HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH MEMBELI SATRIA FU Bag.3


Yah… ini adalah artikel 3 tentang Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Membeli Satria Fu..setelah pada artikel pertama bahas tentang ban dan artikel kedua membahas tentang kunci ganda… 🙂

Pada artikel ini…saya akan bahas mengenai kaliper rem depan si Fu… simak baik-baik ya… 😀

3. Kaliper Rem Depan

Lha…kenapa kaliper rem depan masuk kategori harus bro?? hemm…sebenarnya gak harus juga sih…ini kan cuma saran aja kalau masih punya duit lebih setelah nebus si Fu… 😀

Gini bro sekalian….ini adalah pendapat pribadi saya yang bersifat subjektif..ingat subjektif….!!!! menurut saya kaliper rem depan satria fu yang 2 piston itu kurang  pakem dibanding rem belakangnya yang cuma 1 piston…. 😯 Hal ini saya rasakan saat beberapa kali melakukan hard breaking…dimana rem depan kurang mampu mengurangi kecepatan motor pada saat kecepatan diatas 80 km/jam..padahal ban belakang sudah ngepooot kekanan karena terkunci rem belakang yang cuma 1 piston..!!! Apakah di kaliper rem depan tertanam semacam ABS yang tersembunyi  ya?? sehingga bisa mencegah rem ngunci saat hard breaking?? 🙄

Nah..solusinya bisa ganti ja tuh kaliper..ini klo masih punya duit sisa lho ya..klo gak ada ya gak apa-apa…cukup berhati-hati saja mengendari Si Fu yang bertenaga badak itu… oke? 😀

Kalau mau ganti kaliper rem depan..dipasaran ada banyak kok.. tapi ingat pilih lah yang berkualitas… !!! ada merk Nissin jepang, KTC, Tokico, AHRS, dan lainnya… untuk kaliper depan pilih aja yang 4 piston biar makin pakem tuh rem depan.. harganya dimulai dari 500 ribuan… di speed shop atau toko variasi ada banyak tuh… 😀

 

Atau…kalau mau aman biar gak pusing…dan ketipu dengan barang imitasi… bisa nebus kaliper belakang si Fu yang merknya Nissin 1 piston yang terbukti pakem..untuk harganya sendiri Rp. 500 ribu… atau mau pakai kepunyaan NINJA 250 juga boleh.. silahkan pilih sesuai budget yang tersedia…. 😀

Demikian lah artikel ini saya buat berdasarkan pandangan dan pendapat subjektif saya sendiri…… ngomong-ngomong adakah bro semua merasakan apa yang saya rasakan terhadap rem depan satria fu?? silahkan di share pada kolom komentar… Trima kasih…. 😀

52 responses

  1. penyakit rem depan 2 piston biasanya karena salah 1 piston macet/seret. bisa jadi karena berkarat/kotor. harus dicek juga..
    kalo mau ganti 1 piston bisa pake punya jupiter MX, GL Pro. tapi bisa gak ya?

    Suka

    1. Tapi punya saya masih sehat2 aja bro…. bisa ja..paling bikin bracket kaliper baru.. 😀

      Suka

    2. klo mau pakem jangan ganti kaliper mas..ganti aja brake padnya pke produk2 aftermarket semacam daytona..pilih yang brakepad racing..dijamin lebih pakemmm

      Suka

  2. pake kaliper rxking/rxz yang 1 piston, pakem banget, ngerem cukup 2 jari. hehe..

    Suka

  3. coba lakukan ritual kuras angin dr rem cakram depan ato ganti seal piston master rem ny (tentu dgn barang asli)…coz di satriaFU ane malah bs stopie pake cakram standar bawaan pabrik suzuki
    *bawa aja ke BERES nya bro, ceritakan detail soal cakram depan ny good luck y

    Suka

  4. apalagi pas hujan rem depan licin…
    imho kalau rem belakang lebih pakem mungkin karna distribusi berat motor lebih banyak kedepan…

    Suka

  5. Punya vixi,cukup 1 jari sudah njut-njutan

    Suka

  6. kalo yg di rumah, sampek kejedot spakbornya masbro. Padahal shok depan ngak pake turun…

    Coba di seting oil dlm shok depan.di bikin lebih empuk. Pasti pakem…

    Suka

  7. nice inpoh buat yg punya FU :mrgreen:

    Suka

  8. Maaf Mas ini pendapat Pribadi Saya;
    sebenarnya Rem depan standar FU sudah pakem kok,, trus kenapa yang belakang ngeLock tapi yang depan belum..?? Mungkin saja shoesrem depannya kotor dan beban FU mang berat ke depan (apalagi yang depan sudah di ceperin shocknya).. IMHOO & CMIIWW…

    Suka

  9. standart aj deh.. atau ditambah pake rem torpedo..

    Suka

  10. wow harus ganti rem?? 😯 tapi memang gaya pengereman tiap orang beda2..

    Suka

  11. menurut saya yang perlu diganti bukan remnya, tapi shokbrekernya. gemeter kalo dipake hardbraking. rem depan kurang pakem salah satu sebabnya kampas belum “sehati” dengan piringan. biasa buat motor baru

    Suka

  12. Wah, ban mah ga boleh ngunci masbro, yg ada ndlosor malah 😀
    mnurut ane, yg harus diganti tu karbu na, pake pwk / tmr 28 😀

    Suka

  13. Saran, mending ganti piringan lebar sperti PsM dll. Dijamin maknyusss….

    Suka

    1. piringannya dah lebar om :mrgreen:

      Suka

  14. betul, rem depan fu itu sudah pakem, apalagi dibantu dengan disc brake extra lebar, daya gesek dengan kampas jadi semakin lebar dan menjadi pakem

    Suka

  15. Resep biar pakem:
    – ganti disc yang lebih lebar,
    – ganti oli rem pake yang DOT 4 (yang merk Sicken DOT4 lebih bagus daripada Prestone DOT4..)
    – Ganti kampas pake punya Ninja (90rb-an).

    dijamin mak nyos..!

    Suka

  16. hadi aryanto | Balas

    kalo dari saya ceh mungkin karna 2 piston,,,nahh pada saat kita breake ada salah satu piston yg jammed jdi kemampuan breakenya kurang maksimal….

    Suka

  17. toe krnha kndcIx brhat dphn bro
    mngkx gag pakem
    pha lghe lw cokx d ptng

    Suka

  18. rem depan terlalu pakem justru bahaya. apalagi lebih pakem dp rem blakang.

    Suka

  19. Re Xsa Siicwogantengg | Balas

    bro bagi yg suka freestyls gw kasih saran ajhh.
    ban depan ganti sama yg standar terus cakram ganti sama cakram agak lebarr terus kampas ninja yg 90 ribuan biar stupie jadi bagus and turn nya jadi gak terlalu menyakitkan bagi si ban,
    nahh bagi yg suka drag gw kasih saran laqii.
    loe harus punya nyali besar bwat ngendarai motor satria fu mu.
    nahh saat satria fu loe itu lari kenceng loe harus pegangan and gas yg spontan loe haruss punya nyali besar lahh pokok nya.

    bwat yg suka freestyls and drag thankz bro.

    Suka

  20. klu blh saran,,, mungkin ga harus ganti smua deh kan mahal,, pengalaman ane cukup ganti slang rem nya aja yg pke TDR / yg lainya,, (80rb an) dijamin bs mak nyos,,,

    Suka

  21. bang agoey,
    satria kira-kira kapan lagi y keluar striping baru satria??

    Suka

    1. belum tau gan….

      Suka

  22. Kurang pakem,skrg sy ganti kampas rem depan pakai kampas ninja rr,sip udah pakem,dimensi sama,tinggal p n p,cm harganya agak mahal, skt 90 ribuan

    Suka

  23. wah masbro.. Gx pakem bagaimana..
    Justru menurut ane terlalu pakem
    handle cukup di tekan 2 jari udah enjot”an..
    Tambah lg rem belakang yg minta ampun pakem nya.. Ampe sering ngesot ban belakang fu ane..

    Coba agan bandingkan sama motor” sekelas dengan roton yg ukuran nya standar.. Pasti bakalan ngerasa gx pakem bngt..

    Suka

  24. so kalau mau ganti piringan cakramnya berapaan yaHH???

    Suka

  25. ane punya fu sejak 2008 bro, ngerasain juga soal rem depan yg ngga se-pakem rem belakang, mungkin emang desain safety nya gitu kali ya?

    Suka

  26. gan kalo nyuci satria fu itu speedometer disiram pake air gapapa? gmn cara mencuci satria fu yg benar ? mohon pencerahan …:d

    Suka

  27. Satria remnya dah pakem lho gan.. lebih pakem dari rem Supra x 125 R , New Mega Pro, New Jupiter MX ataupun CS1.

    wah, kalau ampe diganti, terutama re depan.
    bisa-bisa pada stopi gan.. bahaya malah.

    tujuan Suzuki merancang rem Satria ya seperti itu. untuk safety.
    bayangkan aja misal ente bawa Satria FU 100 kmh, terus rem satria dah ente ganti yang lebih pakem..

    abis itu ente Hard breaking…
    bisa – bisa ente kelempar ke depan dan Satria FU stopi.
    lah Satria F aja bobotnya cuma +- 100 kg.
    bisa2 Satria Ente jomplang ke depan.

    Suka

  28. hahaha…lebey bgt sih pengendara fu.msk motor larinya kayak cacing aja bilang tenaga badak, bahkan ada yg blg lbh kenceng dr ninja 2t.haduw imajanasinya terlalu tinggi….wkakakaka. Piss bro

    Suka

  29. anggi kurniawan | Balas

    rem dpan sya ska nyntok2 kalo di rem.. kira2 knapa yh????

    Suka

  30. Bener Banget Bro, Aku bru puX FU Si Hijau Android, Pas aku bawa tiba2 ada mobil ngerem mendadak, Cakram depanX seperti gak pakem, untuk jaga2, Tetap memakai Engine Brake, yang udah di sarankan di buku petunjuk saat membeli…. 🙂

    Suka

  31. bro.gue mo nanya nih.gue dah make tuh yang 4piston, sekarang kesulitan saya adalah mau ganti kampasnya, susah bgt nyarinya, dimana saya bisa mendapatkan kampasnya bro???

    Suka

  32. bener bgt.. wktu itu ane hampir nabrak orang bang, akhirnya harus dibantu pake rem belakang, 😦

    Suka

  33. woh gitu yah bro, kurang gigit yah? mesti hati2 dong, lg nabung jg sih buat si FU 😀
    nice share !

    Suka

  34. Nice info bro..
    “7 Keluhan Satria FU terpopuler san Solusinya”
    http://satria155.com/7-keluhan-satria-fu-terpopuler-sepanjang-masa-solusinya

    Suka

  35. Untuk safety pasti udah di rancang bgtu gan, ga mgkn suzuki ga paham klo emang ga ada maksud buat nghasih kaliper yg pakem bgt.
    Masih aja ada yg bandingin fu sm ninja? Bodoh! Ya mnang ninja lah. Ninja lawan nsr sp coba!!

    Suka

  36. hal utama yg mendasar dilakukan menurut saya adalah menganti kedudukan Pedal Kecepatannya sesuai dengan selera ….. karna bawaan pabrikan mudah macet pada saat penukaran percepatan., kedua, penyetelan Stank Motor dengan Pengemudi, dan yang ke Tiga rawatlah motor mu, karena motormu sebahagian dari cerminan dirimu. . . . . .. !

    Suka

  37. ARIEFAN PRAYOGA | Balas

    m’aaf sblum nya ni bg,,kalau saya ganggu, kalau boleh tau ne bang,,yg bunyi sperti krek krek d mesin motor satria fu itu, apa nya yang kena itu bang ?

    Suka

  38. pengeriman 2 piston itu memang dirancang lebih smooth kok mas.. daripada yang 1 piston

    Suka

  39. ganti kampas rem aj selalu di check bro,,,

    Suka

  40. pungsi rem depan semua motor itu sama sebagai rem pembantu saja. rem utama yg wajib pakem itu rem belakang.
    sesuai karakter fu, motor kenceng,ringan dan bertenaga maka rem depan dibuat pakem tp tdk sepakem belakang tujuanya untk menghindari terpelantingnya motor dr pengeriman mendadak saat pengguna melajau kencang tiba2 tanpa sadar menekan(menarik) rem depan.
    Kecuali motor berbobot lebih dari 115 k. sdangkan fu bobot nya hny 95 k. sangat ringan dan bs jungkir balik kalau rem depannya pakem. pungsi rem depan semua motor itu sebagai rem pembantu saja saat motor berjalan pelan2 dan tdk untk pengeriman mendadak saat motor melaju kencang..

    Suka

  41. Saya kira msh pinter pabriknya yg profesor nya ampe botak bikin motor dan merancang motor.
    rem depan fu itu sdh tepat dirancang, kalau terlalu pakem akan sangat berbahaya dng bobot motor yg hny 95 kilO.kenceng pula.

    Suka

Yuuk... Dikomentarin Artikelnya Sob.. b(^_^)d