TES KNALPOT HONDA CBR150, NAIK 1 DK !!!!


Honda CBR150R baru nongol. Dipastikan sebagai kuda besi yang diminati pecinta adu kebut. Dan sudah tentu akan dinaikkan performanya. Paling pertama diganti tentu knalpot. Selain dongkrak penampilan dan power, suaranya yang menggelegar dipastikan jadi lebih macho.

Dan yang paling duluan meluncurkan untuk CBR150R yaitu produsen R9 atau Racing Generation. “Ada dua tipe, yaitu New Mogello dan New Motegi. Bedanya dari desain silencer,” jelas Sjefry Ganie alias Jerry, bos R9.

New Motegi desain silencer oval mirip knalpot luar macam Akrapovic. Sedang New Mugello, bulat dengan kelir steinleess kebiruan.

Untuk membuktikan kehebatan knalpot dari bahan stainless steel ini, diuji menggunakan Dynojet 250i milik Bintang Racing Team (BRT). Dynotest ini dipastikan lebih akurat dan kurvanya bisa dibaca.

Pertama tes menggunakan knalpot standar dulu. Operator dynotest yaitu Rey Ratukore yang sekaligus pembalap BRT. Ketika masih menggunakan knalpot standar, power yang keluar 15,22 dk dengan torsi maksimal 8,25 ft-lbs.

Selanjutnya pasang knalpot R9 tipe New Motegi yang punya silencer oval. Tanpa penyesuaian apa-apa langsung bisa geber. Power yang dihasilkan tembus 16,21 dk dan torsi 8,80 ft-lbs.

Berarti kenaikan powernya mencapai 1 dk. Sedangkan kenaikan torsi 0,55 ft-lbs. Untuk ukuran motor 150 cc, kenaikan ini sudah bisa dianggap besar. Apalagi kurvanya selalu berada di atas standar. Berarti power dan torsi ngisi terus dari rpm bawah sampai atas.

Jajal juga knalpot R9 New Mogello dengan desain silencer bulat. Karakternya lebih smooth dibanding oval. Power yang dihasilkan mencapai 16,17 dengan torsi 8,61 ft-lbs. Bagus untuk top-speed.

Sebagai catatan, mesin 4-tak yang efisien, dari knalpot kerap timbul gejala nembak. Untuk mengantisipasi itu, produsen knalpot R6 pasang tembolok di leher knalpot. Desain seperti ini ada pada knalpot FMF yang biasa dipakai di motocross. Namun sudah dikembangkan lagi sesuai dengan cc motor lokal.  Tertarik??

(motorplus-online.com)

31 responses

  1. knalpotnya aja bisa 2 jtan, mending beli CBR 250r aja sekalian..tenaga udah pasti lebih besar.

    Suka

  2. lah berarti ‘pencerdasan’ otongModip donk.. katanya dulu power New CBR 150 = 19.5 HP !!! 😯

    Suka

  3. satu dk itu full apa slip on ?

    Suka

    1. @ Dendy :: sepertinya itu full system dari header sampe silincer, cuma diganti-ganti aja silincernya… 😀

      Suka

  4. Wah ter0mpetnya diganti 😮

    Suka

  5. ooo… Gitu .. Hmm lumayan lah, ninja 250R two brother racing aja cuma naik 0,42 dk kalo gak salah. Ya mungkin setelah setting co sama piggy back bisa 3-4 hp hehehe. Tapi harganya itu loh gak kuat xixixixi ( pengen ide ekstrim mesin nsr 150sp body cbr 150R xixixixi) jadi pas berpapasan rr nyaho tuh.

    Suka

  6. emang kl motor blm keluar tu, pendapatnya amburadul kaya iyo iyoho, katanya dl 19 dk dan dibahas segala macem teorinya, dan top speed orng bule yg 160 km/jam. Masa top speednya sm dg ninja pdhl tenaganya cm 60%nya.? Ndilalah skrng dh ada motornya dites cm dapet 15,.. Dk, ga ada bedanya ma vixion cm beda 1 dk, paling top speednya jg ga beda jauh sm vixion paling cm beda 5 km/jam. Malah g berani tes top speed di sentul.

