welcome…… kali ini saya mengadakan tes “lagi” konsumsi bbm suzuki satria fu…… :mrgreen: Ini adalah artikel ke-5 saya tentang tes konsumsi bbm si fu…kalau di ke-4 artikel saya sebelumnya tidak menggunakan SDMS(Suzuki Driving Mode Selection) alias main hajar lurus-lurus saja.. :mrgreen:

Pada artikel ini saya menggunakan SDMS ECO….disimak baik-baik ya… :roll:

SDMS ECO MODE adalah sebuah fitur Suzuki untuk memilih mode berkendara agar hemat bahan bakar..metodenya dengan kedipan lampu indikator RPM yang mulai berkedip pada 4500 – 5500 rpm dan akan menyala pada 5500 rpm keatas. Ya…..hanya kedipan lampu…. kedipan-kedipan lampu ini lah yang memberi tahu bahwa rpm sudah memasuki Eco area dan harus oper persneling yang lebih tinggi…

SDMS ini tidak akan mengkebiri mesin ketika melewati ambang batas RPM Eco mode…. jadi tenang saja..ini hanya kedipan lampu..dan tidak ada pengaruhnya ke mesin….

KONDISI MOTOR dan PENGENDARA ::

Motor saya masih standar pabrik…. Tekanan ban normal..Putaran mesin normal..simpelnya pasti kan semua baik-baik saja… :mrgreen: Untuk pengendaranya sendiri…adalah saya yang memiliki berat badan 42 kg…. (langsing mode on) :mrgreen:

JALUR YANG DITEMPUH ::

Posisi saya ada di Bangkinang dan menuju kota Pekanbaru… Trek yang saya lalui adalah Jalan Lintas Pekanbaru-Bangkinang – HR Soebrantas – Soekarno-Hatta-Tuanku Tambusai-dan Sudirman Pekanbaru…

CARA BERKENDARA ::

Cara berkendara saya dalam tes ini menggunakan aturan SDMS ECO Ride….yang artinya saya berkendara dengan mempertahankan ritme motor tidak lebih dari 6000 rpm dengan kecepatan maksimal 75 km/jam dengan gear 6… dan saya mengoper persneling saat takometer menunjukkan angka 5500 rpm..

Konsumsi BBM ::

Nah ini…pokok pembahasan di artikel ini…. Sebelum melakukan test…saya mampir dulu ke SPBU kota Bangkinag..isi bbm sampe Full tank..bbm yang saya gunakan adalah PREMIUM…. saya yakin dan percaya bro n sist lebih banyak menggunakan premium… :mrgreen: Jepret dulu speedometer sebelum jalan…::

dan….perjalanan jauh pun ditempuh dengan cara berkendara diatas….. santai tapi pasti…. bbm pun mulai berkurang…. saatnya mampir ke SPBU…. saya mengisi PREMIUM lagi di SPBU Sudirman Pekanbaru….. sebanyak 1,77 liter Premium…..:

Yah…meluber dah tuh… hehehe….. minggir dulu..trus jepret lagi speedometernya setelah isi bbm… :

yuuuuuk…….hitung-hitung……. Odometer pas isi bbm di Pekanbaru 15139,8 dikurangi odometer saat awal test dari Bangkinang 15077,5 dibagi bbm yang diisikan ketangki 1,77 liter…dapatnya 35,19 km/liter…..

hmmmmm…ternyata lumayan juga..walaupun tidak terlalu signifikan bedanya dengan test sebelumnya…. Semoga bermanfaat… :-)

Artikel terkait ::

1. TEST :: KONSUMSI BBM PREMIUM SUZUKI SATRIA FU VIA JALAN ANTAR KOTA

2. TEST :: KONSUMSI BBM SUZUKI SATRIA FU 2011

3. TEST :: KONSUMSI BBM PREMIUM SUZUKI SATRIA FU

4. TEST KONSUMSI BBM SATRIA FU VIA JALUR LINTAS ANTARKOTA

About these ads