Selain kelebihannya sebagai motor matik dengan kenyamanan dan kestabilan serta desain jempolan, Suzuki Skywave 125 memiliki beberapa ciri khas yang sering dikeluhkan penggunanya.

Pertama adalah tarikan awal yang berat terutama di putaran bawah (20-40km/jam). Kadang diiringi suara ngorok dan muncul hentakan, yang sepertinya bersumber pada v-belt.

Wajar jika beberapa konsumen mengeluhkan konsumsi BBM yang boros, 1:25 – 1:30, Bahkan disebuah milis ada yang mengeluhkan Skywave sudah nenggak bensin 2 liter untuk jarak 45 km saja. Sudah begitu, setelah jarum spido menunjuk angka 80km/jam,  rasanya kecepatan sudah tidak bisa lagi ditambah. wah wah…

Nah, berikut ini pengalaman pribadi OP ketika melakukan servis rutin Skywave. Menurut seorang mekanik di bengkel resmi Suzuki yang ada di kawasan Jl. Embong Malang, Surabaya (depan JW Marriot), sebenarnya penyakit Skywave ini ada obatnya.

“Per CVT orisinal bisa diganti produk aftermarket. Kebetulan saya pakai merek ARB. Cuma Rp 60 ribu lengkap dengan per sentrifugalnya sebanyak 3 biji,” buka Yanto, nama mekanik itu.

Menurut Yanto, karena per CVT ini lebih empuk ketimbang milik Skywave, maka tarikan bawah akan menjadi lebih cepat. “Otomatis  akselerasi di putaran bawah lebih cepat dan BBM lebih irit.” tutur Yanto yang ngaku kerap menerima order ganti per CVT ini.

Merasa Penasaran, OP pun coba-coba. Maklum Skywave Night Rider III besutan OP juga mengalami penyakit-penyakit ini. Dan ternta hasilnya…. dahsyat !!!

Gas dibuka sedikit motor langsung lari. Dan setelah gas terus dibuka dengan dirunut, kecepatan 100 km/jam bisa cepat diraih, itu pun gas belum habis. Padahal awalnya kalau sudah 80km/jam rasanya sudah mentok. Sensasi V-belt selip dan suara ngorok pun hilang dengan sendirinya.

Dan masih ada lagi efek pergantian per CVT dan per sentrifugal ini, BBM jadi irit. Jika semula berkisar 1:35 untuk pemakaian dalam kota dengan bensin Shell Super, kini bisa 1:40. Bahkan jika lalu lintas lengang seperti malam hari, bisa lebih irit lagi.

Pengin coba? Ongkos pasangnya cuma Rp 20 ribu. Dan sssttt…. Dari sumber OP yang lain, kabarnya ada bengkel resmi Suzuki yang mau menerima order ganti per CVT ini tanpa menghilangkan garansi lho.. karena memang cuma ganti per saja tanpa memodifikasi mesin sama sekali.

Sumber : OTO PLUS

About these ads