CARA MENGHITUNG PEMAKAIAN BBM


Dari pada gak ada tulisan, lebih baik nulis ini.. :-D  Begini, ini adalah cara untuk menghitung penggunakan bahan bakar motor perkilometernya… Bagi yang belum tau, silahkan cermati gimana cara ngitungnya… :-D

Rumus >

SAF – SBF : FI = km/l

Keterangan >

Saf  :  Speedometer sekarang

Sbf  :  Speedometer sebelum isi bahan bakar

Fi    : Jumlah bahan bakar yang di isi

Contoh >

Speedometer motor gue sekarang 938, speedometer sebelum di isi bahan bakar 845, dan bahan bakar yang gue isi 2,22 liter.

938 – 845 : 2,22  = 41,8 km/l

Jadi, konsumsi bahan bakar motor gue 41,8 km/liter.

Semoga bermanfaat.. :-)

About these ads

13 responses

  1. pertamax……!!!!!!!!

    Premium langka…….

    Suka

  2. tapi akurat g bro hasilnya???

    Suka

    1. @ rudy soul :: coba hitung sendiri.. klo sama saya sih akurat2 aja… :-D

      Suka

  3. Mungkin ga seakurat bila kita kosong kan dulu tangki,, lalu di isi 1L dan dipakai sampai berapa KM motor itu berhenti..
    but .. good info

    Suka

  4. spedometer saat 938 t maksudnya apa ya?

    Suka

    1. @ jaya :: itu maksudnya adalah angka speedometer saat akan mengisi BBM lagi..

      Suka

  5. apakah tidak ada rumus lain untuk menghitungnya?
    mohon infonya ya gan…

    Suka

  6. thanks to rumus bermanfaat banget bg gw

    Suka

  7. perhitungan seperti itu bisa juga dipakai buat perhitungan km mobil?

    mohon infonya ditunggu….makasih

    Suka

    1. bisa…..silahkan dicoba…. semoga berguna..

      Suka

  8. terakhir kali isi bensin catat speedometernya, setelah dipakai beberapa hari isi full bensinnya, catat speedometernya, baru dipakai rumus yg diatas, kalo yang ini baru akurat.
    mudah2an berguna.

    Suka

  9. betul yang punya ayu…. kalau punya agus ga akurat , bagaimana kalau hanya gue isi 1 liter? bisa 83 km/ltr lebih donk…, :)

    Suka

ayo dikomentari artikelnya sob.. ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.841 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: