welcome…… kali ini saya mengadakan tes “lagi” konsumsi bbm suzuki satria fu…… Ini adalah artikel ke-5 saya tentang tes konsumsi bbm si fu…kalau di ke-4 artikel saya sebelumnya tidak menggunakan SDMS(Suzuki Driving Mode Selection) alias main hajar lurus-lurus saja..
Pada artikel ini saya menggunakan SDMS ECO….disimak baik-baik ya… 🙄
SDMS ECO MODE adalah sebuah fitur Suzuki untuk memilih mode berkendara agar hemat bahan bakar..metodenya dengan kedipan lampu indikator RPM yang mulai berkedip pada 4500 – 5500 rpm dan akan menyala pada 5500 rpm keatas. Ya…..hanya kedipan lampu…. kedipan-kedipan lampu ini lah yang memberi tahu bahwa rpm sudah memasuki Eco area dan harus oper persneling yang lebih tinggi…
SDMS ini tidak akan mengkebiri mesin ketika melewati ambang batas RPM Eco mode…. jadi tenang saja..ini hanya kedipan lampu..dan tidak ada pengaruhnya ke mesin….
KONDISI MOTOR dan PENGENDARA ::
Motor saya masih standar pabrik…. Tekanan ban normal..Putaran mesin normal..simpelnya pasti kan semua baik-baik saja… Untuk pengendaranya sendiri…adalah saya yang memiliki berat badan 42 kg…. (langsing mode on)
JALUR YANG DITEMPUH ::
Posisi saya ada di Bangkinang dan menuju kota Pekanbaru… Trek yang saya lalui adalah Jalan Lintas Pekanbaru-Bangkinang – HR Soebrantas – Soekarno-Hatta-Tuanku Tambusai-dan Sudirman Pekanbaru…
CARA BERKENDARA ::
Cara berkendara saya dalam tes ini menggunakan aturan SDMS ECO Ride….yang artinya saya berkendara dengan mempertahankan ritme motor tidak lebih dari 6000 rpm dengan kecepatan maksimal 75 km/jam dengan gear 6… dan saya mengoper persneling saat takometer menunjukkan angka 5500 rpm..
Konsumsi BBM ::
Nah ini…pokok pembahasan di artikel ini…. Sebelum melakukan test…saya mampir dulu ke SPBU kota Bangkinag..isi bbm sampe Full tank..bbm yang saya gunakan adalah PREMIUM…. saya yakin dan percaya bro n sist lebih banyak menggunakan premium… Jepret dulu speedometer sebelum jalan…::
dan….perjalanan jauh pun ditempuh dengan cara berkendara diatas….. santai tapi pasti…. bbm pun mulai berkurang…. saatnya mampir ke SPBU…. saya mengisi PREMIUM lagi di SPBU Sudirman Pekanbaru….. sebanyak 1,77 liter Premium…..:
Yah…meluber dah tuh… hehehe….. minggir dulu..trus jepret lagi speedometernya setelah isi bbm… :
yuuuuuk…….hitung-hitung……. Odometer pas isi bbm di Pekanbaru 15139,8 dikurangi odometer saat awal test dari Bangkinang 15077,5 dibagi bbm yang diisikan ketangki 1,77 liter…dapatnya 35,19 km/liter…..
hmmmmm…ternyata lumayan juga..walaupun tidak terlalu signifikan bedanya dengan test sebelumnya…. Semoga bermanfaat… 🙂
Artikel terkait ::
1. TEST :: KONSUMSI BBM PREMIUM SUZUKI SATRIA FU VIA JALAN ANTAR KOTA
2. TEST :: KONSUMSI BBM SUZUKI SATRIA FU 2011
irit juga, coba pake kencang, paling ga jauh juga dari angka itu, intinya dohc itu irit kalau buat kencang, dan rada boros kalau buat pelan, aneh kan 😀
pake pertamax 😀
SukaSuka
wow lumayan irit…daripada satria teman ane….
http://mariodevan.wordpress.com/2012/10/31/tralis-monster-custom-semakin-garang/
SukaSuka
Pernah dpt 38.7 km/l waktu itu..bbm pertamax, jalur pantura jawa, hajar kenceng terus…
SukaSuka
fu ane rata2 dapet 41km/L (pertamax) gaya hi speed riding Di jl.trans kalimantan
kalau eco riding tembus 45km/L pertamax,, limit 5.500 rpm,
tp kalau dalam kota, paling dapat 38km/l pertamax
fu black white 2011
pj 17,5/mj 115 air screw 1.1/4 (karbu std)
silencer fu cbu thai,(leher std)
sisanya std smua
SukaSuka
Nice post. Ternyata dipakai pelan ngga terlalu ngefek juga yah mas ? hmmm 🙂
SukaSuka
klo power gmn…bro..???
SukaSuka
Selama ini lebih banyak pke premium apa pertamax bro…
SukaSuka
dikasi minum premium apa nggak klenger mesinnya?
SukaSuka
wajar boros kenceng…..
SukaSuka
wkakakak…pake premium….gak malu ceritain borox sndiri
SukaSuka
sore gan,
dibaca dulu sana artikel lain pake pertamax+
SukaSuka
satria boros jg,ampun.ni pny ane plat putih dah mls makeknya..
SukaSuka
sama, paling irit fu standar ane jg dulu cuman sanggup 1:35
paling boros 1;28
http://satria155.com/ladies-bikers-satria-fu-sexy-underbone-beautifully-dangerous
SukaSuka
fu gue boros banget kq bsa gtw Ea???
SukaSuka
Gan , kenapa cuma dibagi ama pengisian minyak setelah keliling ? Pengisian pertama sblm brgkt tdk dihtg kah ? Trims infonya
SukaSuka
[…] TEST :: KONSUMSI BBM SATRIA FU DENGAN ECO MODE […]
SukaSuka
It’s awesome to visit this site and reading the views of all colleagues regarding this post, while I am also keen of getting know-how.
SukaSuka
Sesama pengguna FU , ijin share pengalaman juga 😀
Satria FU ane bulan 6, 2011,
Sebagai info, ane mahasiswa UGM, asli pekanbaru juga sih, hehe, motor ini di pake pulang pergi kampus, makan, ke loundry, atau ngerjain tugas doang di kampus, jarak kampus ke kost cuma 2 KM, pake Premium (mahasiswa berhak dapet subsidi doong :D) gak pake eco mode, pernah ngukur konsumsi bbm nya dapetnya 1:27 – 1:30 km. 😐
kayaknya konsumsi standart FU emang segitu deh, apalagi ane make jarak dekat kecepatannya gak konstan, beda dengan agan agus yang jalurnya antar kota trek lurus lagi, makanya dapet segitu. by the way, hemat juga agan agus ini yaa geber FU nya, perlu belajar nge-gas nih supaya hemat juga.. hahaha
SukaSuka
fu ane th 2012 bln 7 nyoba pake ECO mode. pernah ane coba geber (masih pake ECO Mode) nyampe sekitar 98 KM/H. begitu nyampe sekitar 105 KM/H knapa mesin tiba2 mati ya? kan malu diliat orang. Beberapa minggu kemudian, ane coba lagi tapi pake mode biasa alias gak pake ECO maupun POWER, tembus 120 KM/H ke atas dan mesin gak mati. apa itu berarti ECO mode berpengaruh ya terhadap mesin? nah pengalaman saya yg lain kalo pake ECO mode terus dipaksain di RPM tinggi (kalo saya sekitar 7.500 – 8000) itu biasanya jarum penunjuk RPM sering naik turun sendiri (kaya motor pas kontaknya di on kan) terus speedo nyala – mati sendiri. ih serem…tapi itu beneran gw alami… berarti ECO mode berpengaruh dong terhadap motornya gak hanya mesinnya?
SukaSuka
(((u ane th 2012 bln 7 nyoba pake ECO mode. pernah ane coba geber (masih pake ECO Mode) nyampe sekitar 98 KM/H. begitu nyampe sekitar 105 KM/H knapa mesin tiba2 mati ya? kan malu diliat orang. Beberapa minggu kemudian, ane coba lagi tapi pake mode biasa alias gak pake ECO maupun POWER, tembus 120 KM/H ke atas dan mesin gak mati. apa itu berarti ECO mode berpengaruh ya terhadap mesin? nah pengalaman saya yg lain kalo pake ECO mode terus dipaksain di RPM tinggi (kalo saya sekitar 7.500 – 8000) itu biasanya jarum penunjuk RPM sering naik turun sendiri (kaya motor pas kontaknya di on kan) terus speedo nyala – mati sendiri. ih serem…tapi itu beneran gw alami… berarti ECO mode berpengaruh dong terhadap motornya gak hanya mesinnya?)))
===>>>itu berarti ada limiter (pembatas) RPM untuk eco mode
SukaSuka
bos,,, pengaruh ga klo gir depan di ganti ukuran 14,,, ktnya bisa lebih irit…
SukaSuka
Sebenarnya gak ngaruh2 juga bro.. Yang berpengaruh itu gaya berkendara n kondisi lalu lintas…
SukaSuka
bos klo mo ganti gir depan yg lbih gede,, trus yg belakng kecil,, perngaruh ga
SukaSuka
Sama aja bro ma yg standarnya.. Yg standar kan depan kecil…belakang besar..
SukaSuka
Rata rata dapet 43km/l pakai shell V power / pertamax +, dengan eco mode, fu 2014
SukaSuka