BIKIN IRIT SATRIA FU


gir-depanKonsumsi BBm satria F memang relative boros, setingkat dengan mio sporty dengan kisaran 30 – 32 km/l.

Trik untuk menghemat konsumsi BBMnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Disini dipaparkan cara yang termurah dan gak pake ribet, bermodal duit Rp.30.000,* sobat tebus saja gir depan orisinal Yamaha FIZ atu Crypton ukuran 13 mata.

Pemasangan sih langsung tancap ke FU. Tinggal copot yang asli dan ganti, tanpa modifikasi lanjut. Dan Tentu saja setelan rantai perlu ditarik agar tidak kendur.

Kenapa ganti gir bisa bikin irit? Ini karena karakter mesin dengan karbu vakumnya cenderung mengurut di putaran bawah. Padahal di putaran bawah itulah salah satu kunci motor bisa irit, kan motor harian sering kali putaran mesin ada dibawah.

Dengan gir depan yang lebih kecil 1 mata, mesin makin enteng tarikannya. Gas dibuka sedikit motor pun melejit. Gak perlu buka gas lama – lamakan?

Dan trik ini tentu saja didukung karakter mesin Satria F yang mesinnya mampu menjerit pada RPM lebih tinggi. Artinya kecenderungan mesin overheat pada motor bebek jika menganut final gear lebih enteng tidak terjadi pada FU. Selain itu mesti diingat Satria punya 6 percepatan, dengan final gear lebih enteng, sobat cukup buka gas sedikit dan secepatnya disambung oper persneling tinggi, begitu seterusnya ujungnya persneling 6 yang sebelumnya susah untuk digunakan pada kondisi jalan sehari – hari dengan gir depan lebih sedikit bisa termanfaatkan.

* tergantung dari kota dan dealer

Sumber : OTOPLUS edisi 26 / VI

About these ads

61 responses

  1. bro,utk gir blkng nya pake std aja apa ikut dikecilin jg??kalo misal pake gir depan 13 blkg 43 ngefeknya gmn ya kalo dibanding pake gir depan 13 blkg 40…
    sesama make FU ni bro…
    reply ya…butuh pencerahan nih…^^

    dubcity182@gmail.com

    Suka

    1. @ sabd_hero
      ukuran gir depan saja yang diganti untuk belakang tetap pakai bawaan FU.

      Suka

  2. Wah perlu di cb ntu, kalo dah di ganti kira2 byk ga perbedaan konsumsi bbm na dgn sblm dirubah.

    Suka

  3. Trus pengaruh gak ama spedox? ntar pas dah d ganti, speedx gak sesuai dngn angka yg d spedo. thanx b4

    Suka

  4. biasanya sich berubah pada speedo meter yang slah baca kan lebih kecil jadi lebih maju deh.

    Suka

    1. raflyfadillah | Balas

      kalo ganti ukuran 39 gpp kan

      Suka

  5. seberapa irit (berapa kilometer),,??
    setelah dimodifikaasi

    Suka

  6. bos mo nanya harga Satria FU yg lama new/2nd am yg 2009

    tolong kirimkan gambar dan harga ke emaill
    oneill_breaker@yahoo.co.id

    Suka

  7. turunin GIR depan 1 mata jd 13 sama aja naikan 2,5 mata gir belakang (cmiiw). Efeknya: pasti akan enteng, spido akan berputar lebih cepat yg biasa lari 100kpj bisa jadi 120kpj.

    menurut gw pribadi ini bukan jaminan agar irit bensin. justru akan membuat boros (jika mesin normal & sehat) kenapa? akan lebih sering bermain di RPM tinggi dan gigi yg lebih tinggi/ berat.

    kl mau irit sebenernya susah2 gampang, yg terpenting: settingan karbu pas… cara bawa/ riding yg bener terutama pada saat membuka & menutup gas.

    salam kenal semua :D

    Suka

  8. bro,gimana caranya buat mio kenceng buat harian alias KOHAR??
    Apa aja yang perlu di ganti??
    Berpa budgetny??
    d blaz y bro….

    Suka

  9. Bro itu clip yang buat ganjal gir nya pake clip mtor apa.kalo bawaan satria kan pake baut 2.bls

    Suka

  10. bener satria fu w boros bangat w jg bingng gm caranya.mesin jg kasar la knlpot nembak nembak mulu,larinya juga berat bangat.rem juga bunyi yang belakang

    Suka

    1. @ samidri >> coba motornya diservice di bengkel resmi suzuki, soalnya kalau dibengkel umum belum banyak yang paham mesin DOHC satria FU.

      Suka

  11. sock depan kurang lembut kejutannya

    Suka

  12. bro gw pngen tnya ni, satria fu gw thun 2008. knapa ya oli na sring kurang mulu pd saat gnti oli. pdhal kan gw udh gnti sil klep dngan yang baru.

    Suka

    1. kalo ntuh sih ganti olinya yang 1000ml.. jangan yang 800ml.. insya ALLAH pas..

      Suka

  13. bro mtor gw satria fu th 2008, knp ya mtr gw pd saat gnti oli, oli na kurang2 mlu, kan udh sy gni sil klep dngan yg baru.

    Suka

  14. utk bharex.
    biasa’a oli tuh rembes dr lubang bwah mesin coba ja di cek. n biasa’a oli tuh menguap.
    pemilihan oli di motor satria jg perlu di perhatikan, g setiap Fu tuh sama n cocok tuk mtor kalian.
    ganti saringan oli ja dlu.
    smoga membantu..

    Suka

  15. satria’ku gear depan aQ kasih ukuran 12 .
    tp cm bisa jalan 25km/liter .
    hmmmm

    Suka

  16. brooo…,motor gw satria f thn 2005 yg thailand, gw puas bgt sih make stria,emang boros sih…,tp klo pake gir dpn yg 13,trs gir belakang msh yg bawaan nya,ngaruh ga pd kecepatan nya? maklum,ga ngerti motor nih,cm bs nunggangin aj,hehehehe…,slm knl bro..

    Suka

    1. @edoy :: ya gir blakang masih bawaan, pengaruh kekecepatan??? lbih tepatnya akselerasi sdikit meningkat, untuk pembacaan di speedometer kemungkinan akan lebih tinggi dari biasanya. oh ya irit atau borosnya motor itu banyak dipengaruhi faktor2 lain, salah satunya gaya berkendara.

      Suka

      1. booozzz bsa jwab gakk pertnyaaan kuu itoooooooooooo,,,???????????/

        Suka

        1. pertanyaan yang mana bro?

          Suka

    2. edoy,,,mtor gue jga thn 2005 mau pkai gir 13 pnyak ap…? klu pnyak fiz R bsa pas tah…?
      bkanya ngikat gir nya ito,,,pkai baut kunci L standar gir nyaaaa..klu pnyak fizz R kan gak ad pengikat nya buat ngunci L ,,,,??????? BLSSSS YA broooowwwww…
      binguuuggg neeeeeeeee sesama thn 2005 ni hehehe

      Suka

  17. klo ganti gir efek buruk nya ada gk? kan dari tadi efek bagus nya aja
    trus berlaku buat new satria juga gk?

    Suka

  18. efek buruknya…
    krn gear dpannya diganti dgn ukuran yang lebih kecil,maka tarikan awalnya meningkat namun top speed-nya turun…
    kebalikan klo gear depan digedein,tarikan awal berat tapi top speed meningkat…
    so tinggal pilih aja sesuai selera

    Suka

  19. Bro…bagusan mana pake cdi racing ato std utk harian,mesin standart

    Klw pake cdi,cdi apa yg bagus y??

    Ada pengaruh gak pada mesin??
    Thankz

    Suka

  20. @ hendra :: dengan spek standar plus penggunaan harian, alangkah baiknya tetap menggunakan CDI standar. Beda cerita apabila mesin undah dioprek harian, penggantian CDI bisa nambah performa, untuk CDI ada pilihan REXTOR dan BRT, silahkan disesuaikan saja dengan ubahan mesin dan dana yang tersedia. Semoga bermanfaat :-)

    Suka

  21. 1. mas nanya ni…kalo gir belakang aja di ganti apa berpengaruh ma sped gk???
    2. kalo iya…untuk dapat topsped yang gde harus ganti gir ukuran berapa???
    3. apa pembacaan spedometer gk ngawur tu kalo ganti belakang…saya baca di artikel yang lain berdasarkan fakta ngawur thu spedometernya..baca di http://afmmuliajayaracing24.blogspot.com/2010/05/speedo-fu-berubah.html

    Suka

    1. @ FUdoanks :: 1. bisa berpengaruh nambahnya sekitar 5-10 km/jam…. 2. dari ukuran asli turunin aja 2 mata…. 3. letak sensor speedometer fu ada di gir depan, maka jika yg diganti gir depan, maka pembacaan sensor speed akan ngawur..

      Suka

  22. mau nanya mas buat fu gw…
    1. apakah dengan ganti gir belakang bisa naikin sped?
    2. kalo iya,untuk dapat topspeed ganti gir berapa?
    3. apakah gk ngawur thu spedometer kalo ganti gir belakang. berdasarkan artikel http://afmmuliajayaracing24.blogspot.com/2010/05/speedo-fu-berubah.html

    Suka

  23. sip atas infonya…trus artikel di website yang saya cantumkan…apakah bohong belaka???.hehehehe….oia nanya lagi,
    1. kalo begitu gir merek apa yang cocok???.
    2. apakah beli gir satu set dengan rantai ya???.pengalaman biasanya satu set semua,,,kan mahal thu..hehehe..

    Suka

    1. @ fudoanks :: blum tentu juga, karna satu set ganti, ya makanya pembacaan sensor speedometer ngawur… 1 dan 2. pakai aja merk aftermarket bro, yang jual secara terpisah gak satu set, kan banyak tu dipasaran.. :mrgreen:

      Suka

  24. kalau FU std d ksih gir dpan ukuran 12 gmna bro smua…….mkasih

    Suka

    1. Gigi 1 60 kM/H nyampe tuhh… hhehe pissshh.,

      Suka

  25. Pada ribet ya..asal tau aja smakin boros kuda kt smakin mantap terbangnya..klo mau irit pake produk honda aja lah…

    Suka

    1. coba venturi karbu motor pean siram bensin seliter.bisa hidup ga motor mas??motor boros ga jamin kenceng mas.

      Suka

  26. Berapa kiLo tuhh tambahnya gan?? minatt jga nii gw klu Uhuyyy..

    Suka

  27. gan mau nanya nih…:D
    kalu ganti sparepart bukan produk suzuki apa gak hilang garansi ?
    trus agan kan pke suzuki hal hal ap aj yg bs ngilangi garansi tu motor ?

    Suka

    1. biasanya yang bikin hilang garansi itu seperti menggunakan knalpot racing dan modifikasi sistem kelistrikan, pengapian, dan sejenisnya gan.. lebih baik konsultasi sama bengkel suzuki dulu gan klau mau modif, bagain apa saja yang boleh diganti dan tidak menghilangkan garansi..

      Suka

  28. tq gan tips nya….^_^

    Suka

  29. tips.a bner mujarab ga ni gan..
    soal.a ane juga pemakai fu nii :)

    Suka

  30. gan , ane barusan habis dari bengkel mau masang gir fiz r ke fu kata mekaniknya kagak bisa masuk yang bagian tengah bolongan girnya . harus digimana in supaya bisa pas gan ?

    Suka

  31. gan gir yamaha fiz 13t dipasangin ke FU tahun 2009 kok kagak bisa ya ? harus diapain lagi gan ?

    Suka

  32. satria F yg baru boros gk

    Suka

  33. GAN… ko gw ganti tapi malah makin pelan sih????? bener gak tuh tipsnya sih????

    Suka

    1. kan sya ngasi tips biar irit bro..bukan bikin motor tambah kencang…. :mrgreen:

      Suka

      1. gan, lokasi nya di pekanbaru kan, tadi lihat http://agoey.wordpress.com/2012/01/22/galeri-modifikasi-suzuki-nex/ , tertarik gan
        lokasi saya di pekanbaru juga
        email donk contact person nya

        Suka

  34. Fu ane tembus 45/km dgn 1 lter bensin cukup tambahin 9power dan kampas kopling ganti dg suzuki rmp 125, gampang kan dgn modal dikit

    Suka

  35. Bro Ane minta solusinya yah dari kalian/.Fu ane th 2008..
    ane pingin kencengin tu Motor tapi Keadaan Mesin Setandar
    Apa aja shh yang harus diGanti???
    Klw ane Denger sh Dari Orang” Sekitar Yg punya F tiNggal Ganti Gir Aja/.Apa Bener??
    Kira” Ukura Berapa Tu Gir Yg Harus Dipasang Ke fu Ane Mas Broww??
    salam Kenal Aja ucc…………….!!!

    Suka

    1. ya.. buat mengail tenaga atas Fu yang pertama dilakukan adalah mengganti final gear yang 43 mata menjadi 40 atau 38 mata untuk mengejar top speed.. sedangkan untuk pelengkapnya bisa ganti knalpot standar dengan spek racing harian seperti Nob1,AHRS F4, dan sejenisnya.. jika memungkinkan..ganti juga jetting karburator agar pas campurannya… smoga berguna.. :-)

      Suka

  36. kuat beli motor kq g kuat beli bensin,satria ane baru tak isi 10rb semingu g abz coz pkek mio j klu krja,hehe fu nya bt pajangan dteras.

    Suka

  37. memang bnr pakai gir depan 13 n blakang 41,,,memang lebih enteng.

    Suka

  38. Tp klo ganti gir depan’y,,, pengaruh ke speedo meter gk ??

    Suka

  39. maaf mas…mungkin benar2 irit..tapi kalau untuk daerah tanjakkan gmn…???
    maklum orang desa….bnyak tanjakan panjang+tinggi

    Suka

  40. pengen irit gan,, ganti spuyer GL neo tech aja, trus gir depan di kecilin jd 13.. pasti jd irit + kenceng ..
    klu msih kurang irit,, ganjal sedikit spuyernya dgn tembaga (dlmnya kabel) tp efek buruknya klau starter agak susah
    klu kurang irit lagi, monggo ganti grand aja =D

    Suka

  41. sa’f gw pke gir blkang 35 dan depan standar 14 tarikan bwah sih emg agak lemot tpi klo udh dpt power puncak bkin gw ngeri eeeuuuuy sama gw jga jarang bgt pke gi2 6 klo lg jln panteng 60kpj bensin jga agak irit lumayan lah irit2 secangkir kopi speedo gw emg kayanya ngawur bgt tpi ga msalah lah yg pnting irit dan melejit wwuuuuuzzsss ……tpiiii pengaruh ga ya di msin belalang gw

    Suka

    1. thanks bro..dah berbagi… :-D

      Suka

  42. klo mtor satria fu krang gigi. apa sebab nya ???

    Suka

  43. Bro motor gwa
    Boros”a mnta ampun,trus klo gw msu’in gigi prtma itu lngsung jln.apa sebab”a
    Ksi tw donk

    Suka

    1. Seberapa boros? Pernah ngitung 1 liter dapat berapa km bro?

      Suka

ayo dikomentari artikelnya sob.. ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.843 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: