TEST :: KONSUMSI BBM SATRIA FU DENGAN ECO MODE


welcome…… kali ini saya mengadakan tes “lagi” konsumsi bbm suzuki satria fu…… :mrgreen: Ini adalah artikel ke-5 saya tentang tes konsumsi bbm si fu…kalau di ke-4 artikel saya sebelumnya tidak menggunakan SDMS(Suzuki Driving Mode Selection) alias main hajar lurus-lurus saja.. :mrgreen:

Pada artikel ini saya menggunakan SDMS ECO….disimak baik-baik ya… 🙄

SDMS ECO MODE adalah sebuah fitur Suzuki untuk memilih mode berkendara agar hemat bahan bakar..metodenya dengan kedipan lampu indikator RPM yang mulai berkedip pada 4500 – 5500 rpm dan akan menyala pada 5500 rpm keatas. Ya…..hanya kedipan lampu…. kedipan-kedipan lampu ini lah yang memberi tahu bahwa rpm sudah memasuki Eco area dan harus oper persneling yang lebih tinggi…

SDMS ini tidak akan mengkebiri mesin ketika melewati ambang batas RPM Eco mode…. jadi tenang saja..ini hanya kedipan lampu..dan tidak ada pengaruhnya ke mesin….

KONDISI MOTOR dan PENGENDARA ::

Motor saya masih standar pabrik…. Tekanan ban normal..Putaran mesin normal..simpelnya pasti kan semua baik-baik saja… :mrgreen: Untuk pengendaranya sendiri…adalah saya yang memiliki berat badan 42 kg…. (langsing mode on) :mrgreen:

JALUR YANG DITEMPUH ::

Posisi saya ada di Bangkinang dan menuju kota Pekanbaru… Trek yang saya lalui adalah Jalan Lintas Pekanbaru-Bangkinang – HR Soebrantas – Soekarno-Hatta-Tuanku Tambusai-dan Sudirman Pekanbaru…

CARA BERKENDARA ::

Cara berkendara saya dalam tes ini menggunakan aturan SDMS ECO Ride….yang artinya saya berkendara dengan mempertahankan ritme motor tidak lebih dari 6000 rpm dengan kecepatan maksimal 75 km/jam dengan gear 6… dan saya mengoper persneling saat takometer menunjukkan angka 5500 rpm..

Konsumsi BBM ::

Nah ini…pokok pembahasan di artikel ini…. Sebelum melakukan test…saya mampir dulu ke SPBU kota Bangkinag..isi bbm sampe Full tank..bbm yang saya gunakan adalah PREMIUM…. saya yakin dan percaya bro n sist lebih banyak menggunakan premium… :mrgreen: Jepret dulu speedometer sebelum jalan…::

dan….perjalanan jauh pun ditempuh dengan cara berkendara diatas….. santai tapi pasti…. bbm pun mulai berkurang…. saatnya mampir ke SPBU…. saya mengisi PREMIUM lagi di SPBU Sudirman Pekanbaru….. sebanyak 1,77 liter Premium…..:

Yah…meluber dah tuh… hehehe….. minggir dulu..trus jepret lagi speedometernya setelah isi bbm… :

yuuuuuk…….hitung-hitung……. Odometer pas isi bbm di Pekanbaru 15139,8 dikurangi odometer saat awal test dari Bangkinang 15077,5 dibagi bbm yang diisikan ketangki 1,77 liter…dapatnya 35,19 km/liter…..

hmmmmm…ternyata lumayan juga..walaupun tidak terlalu signifikan bedanya dengan test sebelumnya…. Semoga bermanfaat… 🙂

Artikel terkait ::

1. TEST :: KONSUMSI BBM PREMIUM SUZUKI SATRIA FU VIA JALAN ANTAR KOTA

2. TEST :: KONSUMSI BBM SUZUKI SATRIA FU 2011

3. TEST :: KONSUMSI BBM PREMIUM SUZUKI SATRIA FU

4. TEST KONSUMSI BBM SATRIA FU VIA JALUR LINTAS ANTARKOTA

31 responses

  1. irit juga, coba pake kencang, paling ga jauh juga dari angka itu, intinya dohc itu irit kalau buat kencang, dan rada boros kalau buat pelan, aneh kan 😀
    pake pertamax 😀

    Suka

    1. klo dipake kencang pernah dapat 33 km/liter…. gk terlalu signifikan bedanya.. 🙄

      Suka

  2. Pernah dpt 38.7 km/l waktu itu..bbm pertamax, jalur pantura jawa, hajar kenceng terus…

    Suka

    1. trima kasih mau berbagi…. ane pernah dapet 47 km/liternya.. :mrgreen:

      Suka

  3. fu ane rata2 dapet 41km/L (pertamax) gaya hi speed riding Di jl.trans kalimantan
    kalau eco riding tembus 45km/L pertamax,, limit 5.500 rpm,
    tp kalau dalam kota, paling dapat 38km/l pertamax
    fu black white 2011
    pj 17,5/mj 115 air screw 1.1/4 (karbu std)
    silencer fu cbu thai,(leher std)
    sisanya std smua

    Suka

    1. Trima kasih sudah berbagi…. 🙂

      Suka

  4. Nice post. Ternyata dipakai pelan ngga terlalu ngefek juga yah mas ? hmmm 🙂

    Suka

    1. benar… tidak terlalu signifikan…

      Suka

    2. klo power gmn…bro..???

      Suka

  5. Selama ini lebih banyak pke premium apa pertamax bro…

    Suka

    1. klo motor ane sih perbandingannya 50 : 50 bro…. 50 premium 50 pertamax plus.. 🙄

      Suka

  6. dikasi minum premium apa nggak klenger mesinnya?

    Suka

    1. klenger sih enggak…tapi lelet larinya.. :mrgreen:

      Suka

  7. wajar boros kenceng…..

    Suka

  8. wkakakak…pake premium….gak malu ceritain borox sndiri

    Suka

    1. velanrynstef

      sore gan,
      dibaca dulu sana artikel lain pake pertamax+

      Suka

  9. satria boros jg,ampun.ni pny ane plat putih dah mls makeknya..

    Suka

  10. sama, paling irit fu standar ane jg dulu cuman sanggup 1:35
    paling boros 1;28

    http://satria155.com/ladies-bikers-satria-fu-sexy-underbone-beautifully-dangerous

    Suka

  11. d'darme tajoen | Balas

    fu gue boros banget kq bsa gtw Ea???

    Suka

  12. Gan , kenapa cuma dibagi ama pengisian minyak setelah keliling ? Pengisian pertama sblm brgkt tdk dihtg kah ? Trims infonya

    Suka

  13. […] TEST :: KONSUMSI BBM SATRIA FU DENGAN ECO MODE […]

    Suka

  14. It’s awesome to visit this site and reading the views of all colleagues regarding this post, while I am also keen of getting know-how.

    Suka

  15. Sesama pengguna FU , ijin share pengalaman juga 😀
    Satria FU ane bulan 6, 2011,
    Sebagai info, ane mahasiswa UGM, asli pekanbaru juga sih, hehe, motor ini di pake pulang pergi kampus, makan, ke loundry, atau ngerjain tugas doang di kampus, jarak kampus ke kost cuma 2 KM, pake Premium (mahasiswa berhak dapet subsidi doong :D) gak pake eco mode, pernah ngukur konsumsi bbm nya dapetnya 1:27 – 1:30 km. 😐
    kayaknya konsumsi standart FU emang segitu deh, apalagi ane make jarak dekat kecepatannya gak konstan, beda dengan agan agus yang jalurnya antar kota trek lurus lagi, makanya dapet segitu. by the way, hemat juga agan agus ini yaa geber FU nya, perlu belajar nge-gas nih supaya hemat juga.. hahaha

    Suka

  16. fu ane th 2012 bln 7 nyoba pake ECO mode. pernah ane coba geber (masih pake ECO Mode) nyampe sekitar 98 KM/H. begitu nyampe sekitar 105 KM/H knapa mesin tiba2 mati ya? kan malu diliat orang. Beberapa minggu kemudian, ane coba lagi tapi pake mode biasa alias gak pake ECO maupun POWER, tembus 120 KM/H ke atas dan mesin gak mati. apa itu berarti ECO mode berpengaruh ya terhadap mesin? nah pengalaman saya yg lain kalo pake ECO mode terus dipaksain di RPM tinggi (kalo saya sekitar 7.500 – 8000) itu biasanya jarum penunjuk RPM sering naik turun sendiri (kaya motor pas kontaknya di on kan) terus speedo nyala – mati sendiri. ih serem…tapi itu beneran gw alami… berarti ECO mode berpengaruh dong terhadap motornya gak hanya mesinnya?

    Suka

  17. (((u ane th 2012 bln 7 nyoba pake ECO mode. pernah ane coba geber (masih pake ECO Mode) nyampe sekitar 98 KM/H. begitu nyampe sekitar 105 KM/H knapa mesin tiba2 mati ya? kan malu diliat orang. Beberapa minggu kemudian, ane coba lagi tapi pake mode biasa alias gak pake ECO maupun POWER, tembus 120 KM/H ke atas dan mesin gak mati. apa itu berarti ECO mode berpengaruh ya terhadap mesin? nah pengalaman saya yg lain kalo pake ECO mode terus dipaksain di RPM tinggi (kalo saya sekitar 7.500 – 8000) itu biasanya jarum penunjuk RPM sering naik turun sendiri (kaya motor pas kontaknya di on kan) terus speedo nyala – mati sendiri. ih serem…tapi itu beneran gw alami… berarti ECO mode berpengaruh dong terhadap motornya gak hanya mesinnya?)))
    ===>>>itu berarti ada limiter (pembatas) RPM untuk eco mode

    Suka

  18. 123456789rhexo | Balas

    bos,,, pengaruh ga klo gir depan di ganti ukuran 14,,, ktnya bisa lebih irit…

    Suka

    1. Sebenarnya gak ngaruh2 juga bro.. Yang berpengaruh itu gaya berkendara n kondisi lalu lintas…

      Suka

  19. satria fu black fire angel | Balas

    bos klo mo ganti gir depan yg lbih gede,, trus yg belakng kecil,, perngaruh ga

    Suka

    1. Sama aja bro ma yg standarnya.. Yg standar kan depan kecil…belakang besar..

      Suka

  20. Blackfire II | Balas

    Rata rata dapet 43km/l pakai shell V power / pertamax +, dengan eco mode, fu 2014

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d