    Suka

    1. di race logic 1 km 140 km/jam bro.. terus akselnya lebih cepat dari fu, tvs apache apalagi vixion check out otomotif.net deh atau my motobike. terus satu lagi untuk menentukan selisih horse power harus di dyno bareng bro.. 1 mesin

      Suka

    2. Salah bro…15,22 dk itu diukurnya power On Wheel jadi buat cc 150 4-tak jelas paling gede gede..Vixion setahu gw cuma 11, sekian Hp on wheel…ada ulasannya di Otomotif di banding CBR lawas aja kalah….ngukurnya juga di tempat yg sama dyno milik BRT..Top speed ga beda jauh sama Ninja karena Power to weight Rationya gedean CBR…Tenaga yg di hasilkan ninja kudu bawa beban berat rangka dan lainnya lbh besar di banding CBR…ente baca dulu deh teori PWR

      Klo memang cuma beda 5 km/jam, kenapa klo Racing kelas sport 150 cc 4-tak di sentul besar Vixion melempem semua, sampe akhirnya mundur semua dari balap itu???

      Suka

    3. MANTAP NIH ULASAN BRO DENDY AMA ANTO.. SIIP Bro jadi tambah wawasan

      Suka

    1. @ lexyleksono :: harganya Rp. 1.600.000 gan… 😀

      Suka

  7. gan ane butuh masukan nih gan 😀 ane masih SMA gan ane mau ganti knalpot tapi ane takut sama ortu gan 😀 takut ngga di bolehin. menurut agan ane nekat pasang apa engga ya? motor ane kebetulan vixion :mrgreen:

    Suka

    1. @ dimass :: diskusikan dulu sama ortu, boleh apa tidak? klo boleh ya pasang, klo gak boleh ya jangan, ntar kualat…. :mrgreen:

      Suka

  8. @ dimas minta aja ke tokonya bikin db killer terus kalau lo tinggal di sekitar kebun jeruk bawa ke anjany atau ke ngayun speed suruh tukangnya supaya setting db killernya supaya bisa dilepas dan di pasang.

    Suka

  9. wohh..duit segitu campur daun om??..xixiix
    :mrgreen:

    Suka

    1. campur daun dan kertas kuarto…. :mrgreen:

      Suka

  10. Kalo untuk Mongtor Sekelas Astrea Grand ada variannya gak yah 😀

    Suka

  11. Wuuiihh…itungannya jago nih R9..cuma Pnp knalpot aja bisa naek 1 dk-an

    Suka

  12. tuh kan malah jadi tambah mahal (33 jt + harga knalpot 1,6 jt) cuma naek 1 dk..ckckck..blon genti yg laen2 .. tapi terserah sih, duit jg duit lu sendiri ..wkwkwk.

    Suka

  13. HALO BRO.. saya tertarik dengan artikel di atas, pas ” produsen knalpot R6 pasang tembolok di leher knalpot. Desain seperti ini ada pada knalpot FMF yang biasa dipakai di motocross.”
    Nah ISI TEMBOLOOK ITU APA YA? ada diagramnya gak bro?
    tolong jawabannya ya.. thx

    Suka

    1. @ Rangga :: tembolok itu gunanya untuk meminimalisir suara “tembakan” dari knalpot… untuk diagramnya, saya tidak punya… 🙂

      Suka

  14. Itu masang di motor injeksi langsung PnP ya ga pake setting2 ECUnya?
    Biasanya kan dipasangin Piggyback (or juice box klo di 2 Bros)?

    Suka

    1. @ Stevan :: sepertinya PNP, gak ada setting2…. :mrgreen:

      Suka

  15. satu DK tuh apaan yagh cuy????
    ga taw gw..
    jelasin dikit bisa ga???
    plisss..maklum gw kan gaptek!!!

    Suka

    1. noh DK = Daya Kuda = tenaga yang dimiliki mesin motor….

      Suka

  16. tergantung kalibrasi roller tempat dyno, contoh ni antara ultraspeed dengan sportisi di jakarta. mesinnya beda, output data juga beda :). yang jelas sama2 on wheel. di jogja (mototech) pulsar 200 saya tembus 18,3 hp dalam kondisi perawan. anyway tembolok/chamber di pipa ngikut pulsar tuh, lha patennya punya pulsar (exhaustTEC) xixixi :mrgreen:

    Suka

  17. sudah nyoba cbr 150 dan top speed nya hanya 125-130 an..sama dengan v-ixion..hanya akselerasinya jauh lebih cepat

    Suka

  18. 19 dk it mesin CBU thailand brooo…sampek indonesia disunat ama Honda INdonesia biar bisa pake premium…di otomotif ada kok beritanya, atau klo yg ud terlanjur beli di IU asli Thailand bs coba di tes on the wheel nya brp…

    Suka

  19. ha, cuma 130. yg bener aja bro. ane aja nyoba geber cbr ane gigi 4 mentok 11.500 rpm aja dapet 126kpj. hadeh

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: