NEW YAMAHA JUPITER MX


Yapz….. ini lah NEW JUPITER MX !!!! Dengan perubahan desain mesin dan teknologi pembuatan piston dan materi permukaan silinder, hasilnya, efisiensi sepeda motor berkapasitas 135 cc ini menjadi lebih baik. Tenaga mesin All-New MX lebih besar sedikit kendati diperoleh pada putaran yang sama (lihat tabel).

Secara keseluruhan, penampilan All-New Jupiter MX lebih sporty dan kekar. Kini, roda belakang dilengkapi dengan sepatbor yang berada di bawah rangka belakang. Pada panel instrumen, ada perubahan pada kunci kontak. Yang menjadi perubahan mencolok, kini MX menggunakan dua rem cakram, yaitu di depan dan di belakang

Selain mengamati detail perubahan pada bodi dan mesin, Kompas.com juga sempat mencicipi sepeda motor ini. Performa mesin baru mengalami perubahan karena kini, MX menggunakan kopling manual dan transmisi 5-percepatan. Tali gas MX baru ini juga dibuat ganda agar bisa memperoleh respons spontan ketika dibetot cepat. Perubahan lainnya adalah ukuran ban pelek belakang yang lebih lebar.

Sepeda motor yang diluncurkan pada 25 28 November mendatang ini,  kendati berubah total, tetapi harganya tidak banyak mengalami  kenaikan. “Diperkirakan sekitar Rp 500.000,” ujar Indra Dwi Sunda, Manajer Promosi PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI).

Nah, dengan hadirnya New MX, maka sembako modif pun jadi lebih banyak, Seperti cakram belakang, spatbor kolong, lampu belakang, dan bagi speed freak bisa comot 5 speed_nya.. 😀

Apalagi ini OEM pabrikan, soal mutu dan kualitas tidak perlu diragukan lagi.. 🙂

Spesifikasi Jupiter MX Sekarang vs New Jupiter MX ::

Item Jupiter MX Sekarang (55S) All-New Jupiter MX (50C)
Dimensi (mm) ::
Panjang 1.960 1.960
Lebar 695 695
Tinggi 1.080 1.080
Jarak sumbu roda 1.255 1.255
Berat (kg) 111 116
Kapasi tangki bensin 4 liter 4 liter
Mesin ::
Tipe 4-langkah, 4-katup, SOHC,
Berpendingin cairan
4 -langkah, 4-katup SOHC,
Berpendingin cairan
Jumlah silinder Tunggal
Tegak
Tunggal
Tegak
Kapasitas 134 ,4 cc 134,4 cc
Diameter x langkah 54,0 x 58,7 mm 54,0 x 58,7 mm
Perbandingan kompresi 10,9 : 1 10,9 : 1
Tenaga kW (PS)  @rpm 8,93 (12.14) @8.500 9,21 (12.52) @8500
Torsi Nm (kgf.m) @rpm 11,79 (1,20) @6.000 12,14 (1,24) @6.000
Sistem starter Elektrik & Kick Elektrik &  Kick
Kopling Basah Basah
Kapasitas oli mesin Total  1,15 liter
Ganti reguler: 0,94 liter
Total 1,15 liter
Ganti  reguler : 0,94 liter
Pasokan bahan bakar Karburator BS25 -58 Karburator BS25-58
Kopling Basah, sentrifugal, multiplat Basah, manual, multiplat
Transmisi Rotary, 4-kecepatan Return, 5-kececepatan
Pola perpindahan gigi N-1-2-3-4-N 1-N-2-3-4-5
Rangka ::
Tipe Diamond Diamond
Garpu depan Teleskopik Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun,  Monocross Lengan ayun,   Monocross
Ukuran ban  depan 70/90-17M/C 38P 70/90-17M/C 38P
Ukuran ban belakang 80/90-17M/C 44P 100/70-17M/C 49P
Rem depan Cakram Cakram
Rem belakang Tromol Cakram

Sumber : Kompas.com dan Facebook tester otomotif

Iklan

9 responses

  1. emang benar th,ubahan begitu byk cuma naik 500 ribu?

    Suka

    1. az147r :: mudah2an saja bener, kan itu kata petinggi YMKI… 😀

      Suka

  2. Karburator mx yg lama adalah mikuni vm22 oi

    Suka

  3. lebih yahut ya…..!!!!

    Suka

  4. tolong dong infonya dimana cara modif yamaha byson, ataudi mana toko yang bisa pesan acsessoris yamaha byson

    maksih……….

    Suka

    1. @ sunarto :: silahkan liat2 dulu artikel ini -> https://agoey.wordpress.com/2010/10/20/warna-warna-yamaha-byson/ <– klo untuk aksesoris yang saya tau yang baru ada itu CDI BRT dan Knalpot NOB1 Tribold Series, buat upgrade performa byson… semoga berguna 🙂

      Suka

  5. kerenzzz ….lah

    Suka

  6. aji putra jiwatama | Balas

    Lebih terasa motor sport ya, dengan pola perpindahan gigi seperti yang di aplikasikan di seri kopling manual nya.

    ^_^

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: