IMPRESI RIDING :: SETELAH 1 TAHUN MENGGUNAKAN SATRIA FU


Ya….waktu begitu cepat berlalu…tak terasa..sudah 1 tahun 5 bulan… umur satria fu Aw… Si_Fu biru putih :

DSC_0004

Diartikel ini…AW… akan memceritakan pengalaman, rasa-rasa, dan hal yang harus diperhatikan setelah Fu berumur 1 tahun atau > 11.000 km… let check it.. !!

Ergonomi ::

Diartikel sebelumnya AW juga pernah cerita… klo lupa silahkan klik disini… jujur ergonomi Fu memang cocok bagi saya yang punya postur tubuh  167 cm… karna posisi riding sangat pas… badan tidak lah membungkuk…melainkan tegap… karena Fu menggunakan setang jepit dan posisinya sedikit lebih rendah dari bebek konvensional… 🙄

Selama ini saya tidak lah terlalu merasakan punggung pegal…seperti kebanyakan kata “orang”.. klo make Fu punggung bakal pegal…” mungkin ini lebih dikarenakan faktor posisi riding tiap orang yang berbeda-beda… Toh…skarang banyak cewe yang makai Fu.. malah semakin menarik n seksi pa bila si cewe lagi bawa Fu.. (you know laa..what I’m mean….. :mrgreen: )

Saat ini saya bekerja di Bangkinang..jaraknya 63 km dari rumah saya yang berada di Pekanbaru… seminggu sekali saya pulang pergi Pekanbaru – Bangkinang… rute yang dilalui sudah pasti jalan lintas antar kota… lumayan jauh bukan? Karena alasan ini lah saya berani bilang saya tidak terlalu merasakan punggung pegal karena bawa Fu…

DSC_0008

Mesin ::

Satria Fu yang memiliki spek mesin 150 cc DOHC 4 klep…lebih dari cukup untuk mobilitas sehari-hari… apalagi bagi saya yang saban minggu menempuh jarak kurang lebih 150 km… yang butuh mesin tangguh dan kencang tentunya…. Makanya odometer  Fu saya dah tembus 18557 km… Konsumsi BBMnya sendiri bisa menempuh jarak 35-40 km/liter.. bisa dilihat diartikel sebelumnya… BBMnya sendiri saya oplos antara Pertamax Plus dengan Premium…

Performa ::

Spek DOHC Fu…emang enak untuk riding jarak jauh…karena performanya bisa digali secara maksimal… saat memasuki jalan lintas Pekanbaru – Bangkinang…  tenaga Fu baru nendang saat mulai beranjak dari 7000 RPM…. dan saya pun bisa menorehkan top speed 130 km/jam on speedo Fu…

Kekurangan Spek DOHC adalah diakselerasi yang terbilang lambat…. Alias RPM bawahnya kurang bertenaga…. Jadi harus sering-sering mainin kopling dan gantung RPM biar tenaganya gak drop…

Handling ::

Untuk urusan hendling..atau pengendalian….. Fu tergolong motor yang sangat bersahabat…. berkat frame yang mirip konfigurasi twin spar… tapi lebih kecil… (menurut saya.red)..diajak selap selip.. dikepadatan lalu lintas kota mah nurut.. ditunjang bodinya yang ramping… untuk diajak melaju kencang dijalan lintas antar kota ampe 130 km/jam..pun fu masih tetap stabil..gak goyang, seperti kebanyakan kata “orang”… saat menikung pun oke…. tapi jangan kelewat batas mpe knee down.. karna ban standar Fu tidak mendukung… 😦

 Hal yang harus diperhatikan ::

Setelah Fu berumur lebih dari 1 tahun atau menempuh jarak lebih 11.000 km…. perhatikan bagian-bagian ini.. :

  1. Ban : sudah pasti seiring seringnya mobilitas..ban pun mulai aus… sebaiknya ganti..
  2. Kampas Rem : piranti penghenti laju ini juga patut diperhatikan..jika sudah tidak pakem lagi dan kampas rem sudah tipis..silahkan ganti…
  3. Gear Set : nah..sama halnya dengan ban… di usia motor yang tak lagi muda..gear set pun sudah masuk kategori untuk diganti…
  4. Filter Oli : Pada servis 1 pasti disarankan ganti filter oli kan? Fungsinya untuk membuang gram material mesin… Nah.. setelah Fu menempuh jarak 8000 km keatas..sebaiknya ganti filter oli lagi agar oli mesin tetap optimal…di manual book tertera “ganti filter oli setiap 7500 km”..harganya Rp.7500 saja..
  5. Tensioner rantai timing : ini juga wajib di cek..apakah masih kencang atau kendur.. jika kendur, setel ulang..karena jika tidak..dipastikan suara mesin bakal kasar dan berisik….
  6. Mur dan baut : pastikan mur dan baut motor kencang..tidak ada yang kendur..yang butuh perhatian khusus adalah baut pemegang plat nomor depan..karena ini suka kendur…

DSC_0010

Demikian lah review Fu AW setelah 1 tahun… semoga bermanfaat.. 🙂

14 responses

    1. kodenya FU150SCD lho… :mrgreen:

      Suka

    2. jadi motornya bukan satria,
      tapi suzuki fu150scd 😀

      Suka

    1. revo irit…

      Suka

  1. wasisimmortal | Balas

    Kapan artikel tarik2an SF sama motor lain brow ? hehe..

    Suka

    1. ahm… kayaknya bakalan susah bro…. :mrgreen:

      Suka

  2. bro rantai yg murah dan gearnya yg awet itu apa ya buat FU ane? Coz FU ane jg dh >118xx KM, ada saran ga gear chain set yg awet dan murah apa??

    Suka

  3. wah orang pku juga….

    Suka

  4. nggak tau, apa karena bobotku yang kelebihan, tapi kaki depan satria bergetar kalo dipake ngerem keras

    Suka

  5. udah coba ganti pilot jet, gan? gedein jadi uk. 15. waktu Fu ane umur segitu tembus 143km/h (cuma ganti pilot jet + knalpot):D
    sekarang udah 5 taunan nih FU ane (FU th. 2007), tetep oke larinya.. 😀

    setuju banget sama tulisan agan..
    apalagi bagian “Hal yang perlu diperhatikan” :
    penyakit FU paling sering itu di tensioner + adjusternya.. kalo kendur, akibatnya si FU kayak mesin jahit baju bunyinya kalo udah panas :))
    tapi ga perlu langsung ganti, bisa diakalin adjusternya, istilahnya di bengkel”tambah daging”, cukup manjangin sedikit-banyak umur si adjuster 😀

    salam FU rider..

    Suka

    1. punyaku tak ganti pake ajuster smash, sudah hampir 3 tahun terpasang

      Suka

  6. paling senang liat FU yang standaran gini..ga di modip aneh2..nice bro 🙂

    Suka

  7. bro, beberapa mur dan baut body ku hilang
    udah nyari di BeRes tapi ga ada..
    ada saran?
    yang hilang mur sparkbor depan bagian kiri sama lower cowling bagian kiri juga..

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: