OBATI PENYAKIT SUZUKI SKYWAVE


Selain kelebihannya sebagai motor matik dengan kenyamanan dan kestabilan serta desain jempolan, Suzuki Skywave 125 memiliki beberapa ciri khas yang sering dikeluhkan penggunanya.

Pertama adalah tarikan awal yang berat terutama di putaran bawah (20-40km/jam). Kadang diiringi suara ngorok dan muncul hentakan, yang sepertinya bersumber pada v-belt.

Wajar jika beberapa konsumen mengeluhkan konsumsi BBM yang boros, 1:25 – 1:30, Bahkan disebuah milis ada yang mengeluhkan Skywave sudah nenggak bensin 2 liter untuk jarak 45 km saja. Sudah begitu, setelah jarum spido menunjuk angka 80km/jam,  rasanya kecepatan sudah tidak bisa lagi ditambah. wah wah…

Nah, berikut ini pengalaman pribadi OP ketika melakukan servis rutin Skywave. Menurut seorang mekanik di bengkel resmi Suzuki yang ada di kawasan Jl. Embong Malang, Surabaya (depan JW Marriot), sebenarnya penyakit Skywave ini ada obatnya.

“Per CVT orisinal bisa diganti produk aftermarket. Kebetulan saya pakai merek ARB. Cuma Rp 60 ribu lengkap dengan per sentrifugalnya sebanyak 3 biji,” buka Yanto, nama mekanik itu.

Menurut Yanto, karena per CVT ini lebih empuk ketimbang milik Skywave, maka tarikan bawah akan menjadi lebih cepat. “Otomatis  akselerasi di putaran bawah lebih cepat dan BBM lebih irit.” tutur Yanto yang ngaku kerap menerima order ganti per CVT ini.

Merasa Penasaran, OP pun coba-coba. Maklum Skywave Night Rider III besutan OP juga mengalami penyakit-penyakit ini. Dan ternta hasilnya…. dahsyat !!!

Gas dibuka sedikit motor langsung lari. Dan setelah gas terus dibuka dengan dirunut, kecepatan 100 km/jam bisa cepat diraih, itu pun gas belum habis. Padahal awalnya kalau sudah 80km/jam rasanya sudah mentok. Sensasi V-belt selip dan suara ngorok pun hilang dengan sendirinya.

Dan masih ada lagi efek pergantian per CVT dan per sentrifugal ini, BBM jadi irit. Jika semula berkisar 1:35 untuk pemakaian dalam kota dengan bensin Shell Super, kini bisa 1:40. Bahkan jika lalu lintas lengang seperti malam hari, bisa lebih irit lagi.

Pengin coba? Ongkos pasangnya cuma Rp 20 ribu. Dan sssttt…. Dari sumber OP yang lain, kabarnya ada bengkel resmi Suzuki yang mau menerima order ganti per CVT ini tanpa menghilangkan garansi lho.. karena memang cuma ganti per saja tanpa memodifikasi mesin sama sekali.

Sumber : OTO PLUS

About these ads

78 responses

  1. klo dipake ke spin bisa juga nga?

    Suka

    1. @ az147r :: silahkan di coba, klo berhasil, bagi di sini ya.. :-D

      Suka

  2. mantap ini, bakal langsung dicoba saat servis gratis ke 2….
    thanx gan beritanya…

    Suka

  3. coba ah.
    Tapi punyaku bisa 1:38 kok.

    Suka

  4. harga per brp 1setnya mas?
    motor sya SW NR3 >>> sher pakai smash stndr, cdi varro n coil kitaco, spuyer 15 pny spin, roller sling 13 n bawaan, per cpt pakai pny TDR 1500…tpi ko masih kurang ya atasnya pa lgi bwat tmbusin 100km/jam lama bgt naiknya…
    pliss bntuannya>>>>>>
    pa da yg slh??

    Suka

    1. @ adith :: Harga per yang mana??
      wah modifikasi mesinnya udah cukup dalam juga, modifikasi mesin skutik berbeda dengan modifikasi mesin bebek atau sport, jadi jika ingin modifikasi mesin skutik, lebih baik di serahkan pada bengkel atau mekanik yang paham dengan mesin skutik.. smoga berguna.. :-)

      Suka

      1. mas bro…mau tanya tuh per-nya klo di jkt merk ARB ada gak yah? tks

        Suka

  5. SW gw taun 2010 warna putih kemaren ganti per CVT vario ama tuker pilot jet ukuran 15 yang buat spin. Tarikannya sih enak banget. Top speed 115km/h nyampe. Tapi bensinnya ga tahan. Sekarang 1:20 doang. Ada solusi ga nih gan?

    Suka

    1. @ SW Putih :: Coba terapkan jurus yang di artikel ini, semoga membantu.. :-)

      Suka

    2. pake per cvt vario di sw emang bikin boros bensin coz terpancing untuk betot2 gas terus :D

      Suka

  6. Sipp2. Gan, perbanyak tips tentang skywave dong. Karena ini motor manteplah sebenernya. Thanks gan.

    Suka

  7. Whaduh menarik nih Bro….tp di daerah gampang gak ya nyari PER CVT ARB nya? Itu PER khusus utk skywave atau biasa dipakai matic lain juga??

    Suka

    1. @ caspro :: klo daerah pinggiran kota agak susah mungkin, tapi klo gak ada coba aja pakai merk lain, seperti KTC atau Yoshimura misalnya…

      Suka

  8. klu buat skydrive bs ga ya ?

    Suka

  9. beres yg bgs di jaktim di mana ya…..

    Suka

  10. tolong dong agan2 yg baik kalo ada info tntg SW dan beres yg bgs krm ke wonnge3511@gmail.com matur nuwun….

    Suka

  11. gan tolongin ane nich….ane punya SW NR II, motor ane nie kalo tarikan diatas 50 KM keatas bunyi dengunan jadi ane gak nyaman pakenya, ane dah service motor nie nyampe abis 1,2 juta tp tetep ga ilang, tolong masukanya yah gan….thanks

    Suka

    1. @ wildan :: silahkan coba tip diatas bro… mudah2an ilang tu suara….

      Suka

  12. bagus mnh ARB,sama gforce dan TDR tlg gan infonya makasih….

    Suka

    1. @ joey :: bagus itu dapat diukur dari kualitasnya dan saat pemasangan pas, tanpa ada modifikasi lanjutan buat parts tersebut, serta harga yang sesuai di kantong.. :mrgreen: Saran saya, lebih baik pakai ARB atau TDR…

      Suka

  13. pernya yg ukuran berapa yg lebih enteng ,,
    1500 atau 2000 rpm …:D

    Suka

    1. sw kalo pake per cvt rpm tinggi emang tarikan awal bagus tapi mesin menderu/mendengung. per cvt standar sw kabarnya cuma 800 rpm.

      Suka

    2. kalo untuk mesin standar sih maximal pake yg 1200rpm

      Suka

  14. Ikutan Gan.: Ane jg pake SW 2010, prnah ganti per CVT pake yg 2000 RPM kawahara ternyata kurang memuaskan, akselerasi emang bagus tapi susah ngacir. lebih baik pake yg 1000 RPM aja gan Lbh Enteng….

    Suka

  15. mas, saya sudah nyoba nyari per CVT ama centrifugal after market diatas buat skywave susah nemunya di kota cirebon. barangkali ada yg berbaik hati mengirimkan kepada saya, mohon hubungi ekowiryo@gmail.com, ongkos saya ganti. thanks before.

    Suka

    1. @ ekofn :: silahkan kontak nomor handphone diatas aja bro…

      Suka

  16. NB. : saya kmrn cuma nemu per centrifugal 3 bj merk KTC, tp buat yamaha mio. Yg per CVT adanya yg standard, susah buangett nyari after market punyanya skywave.

    Suka

    1. per centri mio bisa dipake buat skywave kok

      Suka

  17. < bingung, gak bs nemu no hp yg dimaksud (sori gaptek mas).

    Suka

    1. @ ekofn :: wah maaf bro.. maksud ane alamat bengkel yang tertera di artikel…. :roll:

      Suka

  18. klu enak na gan pake CVT vario berapa RPM ,,bsa kan untk ke SW….
    tlong bntu saya gan bingung ane…

    Suka

  19. owh iya klu pke itu trikan topspeed na bgus jga kan..

    Suka

  20. emang kalo pake per cvt ori vario jadi boros y ?

    Suka

  21. kalo buat hayate bs gak ya

    Suka

  22. per cvt skywave, skydrive, spin, hayate itu sama semua ukurannya

    Suka

  23. aku udh nyari per cvt merk ARB, tp ngak ada, yg ada merk TDR 1000 RPM, bs gak dpk buat hayate, maklum aku dr aceh NAD, mhn djwb mas

    Suka

  24. salam bro..orang baru ni baru gabung..saran ente ganti cvt dengan produk alfmart di motor skywave aku udah aku coba.. dengan 1500 rpm, merk “KTC” larinya emang OK, tapi ko konsumsi bahan bakarnya sama aja, malah cenderung boros? gimana bro solusinya

    Suka

  25. sebelumnya gw ucapin thx berat atas infonya, gw dah coba ganti per CVT doang, sentrifugalnya gak ganti, pake merk KTC yg 1000 rpm, hasilnya bunyi cit cit nya hilang dan getarannya juga hilang top speed tembus 110 kpj yg sebelumya hanya bisa 105 kpj, harga per CVT nya doang 65 ribu perak gw beli di kebon jeruk 3 jakarta

    Suka

  26. bisa ga mas cara ini dipakai ke hayate? cocok ga per nya? thx

    Suka

  27. bos ,,,,, dmana bli per cvt sky wavenya….tolong info ya

    Suka

  28. saran sy untuk semua sistem kerja CVT, pir sentrifugalnya saja yg diganti cari rpm yang lebih rendah alias lebih empuk supaya waktu pir CVT menekan, kampas langsung merenggang ( mengembang) pada rpm rendah sehingga tidak membutuhkan rpm yang tinggi untuk menjalankan roda, dan pir CVT pake bawaan motor saja, ini sy coba pada spin sy sendiri ternyata banyak perbedaan dibanding aslinya, yang mulanya sy pa ke pasuruan-banyuanngi P-P hbis 70 rb tanpa boncengan, setelah ganti cuma 55 rb PP (pasuruan kota-banyuangi ronggojampi lewat utara) itupun berboncengan, pir sentrifugal pake punya TDR, jangan lupa setelan udara pada karburator cari yang paing tinggi semua bengkel sudah pasti tahu itu

    Suka

  29. martin tobing | Balas

    @DHARUS,..good review boss,..oh ya itu per sentrifugal TDR nya khusus utk suzuki yah ? RPM nya berapa yah boss? saya dah cape nyoba2,..mau yg pasti2 aja,..agar enak tarikan n irit

    Suka

    1. untuk sw pake saja per sentrifugal ori mio yang katanya empuk. kalo saya nyoba pake per sentrifugal ori vario (lebih empuk juga dari bawaan sw). hasilnya mesin jadi gak terlalu menderu ketika awal mau jalan, yang pastinya bikin lebih irit bbm.

      Suka

  30. ya mas martin,,, untuk pirnya sy pakai punya mio, pakai yang 1000rpm karena produk aftermarket untuk Suzuki sangat angel, bhkan tidak ada. klw mau beli caranya pura2 Tanya ke toko onderdil pir genuine milik suzuki( skywave,skydrive,spin) sama, setelah itu Tanya pir aftermarket untuk mio, klw untuk Suzuki g ada, setelah keduanya dapat bandingkan dengan menarik-narik pir tersebut, klw lebih empuk yang milik mio tersebut tapi yng 1000 rpm, itu yang di beli, krena banyak merek bertuliskan 1000rpm, setelah di bandingkan ternyata kenyalnya sama dengan yang aslinya, merek apapun asalkan lebih empuk g apa2,
    gak usah ganti CVT krn merek lain gak sama dengn suzuki, pada Suzuki ujung pirnya ada bengkok ke luar untuk kait ke lubang, klw itu di ganti emang enak juga tapi pengaruhnya pada umur V-beltnya

    Suka

  31. martin tobing | Balas

    @Dharus : hari ini saya coba mengubah per otomatis(sentrifugal) hayate ane, sesuai saran agan, dengan KTC 1500 rpm (pokoknya lebih lembut dr per standar, dan sesuai saran mekaniknya minimal 1500 rpm kalo mau diubah), ternyata yang agan bilang, BENAR, SANGAT2 BENAR,. per cvt yg pernah saya ubah ke 1500 rpm jg saya kembalikan ke standar,..jadi semua kemabali ke standar, kecuali per otomatisnya,..pas dicoba sm mekaniknya, dia bilang,..YANG BEGINI INI “PAS” BUAT HARIAN, tarikan pertama dapet, tengah agak lumayan, top speed ok,.lalu gantian kucoba, ternyata memang ada perbedaan besar,..lalu setelah itu sekalian kubawa ke BERES (krn kebetulan memang saatnya servis rutin yg ke 4) , ganti oli dgn enduron matic,..eh setelah itu, malah makin mantapppp,..well finally ,..thanks a million to agan DHARUS,..n hopefully to all hayate riders should try this (dgn catatan utk pake harian loh ya)….

    Suka

    1. you are welcome bang martin, dan yang jelas rollernya akan semakin panjang umurnya,

      Suka

  32. ada yang lebh murah lagi untuk ganti pir sentrifugalnya, dapat diganti dengan pir rem milik honda genuin yang nota bene lebbih empu jika dibanding denga memakaiyang ori harganya pun lebih murah hanya cuma butuh uang 1500 per biji

    Suka

    1. Seriusan gan pake “per rem” baru denger ane yg ini..klo selama ini pake per centri ktc buat mio yg 1000rpm +per cvt vario..enak sampe 80kpj,mau ke atasnya susah bener..ini karna dimensi per cvt vario yg panjang dan rapat,jadi keburu pernya rapet..

      Suka

      1. ya bisa mas yoko, punya sy udah pake pir rem milik honda, malah lebih enak

        Suka

    2. udah naik om , jadi 2000 :D

      Suka

    3. per sentrifugal ato per rem??

      Suka

  33. kalo buat skydrive bisa gag eaw????
    trus kalo pas mau jalan,,,, ada suara dengungan dan hentakan d bagian belakan,, kaia d gardan itu kenapa ya???

    Suka

    1. ya emang itu kelemahan suzuki, maka ganti aja pir sentrifugalnya, semua sama untuk suzuki, kecuali nex

      Suka

  34. Cr kurangin getar ngorok suzuki +Nambah topspeed
    Kurangin roler 2-3 gram
    Ganti per sentrifugal nouvo/ktc mio 1500/tdr mio 1500
    Per cvt g usah diganti
    Rajin bersih2 cvt
    Gas diurut pelan2
    udah gw coba mantab dah

    Suka

  35. Gan mnta bantuanya ana punya mio soul tarikannya melorot kya yg susah nafas..apa ada yg harus saya ganti…thks sebelumnya

    Suka

    1. @dharus : untuk suzuki nex bisa gk aplikasi per sentrifugalnya pakai per rem honda.. Soalnya top speednya skarang turun dari 110 mjd 80 saja.. Umur motor udah 18000an vbelt + roller ganti ori baru.. Tp tetep aja lari cuman 80an

      Suka

      1. sebenarnya semua bisa asal masangnya telaten, yg jelas pir rem Honda agak angel masangnya karena leher pengaitnya pendek, tapi setelah masuk gk mungkin lepas sendiri, coba aja, saya udah aplikasikan ke sembarang metik, ternyata orang-orang yg make pada bilang ,,,,,,ya,ya… kok lebih enak murah lagi

        Suka

        1. to: bang dharus..
          ane dah coba pake per kampas rem honda.. emang bener tarikan awal enak .. gas dikit langsung melaju.. tapi qo jadi lemot pas ditanjakan ya????

          Suka

  36. mo pesen per CVT ARB (buat SW ane ni gan) ada no tlp yg bs di hubungi?? (mohon Sms/tlp ke no9 ini aja ya gan 0821.5336.1101) daerah jkt selatan.. (atau ada yg tau utk di jkt.. tokonya dimana ya?) thx.

    Suka

  37. CVT ..,
    it tmpatnya dmn??
    Di karbo y?

    Suka

  38. Kalau daerah Jogja nyari per CVT itu di mana ya ?
    Thanks infonya

    Suka

  39. Wah nice info Gan, patut dicoba, memang ini yg slalu jd kendala scutik SW sy, terasa berat di tarikan awal dan larinya menthok di 80Km/jam..–__–!!
    Btw, setelah di ganti per CVT-nya, utk kedepannya ada masalh apa tidak Gan pd CVT itu sndiri dan pd mesin motornya… THX sblmnya N salam workshop.. ^_^

    Suka

  40. Wah mantap ikut mantau om

    Suka

  41. coba aja pake piston thunder yg 125 std ama per sentrifugal ARB/TDR…PAAASTIII JOOOOOS

    Suka

  42. Gw barusan ganti cvt spring (70 rb) dan clutch sentrifugal spring (30 rb/ 3 bh) mio (susah yg kgusus punya SW) pakai merek KYT, kesan setelah penggntian tarikan memang jadi mantab pada putaran rendah, bunyi cit cit dan dredek nya hilang, thx bro atas ilmunya

    Suka

  43. Gan aku minta alamat bengkelnya donk soalnya SWq tarikannya ga bisa mantap?? Balas ya cepet

    Suka

    1. Jl. Embong Malang, Surabaya (depan JW Marriot)

      Suka

  44. Boss, sw night riderku pas ditarik sampe full tarikannya kok melorot ya…. kyk selip di cvt atau v beltnya….. mohon infonya ya mass…

    Suka

    1. sudah dicek belt dan rollernya bro? kmungkinan sudah pada aus…

      Suka

  45. sbnrny smua udh diukur sma pabrikan plus minusnya tp udh krakter mnusia tdk prnh puas. mauny sempurna, ini mnusiawi bngt. kyk ane ni mslh top speed udh prnh nyoba ama mio j msh unggul spin, cuma mslhnya nggeter di setang smpe tngan ksemutan, frodo ganda udh diganjel smbuh sebulan kmbuh lg. ama tarikan awal aduuüh mlintir gas prl agk dlm. overall ckup lh buat mtor seukuran spin. liat m*o tetangga mlh lbih prah suara cvt ksar udh kluar asap jg. 1 lg susahny ngrway suzuki spare part ampun2an

    Suka

  46. moho petunjuk per cvt sw standart brp rpm?
    terus d ganti brp rpm?
    per sentrifugal standart brp rpm?
    d ganti brp rpm?
    mohon infonya????????????

    Suka

    1. silahkan baca2 komentar diartikel ini bro….. udah banyak yang ngeshare info tuh…

      Suka

  47. Kendala dari motor gua dari star pertama, berat skali star pertama, sedah itu kalau pelan2 larunya buasa kayak ngorok

    Suka

  48. Gan gimana caranya ganti per cvt ane bawa kebengkel untuk ganti per cvt vario untuk sw gak bisa !!ada lagi gak yang di ganti klo kita mau ganti per cvtnya !!mohon batunya gan

    Suka

    1. silahkan baca komentar diartikel ini kang bro….

      Suka

  49. D mana ya bisa pesan per tersebut dan bgm cara pasangnya.thx

    Suka

ayo dikomentari artikelnya sob.. ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.843 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: