gir-depanKonsumsi BBm satria F memang relative boros, setingkat dengan mio sporty dengan kisaran 30 – 32 km/l.

Trik untuk menghemat konsumsi BBMnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Disini dipaparkan cara yang termurah dan gak pake ribet, bermodal duit Rp.30.000,* sobat tebus saja gir depan orisinal Yamaha FIZ atu Crypton ukuran 13 mata.

Pemasangan sih langsung tancap ke FU. Tinggal copot yang asli dan ganti, tanpa modifikasi lanjut. Dan Tentu saja setelan rantai perlu ditarik agar tidak kendur.

Kenapa ganti gir bisa bikin irit? Ini karena karakter mesin dengan karbu vakumnya cenderung mengurut di putaran bawah. Padahal di putaran bawah itulah salah satu kunci motor bisa irit, kan motor harian sering kali putaran mesin ada dibawah.

Dengan gir depan yang lebih kecil 1 mata, mesin makin enteng tarikannya. Gas dibuka sedikit motor pun melejit. Gak perlu buka gas lama – lamakan?

Dan trik ini tentu saja didukung karakter mesin Satria F yang mesinnya mampu menjerit pada RPM lebih tinggi. Artinya kecenderungan mesin overheat pada motor bebek jika menganut final gear lebih enteng tidak terjadi pada FU. Selain itu mesti diingat Satria punya 6 percepatan, dengan final gear lebih enteng, sobat cukup buka gas sedikit dan secepatnya disambung oper persneling tinggi, begitu seterusnya ujungnya persneling 6 yang sebelumnya susah untuk digunakan pada kondisi jalan sehari – hari dengan gir depan lebih sedikit bisa termanfaatkan.

* tergantung dari kota dan dealer

Sumber : OTOPLUS edisi 26 / VI

About these ads