya pernah nyeruduk angkot ne gara gara rem g pakem padahal motor baru.suara knalpotnya kurang enak ditelinga.yang terakhir shockbreaker belakang terlalu oleng ditikungan saat mo
    tor di geber berboncengan.

    Suka

    1. awas atas ane black campaign terhadap axelo nih.dia bilang tenaga loyo, cdi kurang baik,bensin boros wah gak bener nih.
      axelo kan tenaganya enak banget menurut ane lagi pula itu juga cdi nya baru kok bisa bilang gak enak??
      kalo boros relatif yang bawa ya ane aja bisa tembus 55km/lt. kalo masalah rem kurang pakem ane akuin memang bener tapi black campaign nya gak usah segitunya lah

      Suka

  21. sebenernya ga ada yg salah sama produk2 R2 Suzuki. brand image masyarakat kita aja yg suka aneh2. jaman dlu pas thn 80-90an cm Suzuki yg ga punya part2 KW. karena itulah harga part2nya mahal. imbasnya ya jd spt skrg ini: Suzuki part2nya mahal2..akibatnya..secondnya jg jatuh harganya. krna calon pemakai secondnya khawatir nanti kalo ada perbaikkan ongkosnya lbh mahal krna part2nya mahal. nah..org kta kan klo pake motor maximal 3 thn selebihnya bosen jual. kalo Honda & Yamaha harganya stabil krna part2nya bejibun mo yg KW brp jg banyak.

    Suka

  22. SHOGUN FIGHTER, Julukan buat shogun 125R ane. Gak main2, nih motor dari tahun 2005 baru ane turunin mesin tahun 2012, itu pun pemakaian geber2an. Kondisi piston,noken as, stang piston masih bagus. cuman skir klep sama ganti paking doang. Sayang nama suzuki kalah di marketing.

    Ane Suzuki lover, di rumah ada juga FXR150 tahun 2002 livery GP, buat kelas 150 cc 4 Tak lain mah lewat.

    Sekarang baru minang Address Livery GP buat bawa istri sama anak.

    Suka

  23. Hidup terus Shogun SP, ane pake FD 125 XRM tahun 2006 dan sudah KM 86ribuan performa masih mantap

    Suka

  24. ini motor sudah bagus sebenarnya..
    dari design,performa,fungsional
    cuman kekurangannya di footstep boncenger nya yang harus diperbarui ke footstep gantung

    Suka

  25. Aku punya Shogun NR mantap sampai sekarang… Lampu LED nya duluan daripada yang lain… sayang sekarang malah menurun spec Shogun Axelonya…

    Suka

  26. rommy sianng | Balas

    Saya perah pake honda beat, yamaha vega lama, vega r, xeon rc 2014 . Semuanya gak awet dan banyak perawatan. Walau ke bengkel resmi juga cukup sering rusak. Honda rusak terus akinya. Yamaha body geter dan pelek geal geol. Akhirnya beli hayate baru 2014. Setahun cuma ke begkel tiap 7000 km. Gak ada masalah. Jatuh 2x body gak getar dan gak pecah. Cuma gores doang. Sumpah ini barang buatan suzuki bagus. Nyaman apalagi kalo jalan lurus. Stabil, minnim perawatan. Cuma saya akui spareparts sedikit mahal tapi awet. Kalo mau murah pasang sendiri.

    Suka

  27. asyiikkk ada yang bahas Shogun seeries,,,, testimoni saya semuanya positive sebagai pengguna FL RR auto clucth, bayangin dari 2008 sampai sekarang 2015 ini motor kaga pernah nyusahin sedikitpun,,, best handling moped, tarikan nyoss,,, kalau Axelo saya hanya komplain desain piringan rem depan yang kecil (plus kaliper yang berubah menjadi mono), bohlam lampu belakang yang non LED (FL kan pakai LED), sama indikator sein yang menyatu (dulu kan pisah kiri kanan),,, kalau dulu saya gak sreg sama bentuk desain lampu belakang sekarang saya gak masalah sih karena lama2 bagus juga tuh,, rencana mau upgrade FL ini ke Axelo tapi sayang juga sih soalnya motor saya masih enak (selain gak ada duitnya hahhaha),,, oh ya kapan Axelo upgrade ke 150cc mesin tegak plus injeksi yaaaaaa,,, tuh kompetitor sudah terjun (MX King dan New Blade) tapi saya pesen yang auto clucth dan bagasi plus tangki gede ya, soalnya buat komuter

    Suka

  28. tambah lagi keunggulan Shogun FL; nyaman gak getar dibanding moped2 merk sebelah

    Suka

  29. hm ane rasa kekurangan dari axelo yg body belakangnya melebar ini bikin cepet kena goresan tangan
    saran saya untuk suzuki jangan lagi buat motor yg body belakangnya lebar seperti hayate, axelo

    Suka

  30. semua itu sama saja tergantung perawatan dan pemakaiyannya ,motor axelo saya sudah 3 tahun lebih alhamdulillah nggak ada masalah+ suara mesin tetep alus,kalo soal body itu mah tergantung selera masing masing orang,mungkin agan agan diatas yg ngeremehin axelo make motornya nggak pernah di rawat tau nya make doang wajar dong kalau motornya bermasalah.

    Suka

  31. sama kyea saya bang waktu itu ngebet bgt pgen beli shogun sp warna item biru atau item abu” yg lampu blkgnya strip 2 body nya tajam. sambil ngumpulin uang buat beli cash eh pas uang udh ke kumpul ke dealer udh gk produksi, stock nya aja udh gk ada n di kasih malah axelo. pas ngeliat lgsg gk tertarik sma sekali, malah cakepan titan cma sayang aja gk ada kopling n cc nya kecil. jdi saya akhirnya beli jupiter z biru item lampu blkg panah. intinya axelo entah lah lgi apa yg desain nya sampe bentuknya bisa bgtu

    Suka

  32. rahwana putih | Balas

    Mana nich Shogun terbaru 2016 pengganti AXELO.
    Katanya bulan Juni 2016 mau launching.
    Bikin sejarah terulang tuk jadikan SHOGUN RAJA BEBEK

    Suka

  33. salam dari fd125xrm owner buat suzuki indo yg oon-nya gak ilang2…

    Suka

  34. Itu kan menurut anda bos…bagi saya sah sah aja kalau pakai karbu..justru karbu ga ribet…siapa aja bs nyervis apalagi di pedesaan susah nyari bengkel resmi khusus injeksi..jgn2 anda ini dari pihak merk tetangga ya yg sengaja menjelek kan nama besar suzuki …sebagus bagus nya injeksi lebih bagus karbu karna ga ribet…

    Suka

  35. iwan setiawan | Balas

    Yang sy alami,sy pakai suzuki shogun udh dr th 2001 dan tiap generasi sy ganti terakhir di th 2011 shogun axelo sampai sekarang,dan ini yang sy rasa unggul dr generasi sebelumnya hanya jelek di bagian lampu belakang tok,masalah tarikan dan tingkat ksetabilan jauh lebih unggul dr generasi sebelumnya.justru yang sy tunggu generasi suzuki shogun 150cc model cowok,bukan seperti satria fu

    Suka

  36. Kpengen mah suzuki ngeluarin produk dari shogu,, klw menurut saya sih namanya lebih bagus SHOGUN XP (xtreme production)
    Ya tampilannya lebih garang dan sporti

    Suka

  37. SHOGUN SP-150-RR ….. ditemplokin mesin GSX sdh ready tuh, ditunggu kehadirannya 🙂

    Suka

  38. saya baru baca di tahun 2024
    dan saya minang SP FD tahun 2023, baru tau kalo dulu suzuki pernah buat motor keren, kencang, dan canggih pada zaman nya, dan skrg baru merasakan gimana power shogun sp fd, punya saya tahun 2006 berarti umur motor sudah menginjak 18tahun tapi masih bisa di betot gas nya ampe 120km/jam, dulu sempet ragu sama shogun tipe sp ini, tapi keraguan saya terbantahkan bahwa shogun sp motor yg bisa diajak kerjasama, kerja berat pun di libas, kopling enteng, perpindahan gigi seperti DOHC renyah sekali, semoga di tahun yg akan datang suzuki mereborn shogun buat melibas MX king sama Supra GTR, dan dari segi metik berharap Skywave di reborn jadi 150cc buat lawan vario, semoga saja amiin

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d