IMPRESI RIDING :: SETELAH 2 BULAN MENGGUNAKAN SATRIA FU 2011


Alhamdulillah….udah 2 bulan umur Satria FU bersama ane… dan udah nempuh jarak 2370.5 km…. :mrgreen:

Diartikel ini, ane bakal menceritakan pengalaman beserta rasa-rasa menunggangi si_Fu (nama motor ane.red) :mrgreen:

Lets check It… !! 😎

kesan pertama yang ane tangkep pas ni motor turun dari mobil pengangkut dan nyampe di teras rumah.. “wih…asli keren nih motor..biru putih….. :mrgreen:” saat itu juga pengen ngetes, tapi hari sudah magrib..batal dah…. besok pagi aja dah..

oke..kita skip aja cerita pada pandangan pertama ini…. langsung ke judul aja…. :mrgreen:

Setelah menunggu sekitar 2 minggu…dan akhirnya NoPoL plus STNK udah keluar…..sip..mampir dulu ke tempat lapis plat nomor buat dimodif dikit en trus dipasang…. “kurang dah cakep ni motor”.. :mrgreen:

Ergonomi ::

Saya yang memiliki tinggi badan 167 cm dan berat badan 47 kg… rasanya pas sekali berada diatas si_Fu, gak terlalu membungkuk dan kaki menapak dengan sempurna….rute yang biasa saya lewati sehari-hari adalah JL.Soekarno-Hatta, Jl. Arifin Achmad, Jl. Paus, Jl. Pelajar, Jl. Dipenogoro, Jl. Tuanku Tambusai, dan jalan protokol Jl. Jendral Sudirman… 🙄

Kondisi jalanan tersebut cukup ramai tetapi tidak lah terlalu padat dan menyebabkan macet, kecuali JL. Sudirman yang macet dibeberapa titik karena proses pembangunan jalan layang atau Fly Over… 👿 So dengan bodi Fu yang ramping, saya masih bisa meliuk-liuk diantara kemacetan… pegel??? pasti….eitz…tapi hanya tangan kiri saja karna sering memainkan tuas kopling… punggung?? enggak bro…gak pegel…. :mrgreen:

Mesin ::

Suara mesin 4 klep DOHC memang membuat sensasi berbeda dan sensasi berkendara yang sangat menyenangkan.. :mrgreen: ini adalah salah satu alasan saya memilih si_Fu setelah beralih dari si Blacky… saya ingin merasakan sensasi suara mesin yang berbeda… mooosoook udah makai SOHC selama 7 tahun mau makai SOHC lagee… owh tidak.. butuh diferensiasi..yaitu DOHC… :mrgreen:

BBM yang saya gunakan adalah jenis Pertamax 95…dan konsumsi rata-ratanya mencapai 40-47 km/liter, dan sudah saya bikin artikel tesnya silahkan klik disini dan disini… tetapi terkadang saya juga mengoplos Pertamax 95 dengan Premium :mrgreen: dengan perbandingan 50 : 50… :mrgreen:

Performa ::

Nah.. ini dia….yang paling gak saya suka… 😦 saat-saat awal bergerak dengan posisi gear 1, menurut saya nafasnya pendek karna rpm udah teriak dan minta dioper ke gear 2..dan baru deh sdikit lebih panjang nafasnya… posisi gear paling enak untuk riding di jalanan perkotaan adalah posisi gear 3-4-5…. 🙄 dan gear 6 pun jarang terpakai….

Setelah bersabar cukup lama karna masa inreyen mesin belum nyampe di 1600 km.. top speed yang bisa ditorehkan hanya 90 km/jam… tetapi setelah masa inreyen terlewati..dan akhirnya saya gatel pengen nguji seberapa kencang motor ini.. :mrgreen:

Yeah…sore sekitar jam 3an dan kebetulan jalan Soekarno-Hatta lengang..wah kesempatan bagus nih…. dan walhasil saya menggeber si_Fu dari depan jalan Ardath sampai depan dealer Honda Soekarno-Hatta..sukses menorehkan top speed 115 km/jam dengan masih menyisakan sekitar 1/4 plintiran throttle lagi… itu aja udah jantungan mas brooo….. :mrgreen:

Satu hal lagi yang saya suka adalah…saat menggunakan gear 6 dengan kecepatan diatas 80 km/jam..akan terdengar suara “swiiing………” atau mirip siulan dari mesin satria FU… 😎 makin pengen menggeber lebih tinggi lagi neeh.. :mrgreen:

Demikian lah artikel impresi ini, yang saya tulis menurut pengalaman, rasa-rasa, dan pandangan subjektif pribadi… semoga berguna.. :mrgreen:

74 responses

  1. jadi pengen fu

    Suka

  2. Wah makin ajibs za nich FU..

    Suka

  3. positif semua reviewnya 😦

    Suka

    1. ada juga tuh yang negatifnya bro…coba deh baca baik-baik… :mrgreen:

      Suka

  4. yahonsuwakanja | Balas

    167cm..47 kg
    seukuran alay2 ya…!!

    piss..

    Suka

  5. ga! #ga seberapa ada suara siulan di engine FU !

    yang paling ga bisa disamain dan jadi cirikhas FU adalah gemerincing nya knalpot si FU yang keluar dari engine FU itu sendiri , (suaranya ga bisa disamain meski knalpot FU dipasang di motor laen)

    dah cuma mau ngelurusin itu aja :mrgreen:

    Suka

    1. wagh..curhat nih bro… :mrgreen:

      Suka

  6. bulldozer D85™ | Balas

    jadi pengen fu juga.
    Xixixixi

    Suka

  7. Tergoda DOHC nih 😀

    Suka

    1. benar….DOHC begitu menggoda… :mrgreen:

      Suka

  8. 115kpj…gear4 ja nyampe

    Suka

  9. Suara “swiii….ng” itu bukannya suara turbulensi udara disekitar tebeng samping bro. Soalnya saat tebengnya tak lepas suara itu nggak ada lagi.
    Hati2 kalo geber2an, ajuster tensionernya nggak kuat, punyaku dah ganti pake smash lama

    Suka

    1. mungkin juga….. tapi sayang lah ngelepas tebeng.. kurang keren si_Fu.. :mrgreen:

      Suka

  10. ban nya standar pabrikan ato dah ganti tuh?

    Suka

    1. masih standar pabrikan bro… :mrgreen:

      Suka

  11. cahjoz150cc_ajah | Balas

    bebek plg keren saat ini, tp blm tergoda, msh demen motor batangan bwt touring

    Suka

  12. heheheheh motor ini jg awet loh, dalam artian bukan dipake bali a.k.a balap liar…ane jg nyemplak satriaFU jebulan januari 2007…masih awet ampe skrg dan nuggu awal tahun depan pas ganti plat baru tanda telah berumur 5 tahun pemakaian…

    Suka

  13. ayumi jadi jadian >> rocky arema | Balas

    dulu make dari 2005-2007, dijual karena super pegel menghadapai rute bekasi cakung yang super setan macet dan alay alay tronton nya… (dah terkenal di indonesia, jalur ini melindas 2 orang tiap bulan )… jadi ane putusin jual dan ganti beat, biar pelan, jadi nda tergoda ngebut, dan berkurang resiko insiden nya… tapi ternyata ane pindah juga kantor, area selatan, jadi nyesel jual sifu, … dulu ane masih CBU thailand, masih keinget bangganya naek mesin dohc pertama kali di kampus heheheh….

    Suka

    1. Panji Sang Penakhluk

      g goyang tuh motor kecil pd kecepatan 115km?kl nyalip bus dgn kecepatan sgtu ap g bhya y?aplgi ban nya kecil

      Suka

    2. enggak goyang bro..masih stabil.. mungkin karna Fu yang baru lebih berat 11 kg.. :mrgreen:

      Suka

  14. assoooy…. :mrgreen:

    nitip selebarannya warung bro….
    http://mesin4tak.wordpress.com

    Suka

  15. Satria EfYu memang mantap,buat jalanan sempit ayo aja…buat jalanan lebar apalagi…buat pelan jring..jring…jringg…,buat kenceng mana ada yang bisa nguberr…(pengalama ane dah 5 taon make)

    Suka

    1. mungkin pio’ku msh bs 200m di dpn mu..hehhe
      piss

      Suka

  16. mantab2…salam kenal bro

    kata MUTi@ra

    Suka

    1. salam kenal juga… 🙂

      Suka

  17. ane bingung pilih satria fu apa tvs apache ya?

    Suka

    1. bergantung pada kebutuhan, kenyamanan dan keuangan gan… :mrgreen:

      Suka

    2. n ane bingung lg ne….ane kepincut sama BAJAJ PULSAR

      tubuh ane tinggi 160 cm , berat 45 kg ,, masih 15 thn ane gan….. bisa beri saran gk gan??>..

      bimo96.wordpress.com

      Suka

    3. klo kepincut ama pulsar..pakai pulsar 135 aja bro..yang menurut ane, masih pas dengan ukuran tubuh ente….. 😀

      Suka

    4. Vixion aja
      FU pokoke putus pisan euy!!

      Suka

    5. Jupiter MX bro
      semakin didepan

      Suka

  18. mo nanya,bodi kecil gt dbw >100kpj ap msh stabil? Kynya lbh stabil motor semprot y kl bt ngebut?

    Suka

    1. masih stabil bro.. gak goyang kok…. :mrgreen:

      Suka

    2. ane pake shogun sp sampe 120 kmh masih stabil broooo… malah ane coba lepas tangan…

      ini karena ane udah terbiasa banget lari 90 kmh ke atas. tiap kali riding agak jauhan pasti deh tu speedo dipentokin minimal sekali aja ke 100 kmh.

      apalagi FU. gitu2 kokoh kok bro. hard braking juga enak. ga ngebuang. pernah dititipin FU temen sebulan. tapi ga tahan bayar bensinnya. :mrgreen:

      btw jangan ditiru ya bro… mungkin ane sedang beruntung… :mrgreen:

      Suka

  19. awas kalau tesrider jangan seperti ini entar malah suruh ganti bukannya dapat artikel buat blog :mrgreen:

    Kecelakaan Tes Drive Mobil Mercy di Senayan City

    Suka

  20. wah motor inceran ane sebelum minang vixion nih,, sayang bodinya kecil (tinggi ane 175 cm).. udah naksir abis sebenernya.. btw hebat euy ngebensininnya pake RON 95 :mrgreen:.. ane mah dah gak kuat..

    Ini Tim2 Yang Resmi Terjun di Kelas Moto2 dan Moto3 Musim Depan

    Suka

  21. ga cocok buat ane, 175/84kg…
    Jadi kayak beruang, asli pegel kalo seukuran ane, n ane takut ngebut pake fu, pas udah dapat 120+kpj mau hard breaking (ada orang nyebrang)aga goyang bro… Padahal fu bisa mencapai 140 on spedo lo… Bisa nempel scorpio padahal badan ane lumayan besar… Mantab. Hati2 bro sama Fu…. Ban kecil,cakram lebar,tenaga dahsyat….
    Tapi

    Suka

    1. sama om,, ane body beruang. pernah naek FU Semarang – Solo PP pulang2 pijet,
      mungkin emang ga cocok buat beruang comunity,, :p

      Suka

  22. antismssambilriding | Balas

    kata bule sono yang pake FU… death trap… ban mesti digedein… rem juga…

    Suka

  23. blekok ngaca | Balas

    Ane make dari 2005 ampe sekarang..lom pernah turun mesin kwkwk abis masih enteng aja seh,,suara juga tetep lembut..paling yang boros ganti ban aja tiap tahun, kebetulan punya ane ban depan blakang udah digedein dari wat ngerem rada kalem .dulu pas abis inreyen ane cuma brani 125 kpj gigi 5..cuma pas mo betot lagi inget osa….kwkwkw

    Suka

  24. FU ,motornya para alay-alayerz ,11-12 sm nak mio..kalo nyalip dh ky pny nyawa 9,pgn w tendang ja rasanya,kalo d kejar kburu ilank,meggy gw g kuat ngjarnya,kalah selap slip jg, kalo ktangkep tak rebuz..
    *Nyalain kompor*

    Suka

    1. itu menurut lo,,gak semua yg pake mio or fu alay,,yg alay tuh orgnya jgn salahin motornya,,understand !!!

      Suka

  25. alhamdulillah ana pake satria 8 bulan,,,masih standart dari sononya,,,gak ada yang di ubah sama sekali, kuat lari 150 kpj,,itu ana coba tengah malam…mantep bro!! dulu test ma NMP+vixi 200m masih menang,,cuma skrg dah gak berani lagi,,,soale ortu ana habs kecelakaan jadi mikir2 lagi klo mau balapan..hehehehe….salam kenal bro!!

    Suka

  26. Mas numpang tanya, apa di cangklong busi Satria FU yang baru gampang kemasukan air? Soalnya di FU lama gampang kemasukan air apalagi pas ujan. Thx

    Suka

    1. sepertinya aman2 saja bro… karna setiap nyuci motor saya juga membersihkan area disekitar cop busi… :mrgreen:

      Suka

  27. Mas agoey mu nanya…sy kepincut fu racing edition sperti punya mas (biru putih)
    Tapi sy cari-cari ke deler adanya biru-putih tapi spakbor depan warna hitam 😦
    Punya mas apa emang diganti atau udah dari sononya biru bgitu?

    Suka

    1. ya… asli dari pabriknya spatbor depannya memang hitam… tapi karna saya kurang suka, maka saya ganti dengan warna biru…. :mrgreen:

      Suka

  28. Ooo…..pantes nanya2 ke deler malah diketawain 😀
    tapi birunya sama tuh mas

    Suka

    1. :mrgreen: sama bro…gak ada perbedaan..sama2 marine blue.. :mrgreen:

      Suka

  29. Wahh,, Keren Bos,, Bentar lagi ane Nyusul deh beli FU nya,,
    Kbeneran liat artikel ini,, Ane jadi tambah pengen Beli Satria FU,,
    Di daerah Cimahi Bandung, si FU laku keras Boss,,

    Suka

  30. Swiing2 itu suara engine balancer bro,,,klo tenaga kurang bisa diseting kok. Lumayan + 1dk…ane naik motor yg ada engine balancer mulai jaman Cripton…FU thailand…pulsar 200 india. Coz minim getaran. Swing2 paling menyebalkan pux cripton ampe, ane ganti knalpot…paling merdu itu swing2 pulsar bro. Sensasix campur ngorook kaya filter dilepas. Hati2 bro itu mesin FXR150 sasis n Rem ane g.kuatir,,, klo ente bukan Tipe ALAY ganti Ban setara Cbr 150. Itu menurut pemgalaman ane bro..

    Suka

  31. bro,,satria lo spatbor depannya lo ganti biru yah,,gw beli yg racing edition kya punya lo kok spatbor depannya warna hitam,,, !!!!

    Suka

    1. Asli pabriknya emang warna hitam… itu udah ane ganti gan.. harganya Rp. 76.000

      Suka

  32. ganti spatbor asli kira” berapa bro !!!

    Suka

  33. bang klo saep bagusan pake knalpot apa yah,,yg gak terlalu cempreng bgt suaranya

    Suka

    1. Knalpot aftermarket atau knalpot standar nih bro?

      Suka

  34. fu lo gw liat fairing sampingnya lo pake jaring putih yah

    Suka

  35. bos fu yg 2011 lebih berat yah bos,,gw liat di buku panduannya masa beratnya 106 kg..sedangkan fu yg sebelumnya cuma 95 kg bos !!

    Suka

  36. untenn ngalangkung, bade ngiring tunaros perkawis satria fu, saria FU ane ditanjakan + ngebonceng suara mesinnya suka kayak ada yg slip didalam, keras bange, apa ya penyebabnya???, mohon informasinya brow…

    Suka

  37. punten ngalangkung, bade ngiring tunaros perkawis satria fu, saria FU ane ditanjakan + ngebonceng suara mesinnya suka kayak ada yg slip didalam, keras banget,apa ya penyebabnya???, mohon informasinya brow…
    nb:
    berat ane 50 kg,boncenger 60kg

    Suka

  38. mas, saya mau tanya, saya baru semingu beli fu, saya juga mengikuti anjuran petunjuk penggunaan pada manual book nya, tapi yang masih saya heran itu, masalah pada penggantian gearnya, sewaktu kopling di tarik dan saya mengganti gear, dan pada saat saya hendak menarik gas dari full hingga setengah, keadaan laju motor nya masih statis, alias masih dalam keadaan diam, berbeda bila saya melepas koplingnya dari setengah hingga lepas, barulah motor tersebut mau berjalan.

    pertanyaannya, apakah stelan fu memang begitu?
    apa mungkin saya yang belum begitu adaptasi dengan fu?

    terima kasih
    🙂

    Suka

  39. aku dah nyoba yg 2010 standard dari magelang-jogja,,top speed bsa 120km/jam,,pkai premium,,itupun gas blum mentok,,takut,,alhamdulillah bulan ini dah beli yg 2012 wrna briliant white pearl flash green,,

    Suka

  40. mas, pernah turing atau jalan jauh ga?
    Kalo pernah, bisa dong diceritain pengalamannya, atau kepegelennya 😀

    Suka

    1. pernah bro.. tapi untuk test konsumsi bbm BRO… 🙂

      Suka

  41. NR Sugihartono | Balas

    Sory telat bgt nimbrung..ane baru beli satria neh..masih inreyen tp bensinnya kok 1liter pertamax cuma 33km ya gan…hadehhh

    Suka

    1. Cara mengendarai motor juga mempengaruhi konsumsi bbm gan….

      Suka

    2. NR Sugihartono

      Ane kendarai maksimal 6000rpm klu kecepatan skitar 40-50kpj…ane ikuten buku petunjuk

      Suka

Tinggalkan Balasan ke wendakalubis Batalkan balasan