Yapz….. ini lah NEW JUPITER MX !!!! Dengan perubahan desain mesin dan teknologi pembuatan piston dan materi permukaan silinder, hasilnya, efisiensi sepeda motor berkapasitas 135 cc ini menjadi lebih baik. Tenaga mesin All-New MX lebih besar sedikit kendati diperoleh pada putaran yang sama (lihat tabel).
Secara keseluruhan, penampilan All-New Jupiter MX lebih sporty dan kekar. Kini, roda belakang dilengkapi dengan sepatbor yang berada di bawah rangka belakang. Pada panel instrumen, ada perubahan pada kunci kontak. Yang menjadi perubahan mencolok, kini MX menggunakan dua rem cakram, yaitu di depan dan di belakang
Selain mengamati detail perubahan pada bodi dan mesin, Kompas.com juga sempat mencicipi sepeda motor ini. Performa mesin baru mengalami perubahan karena kini, MX menggunakan kopling manual dan transmisi 5-percepatan. Tali gas MX baru ini juga dibuat ganda agar bisa memperoleh respons spontan ketika dibetot cepat. Perubahan lainnya adalah ukuran ban pelek belakang yang lebih lebar.
Sepeda motor yang diluncurkan pada 25 28 November mendatang ini, kendati berubah total, tetapi harganya tidak banyak mengalami kenaikan. “Diperkirakan sekitar Rp 500.000,” ujar Indra Dwi Sunda, Manajer Promosi PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).
Nah, dengan hadirnya New MX, maka sembako modif pun jadi lebih banyak, Seperti cakram belakang, spatbor kolong, lampu belakang, dan bagi speed freak bisa comot 5 speed_nya.. 😀
Apalagi ini OEM pabrikan, soal mutu dan kualitas tidak perlu diragukan lagi.. 🙂
Spesifikasi Jupiter MX Sekarang vs New Jupiter MX ::
Item | Jupiter MX Sekarang (55S) | All-New Jupiter MX (50C) |
Dimensi (mm) :: | ||
Panjang | 1.960 | 1.960 |
Lebar | 695 | 695 |
Tinggi | 1.080 | 1.080 |
Jarak sumbu roda | 1.255 | 1.255 |
Berat (kg) | 111 | 116 |
Kapasi tangki bensin | 4 liter | 4 liter |
Mesin :: | ||
Tipe | 4-langkah, 4-katup, SOHC, Berpendingin cairan |
4 -langkah, 4-katup SOHC, Berpendingin cairan |
Jumlah silinder | Tunggal Tegak |
Tunggal Tegak |
Kapasitas | 134 ,4 cc | 134,4 cc |
Diameter x langkah | 54,0 x 58,7 mm | 54,0 x 58,7 mm |
Perbandingan kompresi | 10,9 : 1 | 10,9 : 1 |
Tenaga kW (PS) @rpm | 8,93 (12.14) @8.500 | 9,21 (12.52) @8500 |
Torsi Nm (kgf.m) @rpm | 11,79 (1,20) @6.000 | 12,14 (1,24) @6.000 |
Sistem starter | Elektrik & Kick | Elektrik & Kick |
Kopling | Basah | Basah |
Kapasitas oli mesin | Total 1,15 liter Ganti reguler: 0,94 liter |
Total 1,15 liter Ganti reguler : 0,94 liter |
Pasokan bahan bakar | Karburator BS25 -58 | Karburator BS25-58 |
Kopling | Basah, sentrifugal, multiplat | Basah, manual, multiplat |
Transmisi | Rotary, 4-kecepatan | Return, 5-kececepatan |
Pola perpindahan gigi | N-1-2-3-4-N | 1-N-2-3-4-5 |
Rangka :: | ||
Tipe | Diamond | Diamond |
Garpu depan | Teleskopik | Teleskopik |
Suspensi belakang | Lengan ayun, Monocross | Lengan ayun, Monocross |
Ukuran ban depan | 70/90-17M/C 38P | 70/90-17M/C 38P |
Ukuran ban belakang | 80/90-17M/C 44P | 100/70-17M/C 49P |
Rem depan | Cakram | Cakram |
Rem belakang | Tromol | Cakram |
Sumber : Kompas.com dan Facebook tester otomotif
emang benar th,ubahan begitu byk cuma naik 500 ribu?
SukaSuka
Karburator mx yg lama adalah mikuni vm22 oi
SukaSuka
lebih yahut ya…..!!!!
SukaSuka
tolong dong infonya dimana cara modif yamaha byson, ataudi mana toko yang bisa pesan acsessoris yamaha byson
maksih……….
SukaSuka
[…] NEW YAMAHA JUPITER MX […]
SukaSuka
kerenzzz ….lah
SukaSuka
Lebih terasa motor sport ya, dengan pola perpindahan gigi seperti yang di aplikasikan di seri kopling manual nya.
^_^
SukaSuka